Apa Manfaat Belajar Manajemen Perkantoran Bagi Guru SD…?!

 Guru SD bicara perkantoran….?! Tau apa para Guru SD tersebut tentang Perkantoran…?! Apalagi ini di Purwodadi, sebuah kota kecil di timur Semarang yang relatif jarang dilewati kendaraan karena letaknya yang bukan di jalur utara maupun jalur selatan. Bahkan saat saya konfirmasi, sekolah yang menjadi tempat tugas mereka tidak memiliki ruangan khusus untuk kegiatan ketatatusahaan….bahkan tugas keadministrasian tersebut terpaksa harus dirangkap oleh guru-guru tersebut, alias serba serabutan tentunya……Jadi saat mengajar ”Manajemen Perkantoran Modern” itulah yang saya tanyakan…..Buat apa Anda belajar masalah-masalah perkantoran….adakah manfaatnya…..?!

Dan benar juga, hasil diskusi yang mereka lakukan tentang perkantoran modern juga begitu sederhana…. simak saja hasilnya seperti uraian berikut.

1.Mengawal Surat Masuk

Kasus yang sering ditemui peserta antara lain adalah hilangnya surat masuk akibat keteledoran para guru dalam mengarsip surat yang masih terkesan berantakan. bahkan menurut mereka, filling cabinet alias tempat penyimpanan arsip juga tidak ada.

2. Mengawal Surat Keluar

Buku ekspedisi sering lupa dimintakan tanda terimanya, juga menjadi kasus kesalahan umum para guru saat mengawal surat keluar. Bahkan yang lebih parah, kadang surat ekspedisi tersebut malah tidak dibawa.

   3. Menyusun Surat Dinas

Permasalahan kebahasaan ternyata menjadi sorotan para guru SD (herannya…?!). Disini para guru menyoroti masalah surat dinas yang kadang dibuat terlalu bertele-tele, nggedabyah alias sak ndayak-ndayak padahal substansinya hanya satu. Pemakaian tanda baca dan penulisan kalimat yang kurang baku juga menjadi bahasan menarik dari para guru SD.

4. Penemuan Arsip (Retrieval)

Kesalahan dalam penyusunan arsip yang tidak teratur serta kesalahan dalam meletakkan arsip menjadi kasus kecerobohan para guru SD dalam mengatur arsip-arsip.

5. Penyusutan Arsip (Jadwal Retensi Arsip)

Disini sebenarnya para guru harus lebih jeli dalam menyusutkan arsip, mengingat di sebuah sekolah ada satu jenis arsip vital yang tidak bisa dimusnahkan, yaitu Buku Induk Siswa…!!

6. Komputerisasi Perkantoran

Rata-rata SD yang menjadi kantor para guru tidak memiliki komputer, bahkan telepon juga tidak ada…!!

7. Penyusunan Laporan

Kesalahan yang dilakukan saat menyusun laporan adalah pemalsuan dan manipulasi data dan menurut para guru hal itu dilakukan agar laporan bisa ’kelihatan’ bagus.

8. Penyelenggaraan Rapat Dinas

Untuk pelaksanaan rapat dinas, kesalahan yang sering dilakukan adalah:

  1.  Tidak dapat menggunakan waktu rapat secara efisien, utamanya saat sesi tanya jawab yang kadang terlalu bertele-tele menghabiskan waktu.
  2. Peserta rapat seringkali kurang berkonsentrasi, misalnya ngantuk, ngomong sendiri.

Lalu apakah materi ’Manajemen Perkantoran Modern’ tidak bermanfaat bagi mereka….?! Tentu saja malah bermanfaat. Banyak PR yang harus diselesaikan oleh para guru SD itu dalam mengelola admnistrasi perkantoran di SD. Pertama, tentu saja membentuk unit Tata Usaha di sekolah….ya…setidak-tidaknya ditunjuk guru khusus yang menangani masalah ketatausahaan…..atau kalau wegah….ya buat saja sistem piket…giliran tiap bulan yang ngurusi masalah administrasi perkantoran. Pokoknya, mengingat pentingnya fungsi ketatausahaan dari sebuah organisasi maka para guru SD harus mulai melakukan penataan terhadap admnistrasi perkantoran di organisasi sekolah dasar….!!

Kedua, sesuai prinsip modern yang merupakan sebuah pola pikir yang mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman maka para guru SD tersebut jangan hanya bekerja secara normatif saja…..jangan sampai guru SD itu identi dengan Bapak Omar Bakri dengan tas hitam dan sepeda kumbangnya…. Mereka harus bangkit…!! Mereka harus berupaya memajukan sekolahnya…..SD kampung jangan selalu identik dengan keterbelakangan……SD kampung juga harus mau mengejar kemajuan SD-SD plus di kota-kota besar seperti Al Azhar dan Hidayatullah nan modern.

Mana bisa Pak Lutfi….?! HUH saya tidak pernah mengatakan hal itu sebagai sebuah pekerjaan yang mudah…..Perjuangan itu selalu penuh berlumuran keringat, air mata dan deru nafas yang ngos-ngosan…..dan itu juga hasilnya tidak akan didapat dalam waktu sebentar….!! Tapi dengan berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik khan inti sari dari kehidupan manusia di dunia to…..?! Itulah manusia yang hidup….selalu berjuang dan berusaha… Jika semua hal begitu mudah didapat….yah…..hidup akan begitu hambar…..ibarat orang mati…..

9 responses to “Apa Manfaat Belajar Manajemen Perkantoran Bagi Guru SD…?!

  1. Ping-balik: ManFaat bLog baGi guRu « wHat-eVeR

  2. ga apa2 guru belajar manajemen perkantoran biar tahu yang namanya pengelolaan sistem administrasi dan manajemen yang baik dan efektif,….Nah itu tandanya guru sudah masuk kategori profesionalisme.

    Artinya sistem operasional dan pembinaan kepara siswa dan kerjasama antar guru akan menunjukkan kualitas pendidikan yang oke.. maju terus para guru jangan kalah dengan karyawan

  3. tentu sangat bermanfaat bagi guru SD karena di SD khan jarang yang ada Tata Usahanya

  4. Artikel yang sangat bagus. Saya setuju dengan Anda. Hari ini saya menemukan website ini, siapa tau Anda atau pembaca lainnya berminat lebih dalam tentang manajemen:

    http://snipurl.com/fgx9a

    Thanks, semoga bermanfaat!
    Al

  5. menurutku tulisanantum bagus , tapi lebih lengkap kiranya klo di tambah dengan kesalahan2 umum yang sering terjadi.

  6. menurutku tulisan antum bagus , tapi lebih lengkap kiranya klo di tambah dengan kesalahan2 umum yang sering terjadi.

  7. saya lebih berminat praktis
    penulisan tetekbengek menurut saya lihat kepentingannya
    guru SD itu adm terlalu banyak

  8. Syamsul Bahri,S.Pd.SD

    Manajemen di SD,SLTP,SLTA,ataupun di tingkat Perguruan tinggiyang paling tinggipun pun tak hanya sebatas pada apa dan bagaimana bentuk manajemennya.Tapi ingat,ada hal yang lebih penting dari semua manajemen yang sekedar keduniawian,yaitu….Manajemen Qolbu.
    Manajemen atau istilah lainnya,takkan bisa melahirkan se
    suatu yang bermanfaat atau berguna tanpa di dasari dengan
    Manajemen Qolbu yang bertiang akhlak dan keimanan….

  9. Segala sesuatu jika ditata dengan baik maka menghasilkan yang baik pula. Belajar segala hal tidak harus terpaku pada jurusan, profesi atau yang lain. Setiap ilmu ada kemanfaatannya.
    Semangat untuk para guru,😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s