Hari Spesial Pasca Lebaran

Berita-berita Televisi kemaren sore dipenuhi dengan PNS-PNS yang mangkir masuk kerja pasca libur lebaran…..Di Pemda Sulawesi Selatan, bahkan, persentase PNS yang bolos kerja mencapai 80 %…. belum lagi di pemda-pemda lain yang diilustrasikan kantor-kantor pemerintah yang kosong akibat banyaknya PNS yang bolos kerja…..Sebuah berita yang cukup memprihatinkan dan sedikit banyak menyoroti kinerja PNS yang memang terkenal ini…..Bagaimana dengan kantor Anda….?! Apakah kemaren juga banyak PNS di tempat kerja Anda yang bolos….atau sekedar izin….?!

Bagi saya pribadi, hari pertama masuk kerja setelah lebaran selalu merupakan hari yang spesial. Maksudnya adalah di hari itu saya selalu menyempatkan diri untuk masuk kerja. Walaupun dalam kondisi apapun (mis. :sakit, capek, untung belum pernah kena sakit keras….) saya akan berupaya untuk masuk kerja. Mengapa demikian….?! Ya….karena di hari pertama masuk kerja pasca lebaran itulah merupakan hari yang paling pantas berma’af-ma’afan dengan seluruh rekan sekerja, baik staf, bawahan maupun atasan. Di hari lain sich sebenarnya bisa juga…..tapi kayaknya gak ada hari yang paling spesial untuk berma’af-ma’afan melebihi hari pertama masuk kerja……

Lantas buat apa kita perlu meminta ma’af sama rekan sekerja….?! Jelas sekali to…..wong kita bergaulnya tiap hari juga sama mereka….bahkan mungkin interaksi tersering ya sama mereka daripada sama orang kampung…..dan tentu saja gesekan-gesekan, baik kecil maupun besar…..baik sengaja maupun tidak sengaja……pastinya sering terjadi. So….di hari yang masih mambu-mambu lebaran ini waktunya kita saling minta maaf…..dengan ikhlas…..kosong-kosong….ra ketang bar ngono baleni maning gawe dosa baru…..gak pa-pa….namanya juga orang hidup….punya emosi….juga ambisi….but sing penting saiki njaluk sepuro sikik…..yo to….?!

Yang paling indah lagi, ada suatu kebiasaan di kantor saya yang kayaknya sudah jadi tradisi, yakni acara halal bihalal…..ya….sehabis apel pagi bersama, seluruh staf dikumpulkan di Auditorium diberikan ceramah rohani….dan setelah itu diadakan acara salaman bersama….serta diakhiri dengan makan opor bersama…..sseeeddaaapp…..Dan yang lebih indah, ikut diundang pula dalam acara itu para karyawan Badan Diklat yang telah pensiun sebagai tamu utama untuk ikut acara halal bihalal bersama…..Anda bisa bayangkan bagaimana meriah dan akrabnya suasana yang terjalin saat itu……Dan yang paling penting, tanpa kudu sowan satu per satu, kita telah berma’af-ma’afan dengan hampir seluruh staf kantor….. dan inilah yang menurut saya spesial itu…..dan moment ini bener-bener tidak akan pernah saya lewatkan…..apalagi sampek bolos kerja segala…..

Bagaimana dengan kantor Anda….?! Apakah ada acara halal bihalal seperti kantor saya…..?! Kalau belum mbok diadakan di tahun depan…..atau minimal usulin pada pimpinan agar diada-adain-lah…. soalnya disamping nilai agamis yang ada…..acara halal bihalal dihari pertama itu sangat dinantikan banyak karyawan, tidak hanya oleh saya saja koq….gak percaya….?! Buktinya kantor saya selalu ramai pada hari pertama masuk kerja pasca lebaran………alias gak banyak yang bolos pada hari itu…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s