Hot Spot in My Office

Ada yang baru di ruang Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah pada bulan Ramadhan ini….Ya…semenjak pertengahan puasa, tepatnya Jum’at tanggal 21 September 2007……di ruang Widyaiswara kita dapat mengakses internet secara gratis melalui jaringan hot spot yang dipancarkan secara terbatas di ruang Widyaiswara. So…jangan heran jika Anda masuk ke ruang Widyaiswara Anda akan melihat beberapa widyaiswara yang kebanyakan sudah ’senior’ itu asyik dengan laptopnya…..bukan untuk sekedar ngerjain power point….melainkan lebih banyak surfing untuk mencari bahan-bahan ajar…tentu saja yang terbaru….

Dengan adanya hot spot area ini, berarti menambah maraknya penggunaan internet di lingkungan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah. Dimulai dari fasilitasi pemakaian internet di lingkungan Pemprov Jateng via produk unggulannya Jateng on Line maka mulai akhir tahun 2006, internet bisa diakses secara gratis di gedung administrasi Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah. Pengembangannya kemudian mengarah pada ruang sekretariat gedung KDE tempat penyelenggaraan Diklat Pim II, setelah itu merembet ke sekretariat Gedung Bundar tempat penyelenggaraan Diklat Prajabatan, serta sekretariat Diklat Teknis di Gedung Unit II. Bagus ya…..?! He….he…he….begitulah. Badan Diklat Pemprov Jateng memang pengennya menjadi yang terdepan dalam urusan diklat di instansi pemerintah. Sayangnya satu…..masih suka gratisan….alias manut dari Provinsi….so….begitu semuanya pake internet, pasti dech bandwithnya ancur….aksesnya ngedrop atau kadang malah ilang……Ya, biar ngaksesnya asyik…..saat Anda jadi peserta diklat……..coba saja nginternet di malam hari saat para karyawannya sudah pada pulang…..boleh koq, tinggal ngomong sama panitia…..

Bagaimana dengan saya…..?! Sebagai orang yang diam-diam sudah lama juga mengenal dunia internet, walau hanya sekedar surfing or e-mail (tahun 2000 kayaknya), saya sibuk juga jadi tentor kecil-kecilan buat para Bapak-Bapak WI…..maklum, para Bapak itu lahir bukan pada generasi komputer or internet hingga sedikit kurang familier dengan apa yang dinamakan dengan internet…..Bahkan salah seorang widyaiswara utama (golongan IV/e) sempat menanyakan apakah manfaatnya kita berkenalan dengan dunia internet….. Dan jawabnya mudah bukan…..Saya tinggal masuk dalam situs google….minta beliau menyebutkan suatu topik khusus….pejet search…..dan keluarlah berbagai pengetahuan aktual tentang topik yang bersangkutan……beres……

Bagi saya pribadi….pertanyaan aneh itu bukanlah sesuatu yang lucu dan patut kita tertawakan….Bagi saya, itulah sebuah pertanyaan ‘bodoh’ dari seorang yang ingin tahu….dan sekali lagi kita tak perlu malu karena kita belum tahu….Buktinya, begitu tahu manfaat internet yang begitu besar….Beliau langsung cepat-cepat membeli peralatan WIFI eksternal…. masang ‘cop-copan’ listrik dibelakang mejanya…..dan mulai asyik dengan laptopnya….. plus memberi julukan pada saya sebagai Mr. Google….karena beliau setelah itu sibuk mendownload berbagai pengetahuan melalui google….terutama berkaitan dengan masalah kesehatan dan obat-obat alami yang sangat penting bagi Beliau yang sudah ‘senior’ itu……

Saya sendiri kemudian melanjutkan safari sharing saya pada WI-WI lain, terutama dalam memperkenalkan pemanfaatan internet sebagai media informasi….mulai dari surfing, kemudian mulai membuat e-mail serta mengajari ngeblog di WordPress kita tercinta ini…..So disamping my blog, Anda juga mulai bisa membuka blog dari WI lain seperti http//:iriatna.wordpress.com. http//:maskresno.wordpress.com, atau mau mampir ke blognya organisasi Ikatan Widyaiswara Jateng di http//:iwijateng2.wordpress.com.

Asyik ya….terus terang saya merasa bahagia melihat makin populernya media internet di kantor kami….bagaimana dengan Anda….?! Nggak ngaruh ya…..?! Saya cuman pamer ya….?! Boleh….boleh…..jika itu pendapat Anda….Tapi, yang jelas…. setelah ini, silakan menikmati sajian kami, para Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, dengan materi yang fresh….up to date…..dan tambah bermafaat bagi Anda khan…..?!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s