Tips Menjadi Moderator dalam Sebuah Presentasi

Sebenarnya sih pengennya aku nyari referensi di internet tentang bagaimana caranya menjadi seorang moderator yang baik dalam sebuah presentasi…utamanya buat mendukung my competencies saat ngajar teknik presentasi pada Diklat Pim Tingkat IV. Sebenarnya saya sendiri sudah punya pedoman bagaimana menjadi moderator yang baik…yang saya dapat dari Mr. Marpaung saat ngikut diklat di Jakarta Mei kemaren…. but terus terang saja saya seringkali kurang marem saat hanya punya sebuah referensi… so dengan seksama saya kemudian search di Paman Google dengan kata kunci moderator….Tapi referensi moderator yang ada di internet ternyata bagaimana menjadi moderator di mils-mils diskusi di internet, sedangkan moderator untuk presentasi lisan gak kutemukan…. Sehingga aku yang semula pengen ngesearch…jadinya malah posting yang kudapat selama kursus….buat ngisi khazanah tentang topik itu sekalian minta masukan kalau ada yang bersedia ngasih….

Moderator dalam sebuah presentasi lisan ternyata cukup penting bahkan menjadi orang kedua dalam sebuah presentasi…Bahkan saya sendiri berpendapat lancar tidaknya jalannya sebuah presentasi yang diikuti dengan diskusi sangat tergantung pada pengaturan sang moderator….mulai dari ngatur waktu presentasi, waktu tanya jawab, serta menarik tidaknya sebuah presentasi….Oleh karena itu antara presenter dan moderator sebisa mungkin harus menjalin komunikasi terlebih dahulu sebelum memulai jalannya diskusi guna merancang skenario presentasi…dan saat pelaksanaan diskusi moderator dan presentasi juga harus saling membantu….Walaupun demikian moderator harus tetap setia dengan pakemnya sebagai orang kedua dalam sebuah presentasi…. sehingga moderator dalam hal ini tidak akan mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan presenter apalagi sampai menjatuhkan sang presenter…..karena namanya juga presentasi maka presenter lah aktor utamanya….

Ada beberapa urutan langkah yang harus dilakukan moderator dalam sebuah presentasi, yakni : 1) Pembukaan; 2) Ucapan Selamat Datang pada Peserta; 3) Uraian singkat latar belakang dan tujuan presentasi; 4) Perkenalan Penyaji dan Tema Presentasi; 5) Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab; 6) Mengundang Pembicara menyajikan presentasi; 7) Rangkuman umum inti presentasi penyaji; 8) Mengundang pendengar untuk bertanya; 9) Ucapan terimakasih kepada penyaji dan pendengar; 10) Moderator menutup presentasi

  1. Pembukaan

Tugas pertama Moderator adalah membuka jalannya presentasi, diskusi, seminar, lokakarya. Sebagai contoh saya sajikan kalimat pembuka sebagai berikut :

Selamat Pagi….Ass. Wr. Wb…..

Baiklah Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, marilah kita buka pertemuan pagi ini dengan terlebih dahulu mengucap puji syukur kehadlirat Tuhan YME…..

  1. Ucapan Selamat Datang Peserta

Tugas berikut adalah mengucapkan selamat datang pada peserta. Disini upayakan agar peserta mendapat kesan yang menyenangkan terhadap acara presentasi sekaligus sedikit memberi kesan bahwa Anda adalah seorang moderator yang baik. Contoh kalimatnya adalah

Selamat datang bagi para eksekutif muda yang hadir dalam acara Diskusi yang menarik ini dan dilaksanakan di gedung yang juga ekslusif, yaitu…..

  1. Uraian singkat latar belakang dan tujuan presentasi

Upayakan peserta merasa tertarik dengan materi presentasi dengan menceritakan latar belakang dan tujuan presentasi. Disini moderator harus berusaha agar topik yang disajikan itu seolah-olah merupakan hal yang penting, up to date sekaligus dekat dengan kehidupan keseharian peserta. Contoh kalimatnya adalah

Diskusi yang menarik ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan kita pada……..Oleh karena itu, diskusi kita hari ini akan bertujuan untuk…..

  1. Perkenalan Penyaji dan Tema Presentasi

Dalam memperkenalkan presenter, upayakan agar audiens merasa yakin dengan kualitas dan kapabilitas si pembicara, utamanya kelayakan kompetensi sehubungan dengan makalah yang hendak disajikan. Contoh kalimatnya adalah….

Untuk menyemarakkan acara diskusi, sengaja kami undang seorang pakar…….bernama…….beliau lahir di…….jabatan yang pernah disandangnya adalah…..Dan hari ini Beliau telah siap dengan makalahnya yang bertajuk…………..Untuk memperlancar kegiatan presentasi kali ini, saya (nama modertor) akan berusaha memandu acara sampai selesai….

  1. Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab

Waktu yang diatur meliputi waktu presentasi dan pengaturan sesi tanya jawab, termasuk alokasi waktu serta jumlah sesi yang akan direncanakan. Contohnya

Agar diskusi kita berjalan dengan lancar, maka penyaji akan kita persilakan untuk menyajikan makalahnya selama…..menit. Sedangkan untuk sesi tanya jawab akan kita beri waktu selama……menit, setelah Bapak…….menyajikan makalahnya.

  1. Mengundang Pembicara menyajikan presentasi

Contohnya….Saya persilakan pakar kita, Bapak…..menyajikan makalahnya……

  1. Rangkuman umum inti presentasi penyaji

Rangkuman presentasi yang mungkin sering Anda lihat di televisi adalah pada akhir kegiatan…tetapi ada manfaat khusus jika moderator menyampaikan kesimpulan setelah presenter menyajikan makalah, yakni untuk menarik peserta buat memberikan pertanyaan…terutama jika presenternya monoton, terlalu teks book atau secara umum kurang baik dalam menampilkan makalah. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Demikianlah sajian yang menarik dari Bapak……Sajian tadi saya yakin akan merangsang kita untuk berfikir arti pentingnya…… Jalan keluar yang ditawarkan antara lain adalah………….

  1. Mengundang pendengar untuk bertanya

Lebih baik jika sesi tanya jawab dibagi dalam beberapa sesi dengan satu sesi maksimum 3 penanya. Contohnya

Untuk memperjelas makalah yang telah disajikan, kami undang Bapak dan Ibu untuk memberikan pertanyaan. Untuk kesempatan pertama, kami akan buka termin pertama dengan 3 penanya…..Mohon Bapak – Ibu menyebutkan nama dan asal instansi sebelum mulai bertanya…..serta mohon agar pertanyaan yang diberikan singkat, tepat sasaran. Kami persilakan…..

  1. Ucapan terimakasih kepada penyaji dan pendengar

Sampaikan dengan ramah, tulus dan penuh senyum.Contohnya….

Terima kasih atas Bapak…..yang telah sudi membagi sedikit pengalamannya pada acara diskusi hari ini…..Rasa terimakasih juga saya sampaikan kepada para hadirin sekalian, utamanya atas partisipasi aktif selama diskusi berlangsung….

  1. Moderator menutup presentasi

Tutup dengan ucapan yang bersemangat atau kalimat-kalimat yang bernada optimis atas pemecahan masalah yang telah didiskusikan. Contohnya….

Kita tutup diskusi kita hari ini dengan ucapan Semoga Indonesia tetap maju…..serta tepuk tangan untuk kita semua……

About these ads

235 responses to “Tips Menjadi Moderator dalam Sebuah Presentasi

  1. blognya menarik dan cukup lengkap, kebetulan saat ini saya sedang ditugaskan di bagian training jadi adakalanya juga jadi moderator….tips dari papanya wulan membantu saya untuk meningkatkan kualitas skil saya sebagai moderator.matur nuwun

  2. thanks y bwat infonya, c0z ni tugaz ckUL ..
    kalaU bisa + tugas narasumber yagh

  3. bagus banget, lengkap. maksih ya. saya sangat membutuh kannya.

  4. oke!!! sip dah

  5. thank you,,,
    i will try your tips to become good moderator!!!

  6. makasih tipsnya ya, saya lagi butuh materi tentang ini. mau debut jadi moderator seminar nasional. doakan aku ya !!!

  7. ikut gunduh ya
    besok awak jadi moderator trims

  8. bagus…. sangat bermanfaat.
    (sebenarnya belum saya baca)

  9. Makasih, makalah ini telah membantu saya.GBU.

  10. Saya butuh pembahasan tentang “moderator”, Alhamdulillah saya temukan di sini…!

  11. mw nanya teh…
    klo caranya seorang menjadi pd di depan orang banyak gmana????
    misalnya dalam sebuah diskusi???
    makasish ya….

  12. Bagus sekali tipsnya, bagaimana kalau mengatasi grogi Mas

  13. Lusia S.Telaumbanua

    Makasih banget…dalam beberapa hari lagi saya akan jadi moderator di sebuah acara budaya..dan apa yang saya cari, ada disini. Matur nuwun..

  14. tips menjadi moderator sangat penting juga dikuasai oleh desainer…

  15. siippp . .
    besok pagi saya maju presentasi.
    Tipsnya perlu dicoba.

  16. Trims bgt atas tips nya, aku besok jadi moderator seminar nih, dadakan lagi penunjukannya, baru hari ini aku ditunjuknya, gak bisa nolak. Doakan ya smoga aku gak grogi….

  17. Syukran jazakallahu khairan atas tipsnya mudah-mudahan banyak manfaatnya buat seminar dakwah Islam

  18. menjadi moderator memang tidak mudah, apalagi kalau acaranya resmi dan besar.oleh karena itu, ada baiknya kalau sang moderator ‘berlatih’ terlebih dahulu di rumah.Teknik ini biasa digunakan dalam teori tentang kekuatan pikiran.Selain itu, menenangkan diri sebelum presentasi dimulai dengan cara menarik nafas panjang dan afirmasi diri positif pun bisa membantu.Selebihnya ‘jam terbang’ juga ikut menentukan.Dan terakhir, tentu do’a tidak boleh dilupakan.
    Salam kenal …

  19. terimakasih.. artikelnya sangat membantu

  20. duch kebetulan bgt ……. aq lgi cari bahan untuk persiapan jadi moderator,coz aq dsuruh jd moderator buat ospek nanti,mkch yach bermanfaat bgt bgi aq……….

  21. makasih banget….semoga apa yang anda katakan di atas bisa membantu saya…….

  22. thanks buageeed aku ucpkan……..

  23. trims atas tips na.
    Berkat ini sy bs jd moderator yg baik dan di puji oleh guru sy^^

  24. Ping-balik: Tips-tips Terbaik « Marhamahsaleh's Weblog

  25. Ping-balik: Halo dunia! « Marhamahsaleh's Weblog

  26. makacih yao….
    sangat membantu….

  27. thx infonya..

    hari ne Q mo jadi moderator utk yg pertama kalinya..
    mo tak praktikan ah..

    Thx infonya iah… =)

  28. tHanK yUa….
    moga dGn SaRan tU..persentasi Q sukses……
    amien….

  29. makasih aku juga lagi memulai PEMBEKALAN untuk mengisi materi seminar dan workshop juga menjadi moderator, yang biasanya dilakukan secara OTODIDAK kalo ada ilmunya mungkin akan lebih sempurna ..
    bisa bantu gak untuk CARA MENJADI PRESENTER dan Pembawa materi selama ini saya hanya mengajar dan training tidak secara GENERAL tp melalui class , ( MAHASISWA DAN REMAJA SMA)
    saya memengang TIPS DAN PERSONAL INTELEGENSIA for TALENT, bisa bantu gak ?

    thanks ….yah

  30. Alhmdlh..
    Mksh y tips nya ampuh bgt, sy dl sdh prnh mpraktekn ny.. Dan teman2 memuji sy. Alhmdlh,, bsk pg sy diminta jd moderator kmbli..

  31. terima kasih ya..atas tipsnya

  32. Thanks bang…!!
    Sngt membantu….!

  33. matur nuwun ilmunya, sangat membantu sekali :)

  34. saya mahasiswa politeknik negeri sriwijaya ….setelah membaca tata cara menjadi moderator yg di atas .skrng saya sudah bisa tampil d kampus saya terimah kasi banyak

  35. kerennnnn………………….

    thanks y…..

  36. makacih yua …
    tipz’y bisa jadi pedoman yang terarah

  37. uhu…..y/siip buangeet ni.ma kasih ya

  38. siip dah, tapi besok mau jadi moderator dalam bahasa inggris.

  39. Terima kasih banget, aku disuruh bos ni… untuk jadi moderator, secara teori aku baru tahu ni… tapi kalau parakteknya aku sering menyaksikan… dan dalam diklat sudah pernah… atpi untuk acara-acara formal belum..
    Terima kasih banget ni… teorinya, jelas dan singkat.

  40. mantap buanget. kbtulan sya jg bsok mnjd moderator presentasi kimia.

  41. Cukup lengkap. .
    Tapi,ada bagian yg kurang,yaitu pada bgian permohonan maaf atas kesalahan kta2nya. .
    Makasih

  42. aDuh Thanks…bsa mMbantu bngetd niE….
    sLsai DhE tgas aQ..
    Utk mNJdi mODERATOR..

  43. thanks,,,bagus banget,,,,jadi ga grogi buat acara besok,,,,

  44. makasih ya, ini dapat mmbntu ku

  45. terima kasih atas tipsnya.sangat membantu…

  46. thx ya…
    sngat membantu seX

  47. Thank God I find your wp.. sangat membantu saya, kebetulan mau jadi modertaor bedah buku, dan ini pengalaman pertama :)

  48. trima kasih atas informasinya ,
    cuma sediit menambahakan bahwa moderator perlu adanya bahasa yang baik maka perlu referensi lagi untuk menjadi moderator… trima kasih

  49. “maksih da membatu”

  50. tmakasih atas tipsnya kerena saya bertugas menjadi moderator dalam diskusi hari minggu.

    salam kenal…

  51. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas adanya blog ini, sebab karena membaca blog ini saya sukses menjadi moderator. Bapak2 tempat kerja saya yang baru heran saya memiliki “bakat terpendam” sbg moderator seminar, itu kata mereka.

    Saya ingin berbagi sj disini. Jadi selain apa yang telah disebutkan di atas. Diantara jeda seminar kita bisa menambahkan dengan adanya ice breaking. Disitu bisa diisi dengan pertanyaan2 konyol yang sumbernya bisa kita dapatkan di http://www.ketawa.com.

    Misalkan saja pada saat saya sendiri menggunakan pertanyaan, ruangan apa yang rame tapi sepi?? Coba tanyakan pertanyaan ini (pertanyaan yang tidak ada hubungan dengan materi seminar) kepada para hadirin. Hal ini untuk merefresh agar kta semua tidak jenuh. Tentu saja bagi yang bisa menjawab ada sedikit hadiah kecil bagi pemenangnya. Tidak perlu mahal atau bagus, tujuan kita memang hanya untuk merefresh saja. Tapi tentu harus ada koordinasi dengan pihak panitia masalah hadiah ini.

    Kenudian acara bisa dilanjutkan kembali. Atau kalo memang disediakan cofee break maka acara bisa dipending terlebih dahulu untuk mempersilakan hadirin makan makanan kecil yang telah disediakan.

    Satu lagi, pada akhir acara kita bisa melakukan review ulang terhadap hasil presentasi pemakalah dengan memancing bantuan dari para penonton. Caranya? Misalkan saja dalam makalah dibahas ada 4 macam penyebab korupsi yang utama yang disebutkan oleh pemakalah, tapi kita pura2 lupa dan menyebutkan ada 6 atau 7 penyebab utama. Hal ini bisa memancing keikutsertaan hadirin untuk membantu meralat “kesalahan” kita.

    Yang terakhir adalah adakan doorprize. Hal ini dimaksudkan agar semua hadirin semangat untuk mengikuti seminar yang akan kita adakan selanjutnya.

    Demikian sedikit tambahan dari saya. semoga bisa membantu

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  52. pendapat saya tntang moderator i2 sangat mengasyikn, karena darisitu kita menguji kemampuan sampai dimana,,,,,…..

  53. terima kasih banyak…sangat bermanfaat…

  54. lumayan nih buat referensi pagi ini…pas nyari pas ketemu…im good moderator??? i wish…inspirasi pagi hari…makasihhhhhhh

  55. MAKASIH BANGET BUAT YANG BIKIN INI… NGEBANTU BANGET KATA2NYA,,, :)

  56. makasih tipsnya, bgm tips kalo jd moderator yang pematerinya Panel? thanks.

  57. mantaaaap, bisa jadi bahan materi tuk anak-anak juga nih sebagai latihan awal sedari kecil menjadi moderator

  58. ass…

    timakasih atas tipsnya! karena butuh sekali! karena ada tes menjadi seorang moderator yang baik! terimakasih atas tipsnya…

  59. damayanti fanny

    terima kasih banyak yah..
    tulisannya sangat membantu saya.. :)

  60. salam semangat pak..saya ingin bertanya bagaimana menjadi moderator dalam suatu kegiatan pelatihan atau pertemuan yang sudah terjadwal per-narasumber?terima kasih

  61. makasiii ya tipsnya. . . :)

  62. Trimakasih…pak Dhe…. saya ikut nunut ambil ilmu jadi moderator dari Panjenengan. InsyaALloh menjadi ilmu yang bermanfaat. Maturnuwun

  63. menarik sekali bung… izin copy ya. thans

  64. terima kasih atas informasinya =p

  65. Ping-balik: tundra » Baru bisa seperti ini dulu di HARI PENDIDIKAN NASIONAL

  66. hehehe thank’s banget yah !!!! berguna banget bwt gw, soalnya gw mau jadi Moderator

  67. maksih ya infonnyaaaaa thankssssss

    paz bgdt coz saya mau jadi moderator di tugas sekolah about debat…… thanksssssss

  68. Garang Hosimoyo

    Mohon ijin mengunduh…….Terima kasih atas ilmunya semoga menjadi ladang pahala.

  69. Makasih mas ilmunya, boleh ga kasih contoh kalo mau diskusi ama orang asing (dalam bahasa inggris:(). Makasih banyak sebelumnya.

  70. waaahh.. pas banget nihh.. tengkyu infonya..

  71. Terimakasih ya atas paanduannya sya jadi nerasa PD untuk menjadi moderator

  72. dUUU makacci buuanggeett iiaa :D
    soalnya nee tugas skull
    hhaaaaa :D
    THANKS IIAAA

  73. Duh, makasih ya walaupun sebenarnya masih kurang banyak contohnya tapi sebagai pemula yang didaulat jadi moderator kayanya ilmunya sudah cukup buat modal lusa.. Pokoknya terima kasih ya..

  74. thx ea..
    e bnt bgt buad tgs q..

  75. mkasih yoww,,,,,,udh bntu,,,,,

  76. ngebantu bgt trims

  77. alhamdulillah…akhirnya kutemukan yang kumau,makash ya…besuk kamis ku diminta jadi moderator seminar.karena blm punya pengalaman kucoba cari2 di internet..akhirnya ketemu juga..wah senangnya.infonya bagus banget ada contoh2nya…sukses ya dan do’akan jg aku biar lancar…amin.

  78. linda ratna sari

    thanks very much yeeaa !! alhmdulillah tips ini insya allah akanmembantu saya dlam mngerjakan salah satu tugas di SMA teeeerciinta !! thx yaaaaaaaaaaaaaa………..

  79. Allhamdullilah ilmu yang bermanfaat, bisa dijadikan contoh

  80. trims tas infona

  81. thanks tips nya,,,, smoga ntar wktu presentasinya aq sukses jadi moderator amiiiiiiin =D

  82. assalam
    PAK LUTFI, artikelnya sangat membantu sekali dalam persiapn menjadi moderator. saya ikut dunlud yaa pak semoga bermanfaat
    terima kasih ya pak
    wasalam

  83. mampir nich,,
    salam….

  84. thanks nee mlm i feelin’ good n thanks for the tips i wish tomorrow i can do the best

    your faithful

  85. MANTAAPPPE MATUR NUWUN PAKDE

  86. thank’s ya………… ni sangat berguna……………………………………

  87. mkcih yah wt info.ya…
    dg da ny ni Q bsa mengerjakan tugas scool…

  88. THAKS BGT…… kata2 nya bgus,,,,dan mudah dimgerti…!!!
    BRAVO….!!!!

  89. makasih banyak mas moga sukses tuzzzzzzzz

  90. terima kasih atas postingannya
    kebetulan besok saya akan melaksanakan seminar di kelas saya..
    mudah-mudah postingan ini sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.. amin..

  91. Hatur nuhun ya…bekal buat jadi moderator…

  92. Kereeennn Abizz,,,
    Sangat Membantu.. hihiihi…
    Kasihh Ide dunkz Gmn caranya mudah diingat diotak… ckckckckc

  93. bisa juga nih dipraktekkan di forum pertemuan! Kalau saya baca, urutan2 moderator bisa berlaku di semua bidang yang sejenis yang terdiri dari seorang pembicara dan audiens.

  94. Ass.Wr.Wb..amin alhamdulillahirabbila’lamin,.terima kasih bnyk sobat,kebetulan besk sabtu aq ditujuk jd moderator,mdh2 dgn tip2 tadi diats bisa aq praktekan amin,..already,.thank so much””

  95. anda telah memecahkan masalah saya, trimakasih banyak ya,,, GBU

  96. Mkasih atas Infonya :)

  97. thank’s a lot kebetulan besok saya juga akan presentasi, mudah mudahan dengan adanya tips ini semua akan berjalan dGn lancar Aminn

  98. thanks ya.. blog ini menimbulkan kepercayan diri saya bahwa saya bisa menjadi moderator.. thanks banget ya

  99. Tengkyu….. saya kbetulan Okt ini lagi dilkat juga… besuk tugas sbagai moderator……

  100. bantu banget.. thanks yaa

  101. wah maksih bgt,,,,
    pas-pasan ada tugas jd moderator…
    q skarang ngerti ap aj yang dilakukan moderator…
    heheheeee

  102. alhmdulillah makalah ini sangat membantu.

  103. thank’s Pak sharing sangat bermanfaat, Sabtu ini saya akan menjadi moderator yang pertama kalinya dalam skala yang sangat besar dan luas. Tuhan memberkati Bapak sekeluarga. Amin

  104. trims ya,,,, da bikin aku g grogi lg,,,senagyaaaa,,,,,,,

  105. matur tengkyu……..

  106. wah ini yg dicari2 akhrnya ktmu juga…
    trima kasih byk atas materinya..
    sya trmsuk pemula di bidang ini..akan tetapi
    mulai hr sabtu selama 10 minggu sya di tunjuk bwt jadi moderator seminar tentang enterpreuneurship..grogi bgt..
    moga dengan perbekalan ini semua berjalan dengan lancar..amien

  107. muatab deh..! berkarya truz ye

  108. thanks ya infonya….info ini sangat bermanfaat…semoga allah memberikan tambahan ilmu dan memudahkan dalam setiap urusan..

  109. Membantu bgt……
    Moga-moga memberikan pengaruh yang positif saat aku menjadi moderator………
    Thnks so much……

  110. thanks, sangat bermanfaat…

  111. terima kasih …
    sangat membantu !!
    saya jadi gak deg-degan mau presentasi

    semoga presentasinya nanti lancar ..

  112. Informasinya bagus…

    da boleh diterapkan…

    Tq.

  113. makasih pak mantep lah pokoke

  114. terima kasih pak atas ilmu yang diberikan. ini sangat bermanfaat khususnya calon arsitek seperti saya.
    sekali lagi terima kasih

  115. …pas butuh…. pas nemu… besok gw diminta jadi moderator acara presentasi dikantor… semoga gw bisa sukses besok… thanks panduan & petunjuknya P’Lutfi…. salam

  116. sebenarnya cara – cara tersebut sudah aku lakukan, namun saya belajar secara otodidak, namun jika dikaitkan dengan teori diatas ternyata dah nyambung juga apa yang aku lakukan dalam melakukan pekerjaan sebagai pemandu dialog

  117. waduuuuh, mksih bgt ya pak lutfi infonya, ini sngt membantu saya buat jd moderator besok…..

  118. makasih ya. keren nih tips nya. sangat membantu. barusan dapet tantangan dr dosen bwt jd moderator seminar energi yg pembicaranya orang ausie. semoga saya gak malu-maluin ya, hehehe

  119. terima kasih, akhirnya rasa gemeter saya besok untuk jadi moderator di depan kepala dinas bisa saya kendalikan. sangat membantu saya pak… terima kasih

  120. terima kasih yah …….

    tips ini sangat memberi informasi bagi saya untuk menjadi seorang pembawa acara atau moderator

  121. echa rhesa agustin

    thank’s yah ! doain saya agar bisa menjadi moderator yang baik :)

  122. makasih banget yaa!
    besok ada tugas bahasa Indonesia buat jadi moderator, padahal belum tau apa2 tentang tugas2 moderator. artikel ini mbantu banget!

    Salam Sukses :)

  123. bagus sekali..artikel ini sgt membantu saya..tenqiuw.. :)

  124. Terimakasih, membantu sekali posting nya,.

  125. matur nuwun,

  126. thanks gan inpo nya.
    Ane jadi tau gimana jadi momod di diskusi lisan

  127. Trimakasih tips yang sangat membantu tugas saya saat menjadi moderator.

  128. wida winka darto

    thankz, for information..
    smg, informasi dr lutfi’s site sangat membantu…

  129. tips yang baik untuk sebuah presentasi

  130. sumpah bagus banget ni artikelx ..sangat membantu . .
    terimakasih ya . .

  131. trimakasih buat infonya, ijin copas ya.. :)

  132. mkasih,,haturnuwun buat tipsnya Bapak,,lg deG2an niy mw nyoba jD moderator acara agak formal @ first..hehe

  133. waahhhhh…
    bagus baget… ( :

    alkhamdulillah
    sekarang saya tau gimana jadi moderator dengan baik dan benar…
    makasih banget atas infonya…
    ini bnr2 bermanfaat bangt.

  134. thank bgt……….. ngrasa kbantu bgt nh. he

  135. tnks to all,,

    kan ku coba sebaik mungkin tuk mnjadi seorang moderator yg terbaik,,,

  136. trima kasih bloknya..sangat bermamfaat buat mahasiswa kami

  137. terimkasih……
    saya jadi lebih paham adanya artikel ini tentang moderator…..
    mudah-mudahan yang membuat mendapat pahala di sisi-Nya….

  138. makacih y
    saya akn mncobakan tips ini utk seminar

  139. mantab bro,,,,tugas skolah bisa lancar nii :D
    thx bgt….

  140. siiiiiip :)

  141. izin copas mas..thaksya…

  142. mksihhh bngttt ea,,,yans dukung bnget blog ini ,,,:)

  143. thankyou yah !
    membantuu sangatt :)
    jadi bisa praktek jadi moderator di sekolah ..
    suxxes terus yah :D

  144. doakan aku yachhh,,
    thanks udah posting

  145. hahayyy… Tipssnya Bolehh jugaa..:D
    ini dy yg q cari2.

  146. bermanfaat sekali// trima kasih y

  147. Makasie ya tips’a…. pas bget neh mw jd moderator FGD bentar ge… :)

  148. Makasih atas tulisannya.
    Cukup membantu walaupun sebenernya saya cari untuk moderator debat bahasa Inggris. Tapi, karna ada kerangkanya, bisa deh.
    Thanks!

  149. makacieh bgt yach atas petunjuknya…. sabtu bsok aq jd moderator presentasi d kampus, iyah meskipun acaranya ga begitu resmi, tp aq pngen blajar supaya bisa menjadi moderator yang terbaik. amien….

  150. trimakasih atas informasi yang diberilkan ,, ini sangat membantu saya. semoga yang saya jalankan bisa sukses. amien ……

  151. wulan_smd@yahoo.com

    Bgaimana cara memaparkan proposal skripsi strata 1 dpn penguji di seminar 1?dr pembukaan sampai dgn materi dan penutup. Trimksh byk

    Slm wulan

  152. Pada dasarnya smwx akan berjln lancar apabila kita menguasai materi, penguasaan panggung at ruangan and yang terpenting adl rasa percaya diri

  153. makasih yaa…
    sya akhirny bisa jadi moderator klompok di klas sya…

  154. Saya sudah lupa bagaimana cara berdiskusi dengan baik.
    Info yang telah diberikan cukup memuaskan.

  155. Uho~ Uho~ Wah boleh juga nih tips. Cukup menenangkan bagi saya yang pertama kalinya momod, karena biasanya jadi penyaji terus dari SMP sampe SMA. Akhirnya di semester 1 di bangku kuliah ini jadi momod, dan yang menguji adalah dosen, asdos, serta asisten praktikum dari kelompok lain. :) Wish me luck guys ^^

  156. makasih banyak….
    tips sangat membantu…..
    GBU always…. :)

  157. Thanks buangget… ini yg sy cari..

  158. Tipsnya sangat membantu, terimakasih banyak semoga sy bisa memperaktekkannya. Amiiin.

  159. saya merasa sangat terbantu…. karena saya masih pemula, terimakasih banyak………………. :)

  160. matursuwunnn referensinya…

  161. bagus lah…

  162. terima kasih

  163. Aduh, makasih banget nich. Thank you very much. You are welcome. hahaha…. salam bwt tmn2ku yg dlu skls

  164. terima kasih banyak ya, isinya lengkap.
    semoga berbagi ilmu melalui blog ini, tidak hanya bermanfaat di dunia tetapi juga di akhirat. amin

  165. waahh terimaksih nih atas ilmunya ..
    saya sedang mencari menjadi moderator yang baik,
    ternyata disini lengkap banget ..
    thank you somuch ..

  166. Singkat, padat, langkah jelas & kalimat singkat sangat membantu sekali bagi mereka yang ingin menjadi atau mendadak ditunjuk jadi moderstor

  167. .. wahh lengkap banget blog-nya
    kebetulan saya ditugasi menjadi moderator oleh guru SMP saya………..
    jadi pas banget deh..

    tengkyu..

  168. Ping-balik: Tips Menjadi Moderator dalam Sebuah Presentasi | myfaceapink

  169. terima kasih atas infox…

  170. Trims mas bro,,sangat Bermanfaat,,,,,,bgetttt:)

  171. fitri komariyah lusmiyati

    isi^y menarik..
    makacih yh,. bzok prtma x Q jdi mderator dkmpus dlam sbuah presentasi,. moga lancar,aamiin

  172. tips yang sangat bagus.. Moga bermanfaat bagi qta smua…

  173. makasih ya buat tips2 nya membantu banget buat saya sekarang karena bentar lagi mau menghadapi seminar prakerin………………. minta doanya ya

  174. tips yang luar biasa….. sering-sering aja berbagi tips…

  175. Dewi Indah Pratiwi

    bagus bgt…
    aku jadi siap buat jdi moderator di presentasi laporan PKL ku nanti.
    thanks gan.

  176. Juliatyn Hulawa

    Alhamdulillah,,,
    jzklh khair…. sangat membntu :)

  177. sangat membantu! ga abstrak

  178. Keren..
    tipsnya sangat membantu.

  179. Elmira tour & travel menawarkan tiket domestik & internasional…

    Branch Office: Jl. Wonorungkut Utara II/5A Surabaya, 60296
    Office Phone: 031-8790238, 0857 8511 7101
    Email: Surabaya.elmira@yahoo.com
    (Elmira Group )

  180. Keren(y) Lengkap penjelasannyaa=D

  181. Makasih ya buat infonya, bantu banget! :)

  182. Terima kasihh atas info.a,, bsokk aq akan jdii moderator di klLas,,doaiinn yahh,,
    .tpii bsokk kta persentasi kelompok bkan yg kya dii atass ,,
    .tpii gk papalahh ,,
    .sma ajhh,,yg pnting aq bsa dpet tips.a ,,

  183. thanks banget atas informasinya…

  184. pamit ya informasinya ku copy, dan makasih banget tuk infonya. bagus sekali :)

  185. bisa dipake buwat seminar besok rabu,thank you,it’s really help me n I wont be nervous any more

  186. tips nya lengkap. kebetulan saya jadi moderator. semoga bisa jadi moderator yg baik dengan membaca artikel ini. makasi untuk infonya…

  187. makasih :)

  188. Ping-balik: Tips menjadi moderator « Fadli22.info

  189. Terimakasihh atas info yg sangat berguna ini ..

  190. Widya aziza nurillah

    KEREN

  191. tanks
    imformasi ini sangat berguna bagisay

  192. Terimakasih telah memposting artikel bagaimana menjadi moderator. Sangat bermanfaat. Sedmoga kebaikan Anda, dicatat sebagai amalam jariyah di sisi Allah, aamiin. saya minta ijin untuk copas untuk koleksi pribadi…

  193. terimakasih tipsnya ya…

  194. terima kasih udah membantu

  195. Terimakasih..ini sangat bermanfaat tuk pembelajaran bagi saya!

  196. Tulisan bpk sangat membantu saya sebagai salah satu referensi sebagai moderator.

  197. luar biasa pak.. salam istimewa.

  198. thx pak pengetahuan tentang teknik komunikasi dan presentasi yang efektif dan SANRI nya. cuma sayang, utk yang SANRI ngantuuuuukkkk…..dah capek dari pagi

  199. terimakasih banyak infonya
    dokan persentasi kelompok saya sukses

  200. Trmaksh . Smga sy dpt lbh baik dr sblmya. By.STIK BANTEN .

  201. assalamu’alaikum,,, izin ngunduh ya, papanya wulan…
    aturnuhun ,, ilmunya brmanfaat… :)

  202. kereeeeeeenn…. :)

  203. This really helped me, thank you

  204. tips yg mantappp dAN KEREEEEEN,THANKS

  205. Terimakasiiiiiiiiiiiiiih banyak, semoga siapa pun orangnya yang post artikel ini bermanfaat ilmu nya.. amiin

  206. Terimakasiiiiihhhhhhhhhhhh Browww,bahasan diatas sangat Menarik dan menambah pengetahuan,,,,,,

  207. thanks yooo…sipp
    sangat membantu

  208. makasih ya….

  209. Terimakasih sekali saya sampaikan kepada Admin, sangat bermanfaat.
    Semoga diberikan balasan yang lebih baik oleh Allah.
    Izin mengcopy file ini Min.

  210. Samantha ISI Yogyakarta

    sangat membantu karena telah diberi contoh juga, jd tidak bingung lagi. sukses ya

  211. Sangat membantu,.
    Terima kasih,.

  212. Reblogged this on ahmadroihan08 and commented:
    cara jadi modrator yang baik

  213. thanks eaaaaaaaaaa,,,,,,,,, sangat membantu sekali, tips nya bagus lengkap ,,,, kebetulan hri nie ada tugas diskusi kebetulan saya jdi moderator nya,,,

  214. anak ayam kalian mah,,,,nth a nan kalian msuak an d fb,karambia ang pantuak

  215. Terima kasih dg adanya blok ini dapat membantu saya dalam menyampaikan persentasi ini dg baik walau pun sedikit agak gerogi tapi sudah membantu saya untuk berani tampil di depan banyak orang dan membuat saya semakin percaya diri

  216. salam kenal dari malaysia. Subhanallah, masukan yang bagus untuk moderator kami. Mohon doanya, agar forum bicara mahasiswa Kem Kenali IPT anjuran Neo Synergy Training Centre berjalan dengan baik.

  217. Thanks untuk tips menjadi moderator :)

  218. terimakasih infonya….
    semoga ilmunya bisa terus bermanfaat ….

  219. Thanks sO mUCH for your information

  220. Terimaksih, sangat membantu

  221. Bingung karena ditunjuk dadakan jadi moderator, eh nemu ini. Sangat membantu, makasih banyaak :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s