Manfaat Ngeblog Bagi PNS

Manfaat Ngeblog Bagi PNS

Awalnya saya termasuk orang yang ragu-ragu untuk memulai ngeblog. Buat apa ?! Sampai ’the resize-of-dscn1038.JPGjunior’ memberikan saran and inspirasi sekaligus ngajari cara membuat blog. Bagi dia ngeblog merupakan sarana untuk belajar teknologi informasi sesuai keahliannya itu. Yang ini aku kurang setuju sama dia karena kayaknya manfaat ngeblog bisa lebih dari itu. Apalagi setelah baca artikelnya Mas Budi Putra yang pada prinsipnya minta agar ngeblog dengan cinta…

Setelah memulai ngeblog dengan cinta aku jadi ketagihan. Ternyata memang benar ada ”kebahagiaan dengan memberi…’ Kemudian mulai kuajak temen-temenku buat mulai ngeblog…tapi kayaknya susah. ”Buat apa ?” kata mereka. Malah ada yang ngomong ”eh…kamu masih sempat maen-maen ya ?” Rodo nggonduk juga….but aku gak menyerah…jadi mulai kuidentifikasi alasan-alasan kita untuk ngeblog….buat teman-temanku yang PNS tentunya…….tapi untuk yang bukan kayaknya ada juga yang cocok…….


1. Belajar Teknologi Informasi
Kalau yang ini aku setuju deh dengan ’the junior’. Yah sudah jaman komputer dan virus masa kita masih sibuk dengan pulpen dan kertas…Basi tau…Era perkantoran modern yang ”paperless” and ”smart work” jangan hanya jadi slogan saja…kasunyatane masih ”paperfull”and ”hard work” Koyo Pak Tani wae………..

2. Belajar Menerima Kritik
Katanya demokratis….tapi setiap kali salah and menerima kritik…sebagian besar PNS masih mrengut….gak suka…malah musuhi (or misuhi ?). Naa…. dengan membuat blog kita belajar siap dikritik kalau tulisannya jelek atau basi…….Gak boleh gampang marah….Kritik khan merupakan jamu pahit yang bikin kita tambah better….(bukan malah bete man…)


3. Belajar Menulis
Tugas-tugas kantor khan kebanyakan berhubungan dengan tulis menulis. Bikin surat dinas kek, nota dinas, proposal kegiatan, TOR, KAK, Laporan…dsb Dengan rajin nulis di blog…saya yakin deh kualitas tulisan di kerjaan akan meningkat….


4. Memacu Sikap Belajar
’Learning organization’ menjadi paradigma yang mengemuka di organisasi-organisasi milik pemerintah, dan salah satu syarat mencapai itu khan individu-individu yang ada di dalamnya aktif belajar. Dengan rajin menulis di blog berarti kita sudah belajar…cause sebelum nulis khan pasti rajin nyari bahan-bahan…

5. Belajar Percaya Diri
Budaya kerja di instansi pemerintah cenderung ’paternalistik’ dan ’feodal’ Itu menyebabkan sebagian besar PNS menjadi kurang percaya diri karena tekanan dari atasan yang begitu besar (’pa lagi kalau atasannya ’o’on…) Dengan ngeblog kita berusaha menampilkan diri pada dunia. Menampilkan segala apa yang kita miliki, termasuk potensi yang tak dapat tersalur di kantor…Disamping itu kalau tulisan kita berkualitas….semakin berkualitas…… dan tiba-tiba saja kita jadi seseorang yang ahli….dipanggil sana atau sini di lembaga-lembaga pemerintah lain, buat ngisi seminar atau sekedar narasumber….Kalau sudah begitu khan asyiiikk……..Pa lagi kalau sekali-kali tulisannya pake Bahasa Inggris………(waduh…….)

6. Mengurangi Stress
Sudah bukan rahasia lagi kalau kondisi instansi pemerintah kurang kondusif. Terlalu kaku, birokratis, hierarkhis, kurang menghargai kreativitas, inovasi….. Dikit-dikit nggak boleh….dikit-dikit melanggar kode etik (padahal kalau baca modul-modul pelatihan PNS cukup diberi kebebasan koq….) Pokoke bikin gak puas dan lama-lama bikin stress dah……… Mangkanya tulislah sesuatu, sesukamu, gak usah ada aturan-aturan hipokrit, lepaskan bebanmu……………

Itu sebagian yang kutemukan. Ada lagi …….?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s