Apa yang Anda Lakukan saat libur Sabtu-Minggu ?

Apa yang Anda Lakukan saat libur Sabtu-Minggu ?

”lembur pak” jawab seorang PNS muda dengan penuh semangat. ”saya persiapkan seluruh surat dinas dan rencana kegiatan dinas yang akan kita lakukan minggu depan”

”walah..banyak pekerjaan pak” jawab seorang ibu PNS. ”nyuci baju, bersihin halaman, masak…..”

resize-of-pang5_4_12bw.jpgPantas saja…pasca libur sabtu minggu, wajah-wajah loyo yang nongol di kantor. Mangkanya ada istilah ”I hate Monday” karena hari senin memang hari yang paling menyebalkan. Bagaimana tidak menyebalkan ? Belum sempat kita istirahat…badan masih capek-capek…..eh sudah masuk kerja lagi….

Pernakah terfikir untuk memanfaatkan sabtu-minggu buat liburan, sekedar jalan-jalan, baca komik seharian, nonton film, tidur ngebo atau malah mancing sambil tidur-tiduran nyantai di bawah pohon ditepi kolam….nyamaaannnn…

”emang boleh begitu pak ?”
Lho, kenapa tidak ?! Waktu Sabtu-Minggu khan emang waktunya untuk liburan, untuk beristirahat….

”Trus bagaimana dengan pekerjaan kantor ?”
Ya….khan masih ada minggu depan….kerjaan khan bisa dikerjakan hari senin, selasa…dst. Seperti juga segala sesuatu di muka bumi termasuk komputer yang katanya makhluk paling sakti di jagad, orang butuh istirahat nak….Di hari kerja biasa saja orang hanya efektif bekerja pada dua jam pertama saja. Mulai jam 10 pagi, saya yakin kinerja akan mulai menurun dan tambah menurun lagi, hingga jam 2 siang paling hanya 40 % saja energi untuk bekerja yang tersisa…

”trus bagaimana dengan nyuci baju, bersihin halaman, masak…”
Whalaaaahhh….khan sekarang loundry banyak, tukang bersih-bersih juga banyak….Jamannya khan pemberdayaan masyarakat, jadi ya….. Kalau masak….tiap hari juga kagak masak dan nggak ada yang marah…..Suami dan anak-anak juga maklum koq….
”Nggak segampang itu pak…kita khan boros karena keluar duit….”
Sekarang pilih mana, keluar sedikit duit apa keluar duit lebih banyak buat mbiayani ibu yang sakit karena kecapekan….

Dengan beristirahat orang akan recharge energinya, melepaskan fikirannya dari segala beban pekerjaan…….. Dan pada hari senin kita akan mulai hari kerja dengan suasana yang lebih segar, lebih sehat, lebih bergairah dan bersemangat….serta yang lebih penting kita mungkin akan cukup energi untuk menganalisis pekerjaan kita, mentelaah sistem kerja kita…..sudah baik atau masih bisa diperbaiki lagi metodenya…..

Jika Anda memulai pekerjaan di hari Senin dengan capek, saya yakin hasil pekerjaan Anda tidak akan optimal. Boro-boro untuk berfikir….untuk berangkat kerja saja sudah setengah mati. Akibatnya apa ?! Anda akan terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang menjemukan dan membikin tambah capek….karena tidak ada rasa senang disitu, hanya memenuhi kewajiban, tak bisa menikmati pekerjaan dan mengerahkan energi untuk mempermudah pola kerja kita….Kalau begitu bisa dikatakan Anda mandeg sebagai manusia…..Learning organization yang diharapkan menjadi bullshit !! Tentu saja kesuksesan tinggallah kenangan…..

Bagaimana….?! Mau liburan bareng-bareng…..?!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s