Merancang Content E-Government

Dalam Tulisan saya terdahulu, saya telah coba jelaskan bahwa pengembangan web site milik pemerintah jangan sampai disikapi sebagai sebuah proyek dalam arti sebuah kegiatan yang bersifat eksidental saja, melainkan agar disikapi sebagai sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan secara terus menerus, bertahap menuju kearah kesempurnaan, baik dari segi desain maupun content-nya…. Disamping itu faktor updating data juga menjadi faktor penghambat bagi pengembangan e-government. Untuk itu sebaiknya pekerjaan pembuatan web site hendaknya jangan dianggap sebagai ’angin lalu’ atau agar ada tim khusus yang menangani pembuatan web site, termasuk pengembangannya.

Pada dasarnya dalam merancang content dari sebuah e-government, kita harus berpedoman pada teori interaksi antara Pemerintah (Government), Masyarakat (Customers) dan Dunia Usaha (Business). Macam interaksi tersebut digambarkan sebagai berikut, seperti dikutip dalam Achmad Djunaedi.( Disampaikan dalam Seminar Nasional “E-Government & Workshop Linux” diselenggarakan oleh FMIPA UGM di Yogyakarta pada tanggal 30 Oktober 2002)

macam-interaksi-dalam-e-government.jpg

Penjelasan dari gambar tersebut adalah :
1. C2C : Interaksi antar masyarakat
2. C2B : Interaksi antara masyarakat dan dunia usaha
3. B2C : Interaksi antara dunia usaha dengan masyarakat
4. B2B : Interaksi antar dunia usaha
5. G2B : Interaksi antara pemerintah dengan dunia usaha
6. G2C : Interaksi antara pemerintah dengan masyarakat
7. G2G : Interaksi antar instansi pemerintah

Dari berbagai interaksi tersebut dapat kita cermati bahwa untuk dapat merancang sebuah e-goernment yang baik maka harus dapat menjembatani berbagai interaksi antar Pemerintah dengan Pemerintah (G2G), Pemerintah dengan Masyarakat (G2C) dan Pemerintah dengan Dunia Usaha (G2B). Lebih lanjut Djunaedi menyebutkan bahwa diharapkan dengan adanya e-government maka G2C, G2B, G2G lebih akrab, nyaman, transparan, dan murah.

Sebenarnya saya berencana untuk menguraikan satu persatu apa saja yang harus ada dalam e-government, utamanya dalam memperlancar G2G, G2C, dan G2B, akan tetapi berhubung belum lengkap data-datanya maka akan saya sajikan dalam kesempatan lain. Sementara itu kita simak nasehat dalam publikasi the Harvard Policy Group (2000) agar kita dapat berhasil dan unggul dalam penerapan e-government, yaitu:
1. Fokuskan pada cara teknologi informasi dapat mengarahkan bentuk kegiatan dan strategi dalam sektor publik.
2. Gunakan teknologi informasi bagi inovasi strategis, bukan hanya otomasi kegiatan taktis.
3. Manfaatkan pengalaman-pengalaman terbaik (best practices) dalam menerapkan inisiatif pemanfaatan teknologi informasi. Contoh best practices antara lain: di Australia <www1.maxi.com.au>, di Singapura <www.ecitizen.gov.sg>, di AS yang ditangani swasta <www.ezgov.com> dan <www.govworks.com>.
4. Tingkatkan anggaran dan pendanaan bagi inisiatif pemanfaatan teknologi informasi yang menjanjikan (mempunyai harapan keberhasilan).
5. Lindungi privasi dan sekuriti.
6. Bentuk dan kembangkan kerjasama berkaitan dengan teknologi informasi untuk mendorong pembangunan ekonomi.
7. Gunakan teknologi informasi untuk mempromosikan keadilan dalam peluang kerja dan kesejahteraan masyarakat.
8. Persiapkan diri terhadap berkembangnya demokrasi digital (demokrasi dalam era digital).

One response to “Merancang Content E-Government

  1. Assalamu’alaikum Pak Luth….
    Setujuuuuuuu banget pak.
    Perancangan yang baik dan berkesinambungan merupakan suatu kebutuhan.Kesan yang saya tangkap seolah-olah merancang konsep e-government kok belum banyak difahami para pengambil kebijakan ya. Mungkin Staf SKPDnya yang lebih tau. Tapi tidak pernah diberi kesempatan menjadi pinter. Mbok yao kegiatan ini dijadikan pembelajaran baik lingkup pimpinan maupun staf. Jangan hanya mikir untung rugi. Emangnya birokrasi the same of tengkulak. Birokrasi harus konsisten dong. Oke, matur nuwun pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s