Mengajarkan Win-Win Solution dengan Bekal Pilek……

Acara mengajar saya yang padat di bulan Agustus mau tidak mau membikin kondisi fisik saya menurun….bahkan harus pilek….sesuatu yang aneh bagi saya yang gemuk ini….. Soalnya, biasanya penyakit saya adalah batuk tanpa disertai pilek….Naaa…ini malah pilek tanpa batuk…… Melihat kondisi saya ini, anak saya si Wulan hanya komentar pendek….”mangkanya Pak….minumnya pake air putih saja…..jangan pake es teh terooos……” Walah, mana bisa saya terbebas dari jeratan es teh kegemaranku….. Sorry Nak….nasehatmu memang bagus….tapi belum waktunya nasehatmu itu Bapak turuti he….he…he….

Na….disaat-saat pilek begini…..eee….sama Mr. Agus saya malah diminta nggantikan Pak Ramli buat ngajar ”Team Building” di Kudus…..But demi…..tugas itu saya terima dengan penuh rasa tanggung jawab……. Sengaja saya berangkat sore dari Semarang, rencananya sih mau mbetulin and mersiapin game-game menarik buat nutupin kepilekanku…. Akan tetapi, berhubung Bus yang kutumpangi berhenti di pom bensin dekat ’Matahari Store’ Kudus maka aku sempatin dulu menikmati udara malam Kota Kudus….jalan-jalan….sekalian nyari makan….dan tentu saja tetap dengan minuman kegemaranku…..Es Teh dua gelas……(he…he…he… jadi ingat saat ngajar di Jepara….waktu itu saya batuk….sudah dua minggu gak sembuh-sembuh….eee sangking jengkelnya aku mampir di warung dekat Pasar Jepara….minum es teh tiga gelas…..dan besoknya batuknya malah sembuh total…..)

Agak malam saya baru masuk hotel…..mbukak power point….buat catatan-catatan kecil plus ngrancang game-game buat besok pagi….Sialnya sangking asyiknya malah kebablasan gak bisa tidur sampek jam rolas bengi kliwat…….bahkan saat berhasil ngliyep….jam 3 juga harus bangun akibat kebeles pipit…..dan saat mencoba tidur lagi….susah…..so tak putusin mandi plus sholat subuh….e…lagi mapan….jam 05.15…petugas hotel nelpon buat nawarin sarapan…..Habis makan….leyeh-leyeh….saat mulai ngantuk….ada sms dari BKD….ya……demikianlah….akhirnya malah gak tidur sama sekali….alhasil kondisi saya malah semakin pilek…….

Satu yang menjadi penyelamat saya adalah materi yang ‘Team Building’ hingga banyak berisi game-game menarik buat nyatuin kekompakan kelas…..Sebagai babak awal saya minta para Jombloan bermain ‘Jin dan Tuan Putri’ yang ‘menjurus’….. Kemudian saya minta seluruh peserta membentuk kelompok berdasarkan warna kesukaan…..setelah itu saya minta mereka menyebutkan nilai-nilai dibalik warna kesukaan mereka…. Untuk membandingkan apakah keputusan kelompok lebih baik daripada keputusan individu….. saya minta mereka memberi komentar lucu dari cerita-cerita yang saya sajikan….. Sebelum istirahat….saya beri mereka kepusingan dengan puzle-puzle kata bijak yang belum pernah tertebak oleh peserta…..Dan begitulah….dari sepuluh puzzle…..kelompok terbaik hanya mampu menebak maksimum 3 kata bijak saja…..

Terakhir, setelah istirahat….saya minta mereka bersaing dalam permainan ’Puisi Kelompok’ yang panas dan penuh konflik….. Dan disini saya merasa enjoy sekali, soalnya para peserta begitu antusias plus model penyajian yang secara rombongan dan diiringi dengan gerak….benar-benar bikin ngakak…..Ada satu pertanyaan dari peserta yang cukup berat……”bagaimana cara menerapkan model pemecahan masalah secara win-win solution ditengah konflik di kantor” Disini saya hanya bisa menjawab bahwa teori Win Win Solution mudah diajarkan tetapi susah diterapkan karena butuh kesadaran semua pihak untuk keberhasilannya…..Yang jelas saya minta mereka mempelajarinya terus menerus tentang teori itu sampek nglothok…..dan bagi saya Win-Win Solution bukanlah melulu ilmu tetapi juga suatu seni negoisasi tingkat tnggi……

Demikianlah acara ngajar saya disaat pilek….. Cukup menyenangkan bagi saya secara pribadi…..meski harus ngirit omongan…..Dan walau demikian salah seorang peserta sempat memberi komen pada saya saat salaman…..”Pak nanti ada lagi po nggak ya….yang ngajarnya seseru Bapak…..?” Komentar yang membahagiakan bagi saya…. Dan diluar saat diantar pulang, sekali lagi sang sopir memberi komen ”Wah….rame sekali Pak. Pesertanya pasti seneng dan nggak ada yang ngantuk….” Disini saya hanya bisa menjawab pendek….”Ah…Bapak berlebihan….wong saya juga sedang pilek ini…… Tapi prinsip saya, jika ada peserta yang ngantuk itu mutlak kesalahan saya……” Tapi tetep itu benar-benar mensuport diriku yang sedang lara ini…..Eh….tapi peserta khan senang ni….. panitia juga senang…..dan aku walaupun sedang pilek….senang juga…..so…semua senang….. Lha…?! Itu khan esensi dari Win Win Solution…….. ah….gak sadar, disaat pilek berat aku malah berhasil menerapkan Win Win Solution……senangnya……

Tinggalkan Balasan

