Tentang Aku

pang5_4_.JPG

Saya adalah seorang widyaiswara dari Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah. Sebagai sesama PNS kita dapat saling bertukar informasi atau boleh juga curhat tentang apa saja agar dapat saling memperbaiki diri atau minimal mengurangi stress akibat manajemen SDM aparatur, harus kita akui bersama, yang kurang baik

83 responses to “Tentang Aku

  1. Walah pakne wulan WI toh? WI tentang apa yah pak? Ada urusan dengan guru tidak yah? Kalao iyah mau ikut ngasuh kaweruh ah.

  2. Nyuwun prikso pak, widya iswara puniko punopo kados penatar utawi pelatih ngaten nggih ?
    Wonten sesambunganipun kaliyan eksperimen nopo mboten nggih pak ? Matur nuwun lan salam eksperimen kewamon pak.

  3. salam kenal pak,
    monggo saja kalau ambil banner, itu semua tersedia gratis, demi lancarnya kampanye2 anti korupsi.

  4. Pak Lutfi, dipun tepangaken, kulo Diva saking Jogja, sakmeniko tinggal wonten Jakarta, matur nuwun Diva sampun saget mampir wonten ing Bloh puniko. Salam kagem Adek Wulan…maaf Diva sambil mangingat bahasa jawa Diva, yang lam gak ke pakai

  5. pak nderek nepangaken, saking mlampah-mlampah

  6. Pak Luthfi, salam kenal. Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Saya tunggu tulisan tentang dunia per-PNS-an. Semoga PNS kita semakin baik dan profesional.

  7. Assalamu alaikum, Pak Luthfi…
    Pak, boleh tanya dikit ttg PNS Guru di Jateng ?
    Apakah sistem pengangkatan dan pemberhentian, berikut penggajian guru setelah adanya UU OTDA secara otomatis dipegang oleh pemerintah daerah ? atau dishare dg pemerintah pusat ? Jika ya, berapa persentase pembagiannya ?

    Saya ingin sekali mengetahui ttg kebijakan daerah di bisang pendidikan setelah adanya UU OTDA yg direvisi. Mohon jika ada informasinya, Pak
    Terima kasih sebelumnya.

    Wassalam

  8. PNS Guru setelah OTda yang direvisi sama dg sebelum revisi, yakni menjadi Pegawai Daerah shg segala urusan menjadi wewenang Pemda, termasuk kenaikan pangkat, kedisiplinan, penggajian dsb. Sehingga saya jadi sering ngajar Prajabatan yang pesertanya banyak gurunya…

  9. lamijo A. Samsidi

    Assalamualaikum Mas Upit “Pakne Wulan”

    akhirnya ketemu lagi jua saya ama panjenengan walau di dunia maya. moga aja lewat forum ini saya bisa dapat banyak tambahan ilmu dan pengetahuan, dan tak lupa dapat teman dan “temen hidup” hehehehe… biasa sih kalo pns tapi masih jomblo gini topik omongane ya cari jododh… sorry bukan promosi

  10. lamijo A. Samsidi

    Assalamualaikum mas upit ‘pakne wulan’

    pagi ini terasa indah sekali, subhanallah, moga aja hari-haroi selanjutnya pun semakin lebih indah dan membahagiakan semua…….

    asyik juga ya join di blog ini…bisa buat meningkatkan pengetahuan, sharing pengalaman, dan……cari jodoh (sory ya, abis udah 5th jadi pns belum ketemu jodoh nih….usia kan dah ga muda lagi hehhehehe….)

    laen kali disambung ya. oh ya, bagi yang ingiin kenalan bisa loh dikirim langsung ke emailku…..

    wassalam

  11. pas jalan-jalan, trs nemu blog ini. Oke punya deh pakne wulan.

    salam kenal

  12. Nda, olahraga aja kelalen ya…… supoyo tetep sehat lan seger. inga2, terlalu gemuk ora apik lan jarene cedak karo penyakit. Nek perlu latihan minton po karo aku. Nda, terus ilmune cara ngingu bebek ijek gak? he he he

  13. Kreasi kita adalah buah yang ranum buat bangsa, asalkan jangan berkreasi memperkaya diri sendiri melalui korupsi. Biarlah menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, asalkan berjasa buat Nusa dan Bangsa.

  14. waduh,kok baru tahu blogini,salam kenal pak

  15. Diterima mr. Murtajib…..Ngomong-ngomong saya sering mampir ke tempatnya ‘njenengan lo…..

  16. prajab III angk IX

    Hallo pak Luthfi.
    Kalau ngajar mbok mesem-e ra di icrit-icrit, yang lepas dan ikhlas biar semua puas.
    kalau ke Batang mampir ya

  17. Yth Pak Lufti,
    Saya Sylvia Prajab Angkatan IX th 2007 dari Solo. Saya ingin bisa memiliki icebreaker yang dimiliki oleh Pak Lufti sebagai widyaiswara. Dimana saya dapat mengdownload atau mengambilnya? Terima kasih Pak Lufti atas pertolongannya.

    Wasalam

    Sylvia
    Solo

  18. coba dech di alamat ini
    http://www.deliveri.org/guidelines/training/tm22/icbreaki.htm

    tapi ya cuman sedikit. Coba cari buku 100 permainan…. terbitan kanisius….atau karangan wong solo juga ada….judulnya malah ice breaker…..Tapi yang penting improfisasi juga khan…?!

  19. Salam Kenal Mas….

    Blogx sangat menarik, pamit taut and bannerx…

    Chandra

  20. Trims sudah sering kasih komentar di blog saya….Sayangnya Mas Chandra sudah ak kunjungi di blognya juga….tapi koq lama gak di update ya…..

  21. Mas Lutfi, alamat http://www.deliveri.org/guidelines/training/tm22/icbreaki.htm koq gak bisa di akses ya? saya lagi mencari permainan ice breaker buat ngikuti tren pembelajaran yang menyenangkan. Tolong ya mas lutfi!

  22. wah iya mas aris….ternyata sudah gak ada tu url….dihapus mungkin…padahal puasa masih ada lho….Tapi kalau niat betul atang aja ke gramedia…soalnya buku-buku game itu lagi banyak banget di jual di pasaran….lagi trend kali…aku saja sempat beli sekitar 5-6judul….

  23. Pak Lufti, tampilan websaitenya cukup baik… salam kenal saya WI dari Propinsi Riau

  24. Assalamu’alaikum Pak Luthfi.
    Menurut pendapat saya ternyata, menulis bagi Bapak adalah sarana menyegarkan kembali apa yang pernah kita dapat, apa yang sedang diperbuat dan apa yang nanti akan dilakukan.
    Memang…. kita-kita ini PNS, mau tambah ilmu……? ya baca di kolom2 pak Luthfi dan mbader ada dimana mana, jangan hanya baca Berita Kriminal. Jangan-jangan kita malah berbuat kriminal tanpa ngerti arti kata kriminal. Kalo sudah begitu matilah kita !!!!! Maka benar apa kata iklan di media elektronik… bikin hidup lebih hidup. Thank’s pak Luthfi. Salam untuk keluarga di rumah.
    Wassalamu’alaikum.

  25. Salam sejahtera dan sukses selalu buat Pak Lutfi. :)

  26. wong ndeso saking cepu

    assalamu’alaikum
    dalem muncul kang….
    piye kabare, kayaknya sibuk banget yo…
    bulan ini seminar IWI jateng di Cepu lho,dateng ya…..
    tak enteni
    wassalam

    WI Pusdiklat Migas

  27. assalamu’alaikum pak..
    aq numpang baca yah .. aq PNS di Kepri

  28. SEBAGAI pns KALO BEKERJA JANGAN MENTAL pNS YANG HANYA MENGNHARPKAN GAJI TAPI KERJA G BECUS

  29. gantungkan mimpimu yg tinggi.misalnya ; kapan sy bisa mengajar anggota dewan yth di senayan. sy wi udah 18th. yaqinlah berhasil . institisi sekarang buat pangkalan , kita bukan cabang atau ranting tapi mungkin dianggap benalu gpp. kita hrs punya buah yg wangi dan warna yg menarik sehingga burung2 tertarik dan membawa kita terbang hinggap di pohon2 yg lebih rindang& indah pemandangan. dan ucapkan selamat tinggal pohon kerdil nan sombong aku telah berada di pohon rindang nan ramah dst. insyaallah. tanpa mimpi hanyaakn menJadi widyasengsara. ok slamat berjuang

  30. He…he…he…buat beginian sih sebenarnya juga bagian dari mimpi Mbah….

  31. salam kenal nggih pak…

  32. assalamualaikum,,,,
    salam kenal

  33. bagi2 ilmu tentang team building dong pak!

  34. Mmmm…baca tentang ice breaker ya….?! Kalo belum puas tanya lagi ya….

  35. assalamualaikum,wr. wb.

    tok3kali kulo nowon.

    salam kenal ….

    maturnuwon

  36. Asswb. pak saya pingin info nomor hape bapak-bapak WI Bandiklat prop Jateng yang mengampu materi aktualisasi (KKP,KKK, KKA dsb) seperti Pak Siswoyo, dan sebagainya. kalo ga keberatan bisa di sms ke 0856 4075 5789. Matur nuwun pak…
    Wassalam

  37. pak, nderek ngangsu kawruh, nuwun

  38. assalamu’alaikum
    boleh dong sharing tentang bagaimana masuk widyaiswara, boleh lah dari pengalaman pribadi Pak. Luthfi..
    ada gak yang namanya emphasing..
    wasalam

  39. Salam Kenal..
    Faisal Riza S.SOS
    KALIMANTAN SELATAN

  40. pa kabar pakne Wulan?saya prajab gol II angk 23.yg wkt itu ktnya Cerdas,tp bener ko spulang dr diklat saya jd cerdas beneran.thanks….slam bwt keluarga di rmh.

  41. wooo….terkenang-kenang di diklat srondol.o ya saya lagi mencari permainan ice breaker bwt penyegaran suasana. tlng ya paknewulan.

  42. Pakne Wulan tolong donk bagi2 pengalaman, selama Pakne Wulan di Papua pengalaman yang di dapat mengenai ngajar mengajar DIKLATPIM?

    no. HP Pakne Wulan berapa? saya tunggu nggeh

    arik
    HP. 085 334 032 686

  43. asslamualakum
    Pak lutfi pasti bertanya ini siapa….alumni prajab kudus.

  44. salam kenal pakne wulan, saya bisa minta no HP Bapak. tksh

    arik
    HP. 085 334 032 686

    http://slidepowerpoint.wordpress.com

  45. salam kenal Pak Luthfi
    pak saya wi baru, dikasih tugas nagjar pra jab ttg manajemen perkantoran modern, setelah membaca tulisan bapak saya masih merasa kurang mungkin saya diberi tambahan untuk bab yg sama tapi issu yg terbaru.
    terima kasih
    bagio
    0811853574

  46. pak .. boleh minta alamat facebook nya ?? kemaren pas prajab dikudus saya kehilangan buku tulis saya .. ilang deh ..:( thanks ..

  47. Salam kenal Pak. Saya PNS di Distanikan Depok. Baru belajar bikin blog di WP. Lagi singgah dan senang baca blog Bapak, banyak menambah wawasan. sukses selalu. tks.

  48. salam kenal pak. Saya baru melintas di blog bapak… isinya bagus.. mohon sarannya buat blog saya: http://yusrizalfirzal.wordpress.com/ Terima kasih

  49. salam kenal pak ! sy wi bandiklat sultra, baru masuk 6 bulan lalu, sblmx penyuluh pertanian. sy seneng dengan blognya, bisa mengambil pengalamannya. sukses pak, mudah2an lain kali saya bisa ikut nimbrung. tks

  50. Asw…salam kenal pak, saya wi kabupaten bogor.Bulan april 2009 lalu saya diangkat… sebelumnya saya staf di dinas pertanian dan kehutanan.seneng baca blognya bapak…mudah-mudahan bisa jadi ajang tukar informasi dan pengalaman… makasih..

  51. Salam kenal pak, saya juga WI di Bandiklat Kabupaten OKU Propinsi Sumatera Selatan, Saya pendatang baru selama ini saya Fungsional Guru di Sebuah SMA di Kabupaten OKU. MAJU TERUS PAK..

  52. Salam kenal,
    Pak kalo kita orang swasta boleh nggak ikutan nimbrung…kok penasaran ya apa itu WI, terus kerjanya apa, relasinya dengan siapa saja, jam kerjanya gimana….karena kalau orang swasta kayak kami ini jadwal kerja udah pasti n kerjanya sesuai dengan job desc kita masing2.
    Thanks atas diterimanya perkenalan ini.

  53. halo pak lutfi,
    saya prajab III angk X 8-24 maret 2010.
    dpt waskebangnya pak lutfi.
    klo mo nyebrang jd WI hrs III/c dl ya pak?
    wakakak…lama.
    moga2 bisa.biar bs nyicil rumah+mobil kayak njenengan.

    yusa

  54. Yth. Pak Lutfi,
    Senang bisa mambaca blog Bapak…
    Saya CPNS di Pemkot Cilegon, guru BK SMP, tentunya ingin sekali mendapatkan info2 tentang pengembangan pendidikan.
    Pak… apakah lowongan widyaiswara dibuka setiap tahun?
    Terima kasih,
    SUKSES buat Bpk…

  55. Pak Lutfi
    selamat sebelumnya.
    Saya dari Timor Leste, bekerja pada kementrian pertanain dan perikan khusunya di pada direktorate pengembangan Masyarakat Pertanian, Pusat penyuluhan ada di pimpinan saya.
    saya saat ini membutuhkan seorang Widyaiswara penyuluh pertanian dari Indonesia ( lebih muda komunikasi ) untuk membantu penyusunan standar operasional pelaksanaan penyuluhan pertanian.
    saya mau menawarkan kepada bapak untuk kerjasama ini, jika bapak bersedia membanru kami maka dapat email kepada saya atau sms pada nomorHP saya di Timor leste +6707312327. atau lewat facebook DEPTAN RI saya sudah bergabung.
    untuk bidand penyuluhan kami baru menghidupkan lagi sejak tahun 2008. jadi sangat baru untuk memulainy,a kami harapkan tenaga ahli dari indonesia.
    Terima kasih

  56. Assalamu.alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal Pak Lutfi, saya PNS depdikbud gol IIIa, Pendidikan Si Ilmu Komunikasi lagi pingin tau bisa nda ya kl mo jadi widyaiswara, syaratnya apa trus kl mo ambil S2 yang tepat bidang apa? krn memang rencana mo ambil S2. Terus terang sy sedikit kecewa dgn pengembangan SDM di kantor , gimana bisa kasih solusi ngga?

  57. salam buat pak lutfi dari prajab tahun 2010 angkatan 13

  58. Assalamualaikum pa…Isi blog yang luar biasa, bisa berbagi info – info yng dahsyat. Salam pa dari peserta PRAJAB GOL 3 angkatan 50, qt ketemu di materi terakhir “POLA PIKIR” dan konsul jg tentang KOMITMEN INDIVIDU, mudah-mudahan ingat dengan saya…paling berkesan buat saya adalah MESEME njenengan pa,hee…Visit balik in my blog http://perawattegal.wordpress.com. Smg bisa saling bersilaturahmi

  59. Salam kenal, Pak Lutfi
    Saya ingin menyarankan, bagaimana kalau Bapak menuliskan catatan perjalanan karir Bapak, mulai dari sebelum menjadi WI, proses menjadi WI, dan selama menjadi WI. Isi tulisan tersebut akan menjadi inspirasi bagi orang2 yang sangat peduli dengan mutu pekerjaan yang ia tekuni (khususnya bagi profesi mulia spt WI.(termasuk saya, tapi saya baru lulus dan berniat menjadi WI supaya bisa menyampaikan kebenaran dan berkontribusi dalam pembenahan mutu PNS Indonesia)) :)

    Thanks.

  60. ass.wr.wb.
    salam kenal pak Lutfi, aku PNS di kab pekalongan, siswane njenengan di diklat pim IV kemarin. pak aku pingin banget jadi WI.
    alasan : aku gak tahan dg kemunafikan, kebodohan, ketidak berdayaan, dll birokrasi.. aku sedih marah takut… aku bertanya tanya bersihkah rizki yang ku makan bersama keluagaku??
    pak bantu aku…
    beri saya jalan untuk jadi WI..
    trims ya pak.. jadi curhat nih..
    wass.wr.wb.
    pakne ofie
    dpu kab pekalongan.

  61. Pak Lutfi, dalem badhe nyuwun alamatipun facebook lan nomer hp-nipun panjenengan.. matur sembah nuwun..

  62. Pak Lutfi, dalem badhe nyuwun alamatipun facebook lan nomer hp-nipun panjenengan.. matur sembah nuwun..

    Dian – 08122564078

  63. Untuk semuanya, Widyaiswara itu sebuah pilihan bagi seorang PNS dan bukanlah sebuah pelarian dari masalah yang ada di tempat kerja dari seorang PNS. Padahal masih banyak profesi jabatan fungsional lain yang dapat dijadikan pilihan bagi PNS, misalnya menjadi seorang peneliti, arsiparis, pranata komputer, pustakawan, penyuluh KB-Pertanian-Kesehatan-Perindustrian dlsb… Jadi tolong pikirkan baik-baik sebelum mulai memilih. Soalnya tidak ada pekerjaan yang enak kecuali jika hal itu anda sukai

  64. Pak….Jangan lagi pilek yach kalo ngajar….Hehehe…
    ( Waktu ngajar Diklat Prajabatan Gol.III Honorer Kab. Boyolali di PPRBM Colomadu )

  65. assalamu’alaikum wrwb
    salam kenal pak Lutfi. saya muji siswa prajabatan Gol III di Wonogiri ( 10-28 juni 2011) temen2 pada terkesan dengan metode penyampaian pak Lutfi yang luar biasa. apalagi materi ilmunya yang mbikin temen2 pada terbengong, karena surat2 yang selama ini hilir mudik di di kantor pada salah kaprah semua.
    ada beberapa hal yang pingin saya tanyakan pada pak Lutfi :
    1. Saya pribadi pingin menjadi widyaiswara agar ilmu dan pengalaman semakin berkembang. karena saya di tugaskan di Jatisrono ( desa pegunungan masih 35 km dari tempat prajab kemarin kearah timur). tolong di beri nasihat apa saja yang perlu di persiapkan dan bagaimana cara mendaftarnya?
    2. Ini yang penting. dari segi penghasilan sebenarnya Widyaiswara berapa tho pak? kalo guru kan nanti ada sertifikasi guru / 1 kali gaji pokok? kalo di bandingkan gimana? apa widyaiswara juga ada sertifikasinya ?
    3. apa sebelum ndaftar harus sekolah S 2 dulu ?
    matur nuwun sak dherengipun>
    wassalamu’alaikum wr wb

  66. salam kenal pak lutfi,. saya seneng banget ama blog site nya pak lutfie.. sangat membantu sekali dalam inspire saya sebagai calon wi.. saya termasuk orang baru di pns pak. alhamdulillah saya telah lulus tes formasi widyaiswara di provinsi jambi, rencananya saya ingin mengambil materi pelajaran khusus mengenai komputer.. masalahnya saya sekarang bingung dalam mencari modul mengenai diklat komputer ini pak, dikarnakan saya harus menyelesaikan tes calon widyaiswara di badan diklat kemendagri pusat dan saya harus mengajukan 2 studi mata diklat yang akan saya pakai dalam tes tsb. dlm ilmu komputer saya lebih memahami tentang teknis hardware komputer.. kalo boleh tau pak.. sebaiknya saya harus mengajukan mata diklat apa saja yang cocok buat saya ? kemudian kalo boleh bs ga saya dapet modul dari mata diklat kompter tsb.. trims .. mohon pencerahannya pak… ini email saya ; http://www.brama_majesty@Yahoo.com

  67. Salam kenal Mas Lutfi,
    Saya Maria Susiawati, saat ini saya bertugas di Bagian Organisasi Setda Kabupaten Wonosobo.
    Terus terang, saya mulai berfikir untuk menjajagi kemungkinan melamar widya iswara. Bisakah kita ngobrol lebih jauh? mungkin suatu waktu saya ingin mampir ke Bandiklat Prov Jateng untuk ketemu Mas Lutfi (tidak keberatan?)
    Terimakasih

  68. PRASASTI MARMER TULUNGAGUNG

    Mohon Bimbingan kita ingin belajar banyak dari bapak..terimaksih dan salam kenal ….

  69. Irma Susanti, SE

    Assalammualaikum.Wr.Wb.
    Salam kenal pa lutfi,,,
    saya adalah PNS Golongan III/c, jabatan saya adalah Kepala Seksi Perbendaharaan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah, dan basic pendidikan saya adalah Sarjana Ekonomi Akuntansi, namun saya sangat berminat untuk menjadi seorang widyaswara (WI), saya ada rencana untuk pindah dari jabatan struktural ke jabatan fungsional.
    berkaitan dgn rencana kepindahan saya tersebut, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada bapak, Yaitu :
    1. Jenis pembelajaran yang bagaimana menurut bapak yang baik berdasarkan basic pendidikan saya, mengingat saya sangat minim sekali dalam hal pengetahuan ttg seorang widyaswara.
    2. bagaimana caranya mutasi/pindah dari jabatan struktural. ke jabatan fungsional.
    3. Bagaimana caranya agar menjadi seorang widyaswara.
    Demikian beberapa hal yang saya tanyakan kepada bapak, saya sangat mengharapkan jawaban dari bapak.
    Walaikumsalam. Wr. Wb.
    Terima Kasih.

  70. noer.sobariah pengawas bandung

    As.wb salam kenal pak lutfi saya Noer.Sobariah Pend terakhir sdng menyelesaikan S3/PNS/Pengawas SMP/1v a/ Kab.Bandung.mau tanya bgm caranya bisa mengikuti kegiatan/pelatihan untuk jd WI ? apakah melalui tes? trimakasih pak infonya……

  71. salam kenal Pak Lutfi, saya WI baru pak, di instansi pusat. seru juga baca blok Bapak. Ada saran untuk WI seperti saya Pak. matur suwun….

  72. Basa Tiur Mida Siahaan

    Saya Tiur, WI dari Bapelkes Provinsi Sumsel…. mohon info ttg penunjukkan Koordinator WI tsb ada regulasinya gak…? kalau ada mohon di emailkan di btmida@gmail.com. Suwun njeh…

  73. redyrianto_2005@yahoo.com

    bisakah dari seorang guru mendaftar menjadi WI??? bagaimana caranya??? saya pernah jadi audience pak lutfi selama diklat di semarang

  74. Pak Lutfi, saya suka tulisan2 bpk tentang pengalaman sbg widyaiswara di blog ini. Tapi kenapa bpk skrg sudah jarang nulis lagi? Sharing lagi pengalamannya dong pak..
    Makasih

  75. Salam hangat; senang berkunjung ke blog ini. Bisa berbagi tentang kepelatihan. Main ke blog saya juga ya pak …

  76. mas Lutfi, saya sdg uthak-uthik tentang Jambu Monyet (Mete-Mede-Mente) dan mencari SDM, klo berkenan tlg hub saya, matur nuwun

  77. bolehkah saya tahu syarat-syarat menjadi widya iswara pak?..sy googling kok gak dapat…

  78. terima kasih sebelumnya…..:)…

  79. senang sekali ketika diajar pak Lutfi. Gayanya yg familier, lucu, dan tentunya materi mudah ditangkap.
    Prayitno-peserta Diklatpim III angkatan 54.

  80. salam hangat pak lutfi, saya cpns di salah satu kementrian. Saat ini penempatan tugas saya di luar dari jabatan yang saya lamar, terkadang hal ini menekan dan mempengaruhi pikiran saya, apa saya kurang cukup mampu untuk ditempatkan sesuai dengan jabatan yang saya lamar dan latar belakang pendidikan saya. Bagaimana saya harus menyikapi hal ini pak terutama di lingkungan pemerintahan?
    terimakasih pak,, mohon responnya.

  81. eng…kalo saya amati setelah ikut prajab gol I & II semua WI seakan akan ngasih doktrin ma kita supaya gak korupsi bagus sih… cuma misal e WI nya yang jadi pesrta prajab….rep piye..

  82. saya sedang buat anev atas 11 tahun e-goverment pak jadi lumayan sering blusuk di blok ini, . sedangkan anev saya pergunakan memberi solusi kenapa Gapteknya birokrasi ini gak move move .. saya pembangsystem interkoneksi jaringan yang sebenarnya aplikasi sederhana yang memaksa user sedikit mau peduli dengan TI dan alhamdulilah crocodic studio mengembangkan system ini dan kerja sama dengan Google ..
    sama saya sedih melihat web-web yang tidak ada juntruangnya ya waton ada dampak dari pimpinan gaptek padahal mereka sudah pegang smartpon sebenarnya tinggak selangkah kemauan kerah sedikit lagi.. akan mengerti TI salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s