Tata Cara Penyusunan Laporan

Apakah manfaat dari laporan? Bagaimana kaitan antara laporan dengan pegawai administrasi ? Penyusunan laporan untuk pimpinan merupakan bagian dari tugas pegawai administrasi, baik yang bersifat rutin maupun instruksional (perintah atasan). Hal ini dilakukan karena pada hakikatnya tugas mereka adalah meringankan beban pimpinan, dan karena beban tugas pimpinan begitu banyak dan harus diselesaikan maka pegawai harus menyusun laporan untuk pimpinan. Oleh karena itu, penting bagi pegawai administrasi untuk mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan laporan.

Laporan merupakan bentuk komunikasi yang dapat dilakukan secara tertulis atau lisan mengenai sesuatu hal tertentu sesuai dengan tujuan penulisannya. Uraian berikut akan lebih ditekankan pada pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan laporan tertulis. Laporan inilah yang secara resmi dijadikan sebagai sumber informasi, alat pertanggungjawaban, dan alat pengambilan keputusan dalam kehidupan organisasi.

Sebelum laporan disajikan secara lisan, laporan terlebih dahulu disusun dalam bentuk tertulis secara sistematis sehingga mudah dipahami. Dari segi bentuk tertulis, laporan terbagi menjadi seperti berikut.
1. Laporan berbentuk formulir atau matriks, yaitu laporan yang tinggal mengisi pada blangko yang disediakan.
2. Laporan berbentuk memorandum atau nota, yaitu laporan yang diuraikan secara singkat. Laporan ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar-unsur-unsur dalam suatu instansi.
3. Laporan berbentuk surat, yaitu laporan yang diuraikan lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat dipergunakan untuk bermacam-macam topik.
4. Laporan berbentuk naskah, yaitu laporan yang panjang, biasanya disusun seperti makalah. Materi laporan dibagi menjadi beberapa topik dan subtopik.
5. Laporan berbentuk buku, yaitu laporan yang disusun dalam bentuk buku.

Agar suatu laporan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dalam proses penyusunan laporan, selain harus memperhatikan berbagai prinsip dan syarat dalam penyusunan laporan, juga harus memperhatikan tata caranya. Pada intinya, tata cara penyusunan laporan dimulai dari tahap persiapan yang mencakup penentuan kerangka permasalahan, tujuan penulisan laporan, dan proses pengumpulan data, kemudian membuat kerangka laporan , dan diakhiri dengan tahap penulisan laporan itu sendiri.
1.Tahap Persiapan
Pada tahap awal ini harus terjawab beberapa pertanyaan penting seperti hal apa yang akan dilaporkan ? Mengapa hal itu harus dilaporkan ? Kapan laporan akan disampaiakan ? Data apa yang penting, baik sebagai data utama maupun data pendukung ? Dengan terjawabnya beberapa pertanyaan ini, maka akan dapat dirumuskan secara jelas latar belakang dan masalah laporan, tujuan laporan, target waktu laporan, data yang relevanuntuk disajikan, dan sumber-sumber data.
2. Pengumpulan dan Penyajian Data
Setelah itu, langkah berikutnya adalah merencanakan pengumpulan dan penyajian data. Dalam proses pengumpulan harus selalu mengacu pada permasalahan dan tujuan yang telah ditetapkan. Data yang diperoleh dari berbagai sumber, baik sumber primer maupun sumber sekunder. Setelah dikumpulkan, kemudian data itu dikelompokkan, data mana yang menjadi bahan utama dan data pendukung atau penunjang.
dan penyajian data
3. Sistematika Laporan
Tahap berikutnya adalah menentukan bagian-bagian utama laporan atau lazim disebut sistematika laporan, kemudian sub-sub bagian laporan yang nantinya akan dijabarkan lebih lanjut dalam kalimat-kalimat.
4. Penulisan Laporan
Pada tahap penulisan laporan harus mengacu pada sistematika yang telah ditetapkan sehingga laporan tersebut dapat tersaji secara runtut, mudah dipahami, dan enak dibaca.

About these ads

21 responses to “Tata Cara Penyusunan Laporan

  1. boleh tau contoh laporan ga? cos laporan keuangan perusahaan saya ( memang maih baru ) amburadul sangat , karena banyak penjualan yg konsiyansi

  2. selain berisi tentang laporan, kira-kira isi dari Kompetensi menghasilkan dan menciptakan naskah untuk dokumen mencakup pokok bahasan apa saja ya…??? sebab jika saya lihat disilabus yang ada…isinya kok hampir sama dengan beberapa kompetensi lainnya…
    saya ingin berimpruf di kompetensi tersebut, supaya ada kreatifitas yang tergali.
    terimakasih

  3. waduw,,dapat job mnjelaskan cara menulis laporan,,huft…ribet klo mw diskusi bahasa idonesia….

  4. Pak, bs minta tlg minta contoh laporan dalam bentuk memo dan surat?? trimakasih..

  5. Ass. Pakne Wulan,
    Apa kabar pak? smoga sekeluarga sehat-sehat selalu…
    Pakne Wulan….Biasanya laporan itu dituangkan dalam bahasa buku,.. tapi ada yang menuangkannya dalam bahasa non buku. Apakah bahasa non buku itu termasuk bahasa gaul atau populer?

  6. Ass Pakne Wulan

    Terima kasih atas ulasannya mengenai tatacara penyusunan laporan. Kebetulan sekarang ini, saya diminta membuat laporan hasil kunjungan kerja kedaerah. Kira2 ada contonya untuk membuat laporan tersebut. Bisa dikirim via email Japri Pak.
    Terima kasih

  7. ada contohnya gak,bisa kirim lewat email-ku?
    audreyww@yahoo.com

  8. bapak tlong tmbahkan laporan praktek gtw, semacam di luar lapangan kyak pembuatn pipa..

  9. luar biasa. dan sangat menarik
    trimakasih atas semua ilmu yang sudah anda tuangkan, dan pastisangat bermanfaat bagi saya.

  10. bisa ga menulis laporn yg isi a lebih fresh biar bisa menarik

  11. Dadah Tajudin Rohimat

    Pedoman penyusunan karya tulis ilmiah ?????

  12. macam-macam sama jenis laporan sama engak pak?

  13. Ping-balik: Tata Cara Penyusunan Laporan « novitaindahps

  14. pak tolong kirim kerangka laporan hasil pelatihan khusus SANIMAS
    ke alamat email saya : sun.funny01@gmail

  15. cara mengubah laporan lisan menjadi laporan tulis, gimana sih ?

  16. apakah panjang laporan mempengaruhi strukturnya, dan jika sebuah laporan mengandung unsur 5 W dan 1 H, sudah lengkapkah laporan tersebut ?

  17. misalkan kamu berkunjung ke suatu tempat, ke perpustakaan atau museum di daerahmu, bgaimana laporannya itu ? dan manakah yang utama, laporan lisan ataukah tulis, beri alasan yang mendukung !

  18. Mau tanya gan, itu susunan laporan itu memang baku atau bisa dimodifikasi ya?

  19. Post yang Anda Tulis Sangat Membantu Saya.. Jangan Lupa Kujungi Blog saya ^^ Sankyu!!

    http://aikawafaith.blogspot.com/

  20. kok ngga lengkap ya mks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s