Sopir Truk Pasar Johar

Banyak temen yang mengatakan bahwa suasana simpang lima pada minggu pagi begitu mengasyikkan. Bundaran simpang lima, yang pada hari biasa begitu ruwet dengan kendaraan, pada minggu pagi ditutup dan yang boleh lewat hanya ‘bendi’ si kereta kuda yang diberi hiasan warna-warni. Disamping itu di lapangan simpang lima banyak dipadati dengan ‘bakul-bakul’ utawa ‘pasar bubar´menurut istilah temenku…..Saya sendiri sebenarnya sudah bias sedikit membayangkan suasananya….soalnya walau tidak ditutup tapi ‘bakul-bakul’ itu juga jualan di malem minggu….dan aku sering kesana pas malam minggu….Kata orang sih suasana bazaar pasar murah memang sengaja diciptakan untuk memberi suasana wisata pada Kota Semarang…..tetapi ‘bakul-bakul’ itu diizini oleh Pemkot Semarang buat ‘dhasar’ hanya mulai Sabtu sore sampai minggu siang…..selain waktu itu, yakni pada hari-hari biasa, kawasan simpang lima harus bersih dari ‘bakul’…..

Walaupun sudah sedikit banyak ‘pernah’ masuk bazaar dadakan itu….tapi khan malam minggu…sementara yang minggu pagi….setelah hamper 8 tahun di Semarang belum sempet….soalnya minggu pagi biasanya saya pakai buat ‘nyaur utang’ tidur sehabis malam harinya ‘lek-lekan’ nonton acara sepakbola di televisi…. Tapi keinginanku buat menikmati pasar murah di minggu pagi tetap besar….soalnya asyik sih jalan-jalan di minggu pagi….Sesuatu yang sering saya lakukan pada waktu istri saya masih tinggal di Yogya. Kebetulan rumah istri saya khan di Karang Malang yang dekat banget sama lingkungan kampus UGM…..dan di minggu pagi….diseputaran bundaran UGM sampai masjid kampus…..ya…gitu deh…banyak bakul-bakul juga…..Setiap minggu kita sekeluarga always jalan-jalan di seputaran UGM…..sengaja belum mandi dan belum sarapan….nyari ‘bakul’nasi kuning….nasi gudeg…atau soto…hmmm…asyiknya….. sambil masih keringatan, sehabis menikmati udara segar dan mandi matahari pagi….kita makan nasi kuning plus es teh (kalau saya itu termasuk penganut tag “apapun makanannya, minumannya tetap es teh…”) kegemaran saya….sinambi lesehan…..

Dan di minggu itu, walau masih sedikit ngantuk, kita sekeluarga cepet-cepet mandi…. (kalao di Semarang terpaksa mandi dulu man….soalnya lokasi simpang lima jauh….) Berhubung sudah hampir jam tujuh kita ngebut naik taksi kesana….mahalan dikit gak pa….pa… wong gak setiap hari….kalau naik bis umum takut nyampainya jam 8….khan sudah panas disana….Dan baru sampai dekat kompleks gubernuran….ee…taksinya sudah nggak boleh maju lagi…..ada apa ya…?! Dan…..wuuiiiih…ternyata ada balapan bendi…..Alangkah bejonya….baru pertama kesini…eee….sudah dapat tontonan langka…..balapan bendi…!! Beda dengan Yogya, kereta kuda sudah susah ditemui di daerah Semarang…..tapi ini malah ada balapan bendi. Anakku si Wulan tentu saja seneng banget melihat balapan itu….walau pas tak ajak mendekat, dianya gak mau…..mambu pipise kuda….jare……hi…hi….hi…

Kita hanya nonton 3 race saja tuh pacuan bendi….soalnya pengen cepet-cepet ke simpang lima…takut tambah siang tambah panas….Dan segera kita nyemplung ke lapangan simpang lima buat belanja !! belanja !! Kapan lagi dan dimana lagi kita dapat barang-barang dengan harga murah kalau tidak di bazaar pasar rakyat seerti ini….. Belum lama, si wulan sudah dapat dua potong baju ’jablai’ seharga sepuluh rebu perak !! Waduh….ibunya langsung napsu….gak mau kalah sama si Wulan….sedang aku sibuk toleh kanan toleh kiri nyari baju kesayanganku…..yang memang agak susah nyarinya…. bukan karena harganya mahal….tapi yang penting bentuknya harus gombrong….kainnya harus klemir…lemes…sehingga adem dipakainya….yah…baju yang cocok bagi tubuh orang-orang ’gempal’ seperti saya yang selalu ’sumuk’ dan cepet kringetan…..susah to nyarinya…?!

Tapi….ADA..!! setelah muter hampir separo lapangan…. ternyata ada yang jual baju seperti itu…. Langsung tak pegang-pegang tuh baju….eh kayaknya pas banget ini….
“silakan Pak…silakan Pak…” si Ibu penjual baju langsung ramah tamah begitu lihat aku minat banget dengan baju itu. Ya….mungkin hari sudah mulai siang…tanda waktu hampir habis… Belum sempet aku ngomong ‘bakul’ itu sudah nerocos lagi….biasa….. bermanis-manis ala taktik marketing biar pembelinya semakin ingin beli….
“baju ini cocok dengan Bapak koq…”
”Apa bajunya nggak kekecilan Bu…” aku nyoba minta pendapat istri saya….eh belum sempat istriku njawab…si bakul itu sudah promosi lagi….
”ah…enggak Pak…bajunya besar-besar koq…..kainnya mirip-mirip dengan baju yang Bapak pakai saat ini….harganya hanya 20 rebu….bahannya adem koq….Bapak pasti suka….wong baju model beginian….banyak dipakai sama sopir-sopir truk pasar Joar….soalnya bahannya adem….”
SOPIR TRUK PASAR JOHAR…?! sialan ibu itu….masak Bapak Widyaiswara Lutfi dikatain seleranya sama dengan sopir truk pasar Johar……?! Istriku hanya mesam mesem melihat aku mrengat mrengut….. Tapi arep nesu yo ra guno….wong namanya orang gak ngerti…. lagian aku emang bener-bener minat….dan tanpa nawar lagi…sambil tetep mrengut….. aku minta istriku buat mbayari 2 potong baju sopir Johar itu…..yang warna orange dan biru……

Walaupun ’lingsem’ campur ’anyel’ tapi baju itu bener-bener cocok….dipakai adem….cukup gombyor hingga tak menghalangi gerakku….dan kalau ada kesempatan kesana lagi pasti aku beli lagi….soalnya aku kemaren masih nyoba beli….buat njajal derajat keenakan baju itu tentunya…..Tentu saja saat memakai baju adem itu, disamping seneng….aku mesti tersenyum kecut mengingat kata-kata Ibu Penjual….dan saat memakai baju itu lagi…..tiba-tiba aku merasa menjadi seorang sopir truk Pasar Johar…..so…..brum…brum… ngeeeeeeeennggg……………

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s