Selamat Jalan Bu Dokter…..

Akhirnya Kepala Kantor kami, dr. Isi Mularsih, resmi pindah ke RSUD Margono Sukaryo di Purwokerto. Sebuah kepindahan atau mutasi yang wajar dari seorang pejabat di lingkungan pemerintahan….mengingat Bu Dokter yang satu ini sudah cukup lama mengelola Lembaga Kediklatan Jawa Tengah ini ( dari Oktober 2003 ). Saya masih ingat pada saat kesempatan berkenalan dengan beliau, dalam sebuah rapat staf, saya mengharapkan agar penugasan Beliau tidak melukai idealismenya, mengingat saya pun sebenarnya mengalami hal yang sama terkait latar belakang pendidikan saya yang juga jauh dari tugas pokok pekerjaan di Badan Diklat. Yang kedua…jelas penghasilan Beliau akan jauh menurun jika dibandingkan saat memimpin sebuah rumah sakit….Apalagi prinsip pertama yang dibawanya kesini adalah…Halalan Toyiban….. 

Tetapi kemudian beliau membuktikan ucapannya….bahwa dia akan berusaha keras untuk krasan……Saya mengamati Bu Isi adalah sosok yang mau berusaha keras….belajar mendalami ilmu-ilmu kepemimpinan dan kepemerintahan dengan ’spartan’….Sehingga kadang saya teringat bagaimana sulitnya belajar tentang ilmu ekonomi pertanian saat mengambil S2…..mengingat latar belakang saya yang condong ke nutrisi dan biologi saat S1…..ya..ibarat mengasah sisi lain dari sebuah mata pisau…..benar-benar  berat, harus kerja keras….dan sudah gitu…masih saja ada barang-barang atau detail-detail ilmu yang ketinggalan…. 

Banyak yang senang beliau pergi dari Kantor kami karena…… Saya sendiri biasa-biasa saja dengan kepindahan Beliau, bahkan sedikit sedih malah. Walaupun banyak orang yang tidak suka dengan kepemimpinan Bu Dokter ini….tetapi sebenarnya saya sendiri terkesan dengan prinsip-prinsip Bu Isi. Bu Isi merupakan sosok yang pintar (dokter lah biasa….dari SMA pastinya juga orang pinter..), mau belajar dan mau memotivasi anak buahnya. Beliau banyak mencoba prinsip-prinsip orang besar dunia seperti Six Sigma, Ethos 21 Jansen Sinamo….juga Disiplin Kelima dari Peter Senge serta Eight Habit-nya Peter Covey….juga ahli-ahli pemikir lain semacam Tung Desem Waringin, Andre Wongso atau Ari Ginanjar dengan ESQ-nya. Dan ini tidak hanya dipelajari untuk diri sendiri saja…… tapi juga dicoba diterapkan dalam muatan lokal materi diklat….atau dalam berbagai kesempatan Beliau mengajar…. 

Lalu mengapa banyak orang di kantor yang senang beliau pindah…?!Ya…mungkin sambutan perpisahan wakil karyawan yang disampaikan Mr. Tarwi, salah satu widyaiswara senior kami, dapat merepresentasikan sebab itu. Dalam sambutannya Pak Tarwi menyatakan bahwa sosok Bu Isi adalah seorang yang haus akan prestasi….seseorang yang selalau ingin meningkatkan kinerja organisasi yang dipimpinnya. Prinsip Total Quality Improvement Management selalu coba diterapkannya….ibaratnya Bu Isi adalah orang yang ingin selalu berlari….sehingga sangking kencangnya beliau berlari….sampai-sampai para staf terengah-engah untuk mengejarnya…..Sebuah pendapat menarik yang mewakili perasaan karyawan yang disampaikan dengan cara yang cerdas…..sedikit banyak mewakili pola kepemimpinan beliau yang inovatif…tetapi kurang memperhatikan kondisi SDM anak buahnya…. Ibaratnya naik kereta kuda, bukan kuda tercepat yang menjadi tolok ukur laju kereta, melainkan kuda terlambat…………..  

Ya…begitulah….seperti pengalaman saya saat sekolah tadi…..Selalu ada yang terlupa saat kita langsung belajar tanpa melalui pelajaran dasar……. Saya juga melihat Bu Isi juga sudah kadung krasan di Badan Diklat kami….Tetapi terlepas baik buruknya pola kepemimpinan beliau….saya akan sangat kehilangan dengan semangatnya untuk maju…..Akan kehilangan saat-saat apel pagi bersama plus salaman sesudahnya…..sebuah usaha bagus dari seorang pimpinan…… Harapan saya semoga beliau bisa menemukan keasyikan kembali bekerja di tempat yang baru…apalagi itu sebuah Rumah Sakit yang notabene lebih sesuai dengan latar belakang pendidikannya…Selamat Jalan Bu Dokter…… 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s