Sesuatu Yang Berhubungan Dengan Cinta

Selamat Hari Valentin

Hiduplah dengan cinta karena……
Dari cinta engkau bisa hidup…….
img_1646gsdssketwr.jpg
Dengan cinta engkau merasa hidup……….

Tanpa cinta apalah gunanya hidup……

Ya…….Hiduplah dengan cinta karena cinta adalah kunci kehidupan manusia. Begitu pula dengan pekerjaan sebagai PNS banyak membutuhakan cinta. Mengingat begitu banyak sistem yang dibangun dan mendasari kehidupan PNS belum begitu baik.

Sistem penggajian yang kurang proporsional, sistem penghargaan (reward) yang belum berdasarkan prestasi dan kompetensi PNS, sistem punishment yang begitu lemah, sistem promosi jabatan yang seringkali berdasarkan ’like and dislike’ pimpinan, sistem mutasi pegawai yang tidak jelas kriterianya. Belum lagi masalah sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan tugas yang sangat minim. Kesemuanya itu akan menyebabkan seorang PNS mengalami perubahan sikap ke arah yang negatif.

PNS yang dulunya rajin, karena sregep ’ra sregep pendapatannya sama saja, lama kelamaan menjadi malas bekerja, motivasi bekerja turun drastis, akhirnya mulai sering pamit karena ada ’kepentingan-kepentingan’ yang kurang ’penting’ atau malah bolos sama sekali. Lebih gawat lagi kalau kondisi tersebut menyebabkan stress yang menjurus kearah psikosomatis, yakni munculnya penyakit-penyakit fisik akibat kurang seimbangnya kondisi psikis. Dimulai dengan sering lelah, susah tidur, lalu mulai sakit-sakitan, sering pusing, gula darah, jantung, dan………………

Nasehat GusMus adalah ” Lebih Baik Segera Menyalakan Lilin, Daripada Mengutuk Kegelapan”

Dan lilin itu adalah cinta. Mengapa cinta ? Karena dengan cinta, orang akan menjadi pelayan bagi yang dicintainya. Dengan cinta orang akan mau berkorban apa saja. Dengan mencintai orang akan berusaha mempelajari secara detil apa yang menjadi kesukaan, berusaha tampil dengan sebaik-baiknya, berupaya dengan sekuat tenaga agar yang dicintai itu bisa senang…….dan balas mencintai dengan setulus hati………witing tresno jalaran soko kulino…..

Demikian juga dengan pekerjaan sebagai PNS. Jika kita sudah memutuskan untuk bekerja sebagai PNS sampai pensiun maka cintailah profesimu itu walau kondisinya sepahit apapun. Karena memang tidak ada lagi jalan keluar kecuali maju terus sampai finish pada nantinya. Dengan mencintai pekerjaan, kamu akan berusaha untuk dapat bekerja sebaik-baiknya, berusaha mengerti seluk beluk pekerjaanmu dengan baik, kemudian akan berusaha belajar meningkatkan kualitas pekerjaanmu menuju kearah yang profesional……. Kalau sudah begitu siapa yang akan senang ? Negara ? Masyarakat ? Pimpinan ? Atau diri sendiri ?

Saya kira semuanya akan senang…………termasuk anda tentunya………Apakah semudah itu ? Ya semudah itu hukum alam akan berlaku…..Tetapi memang butuh kesabaran yang tinggi untuk bisa mencapai hal itu………Mau mencoba bercinta ?! Kalau sudah begitu saya hanya bisa mengucapkan selamat hari valentin….
(sebenarnya ini mau ku ’update’ pas tanggal 14 Pebruari, sayang………bandwith internetnya tidak sayang sama saya….)

One response to “Sesuatu Yang Berhubungan Dengan Cinta

  1. When someone writes an piece of writing he/she retains the plan
    of a user in his/her mind that how a user can understand it.

    Thus that’s why this piece of writing is perfect.
    Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s