Trimakasih Jepara…..

Akhirnya rangkaian kegiatan mengajar saya selesai juga….terhitung 1 bulan aku ngekos di Jepara buat ngelaksanain rangkaian diklat….mulai Diklat AKD sejak 12 sampai 17 November….berhenti satu minggu…njur dilanjut Diklat PRA sebanyak 2 angkatan dari tanggal 26 November sampai dengan 18 Desember 2007….sebuah kegiatan diklat yang panjang….melelahkan…membosankan….tetapi juga cukup menyenangkan….apalagi saya mengajar tidak sendirian….melainkan secara team dengan model “Team Teaching” with Mr. Adi Wahyudi dan Mr. Yatno Isworo…. teman widyaiswara sekaligus dua sahabat baikku yang menyenangkan…….

Ada banyak kenangan yang tertinggal kala kita tinggal di suatu kota dalam waktu yang lama…..Walau demikian saya sempat mengalami kejenuhan yang amat sangat menjalani kehidupan itu ”wira-wiri” Semarang-Jepara….hingga saya sempat memutuskan istirahat gak ikut kegiatan PKL pada angkatan I guna mendekatkan diri pada my fammily again…sekaligus buat nyari variasi hidup…but ternyata itu saja tidak cukup buat ngusir kebosanan saya….hingga pada minggu terakhir saya di Jepara banyak dihabiskan di kamar hotel…gak keluar-keluar and jalan-jalan seperti seringkali saya lakukan pada minggu-minggu pertama di Jepara….

phot0035.jpg

Terlepas dari kejenuhan yang menjadi sad side of my story…..banyak pula hal indah yang aku dapatkan….Salah satunya rekor mengajar yang banyak tercipta dan terpecahkan di Jepara….terakhir minggu yang lalu, aku mulai datang ke Jepara hari minggu malam dan baru sampai di Semarang pada Sabtu sore atau dihitung-hitung aku telah mengajar secara terus menerus selama 42 jam pelajaran terus menerus….walau harinya lama tapi jamnya sedikit ya…soalnya jam pelajaran seharinya hanya dijatah 7 jam pelajaran sich…. hingga memperpanjang masa tinggalku di Jepara…..padahal idealnya sich satu hari bisa sampai 10 JP (selesai jam 16.00) sampai dengan 12 JP (selesai jam 17.45)…. biar bisa menurunkan hari pelaksanaan yang bermanfaat bagi penghematan cost pada sektor konsumsi, yang biasanya merupakan cost diklat terbesar….

Hal lain tentu saja dapat temen-temen baik dari peserta diklat akibat lamanya kita ber-interaksi pada setiap harinya…..
1. Pada Diklat PRA angkatan I, ada Pak Bambang & Pak Winoto (teman minum es teh di warung depan Balai Desa Kaligondang), juga Pak Yoto dan Amin Suadi yang sregep, Pak Hutomo yang Kritis.
2. Pada Diklat PRA angkatan II, ada Pak Joko Wahyudi, Joko, Pak Santoso, Pak Arief (thanks atas pengalaman indahnya saat mbikin transek di Kaligondang… sudah nyusuri sawah, kejeblos lumpur kali, ples dikejar anjingnya juga), Pak Sumarsono yang rajin, Pak Sugeng yang sok Hitech, Pak Harsono “the bos”, Bu Woro, Bu Endang…..
3. Juga Pak Slamet R. perangkat Desa Kaligondang yang sempet nganter kita transek….trims atas petunjuk jalannya yang bikin sepatuku kotor kabeh….
4. Juga para panitia…mulai Ka UPT Diklat Pak Slamet Budi, Bendaharane Mas Budi Sulis, juga para panitia lain…mulai dari Anwar Sadat, Abdul Mu’id, Nur Hasyim, Wasito, Kunawi, Suryadi, Fuad….Trimaskasih atas liburannya di “rumah simbah” di Prima Sangkanhurip Kuningan….yang bener-bener menginspirasi model sebuah desa wisata….
5. Mas Budi, Pak Sugiyanto “the koes plus man” plus Mbak Lastri temen karaoke-an selama perjalanan pulang Kuningan-Semarang

6. Pak Rasyid Anwari, Kepala BPP Cilimus yang begitu bersemangat dan komitmen dalam bekerja….thanks atas resep-resep budaya kerjanya….jangan lupa dengan melakukan kaderisasi ya Pak…..Jangan sampai karya Bapak tidak ada yang meneruskan…..

Rekor terakhir adalah masalah ‘salary’ yang bikin segala capek dan jenuh ilang…. pokoknya diatas perkiraanku dah….bikin kaget…surprais berat….dan tentu saja merupakan sebuah rekor lagi dari segala prestasiku……Besarnya….?! Rahasia….pokoknya cukup besar kalau menurut ukuranku……yang jelas bikin ngarep-ngarep agar diundang lagi….he…he…he…Tapi selain daripada itu….kita-kita merasa sangat dihargai sebagai seorang widyaiswara….dan itu yang lebih penting….!! Dan hal itu rasanya lebih abadi daripada sekedar nominal ”salary” yang ukurannya begitu relatif……

Terakhir, trimakasih Jepara…..kapan-kapan kita bertemu lagi….tapi yang jelas pengalaman sebulan mondok di Jepara di akhir 2007 ini bener-bener tak terlupakan…. bahkan bikin aku merasa Kota Jepara sudah layaknya kotaku sendiri…terutama kamar 108 di hotel Kalingga yang gak bikin aku takut….hingga bikin tidurku cukup nyenyak selama di Jepara….. Dan yang paling penting….Alhamdulillah aku bisa mengakhiri kegiatan yang begitu padat pasca lebaran dengan sehat wal’afiat…..

phot0024.jpg

Iklan

3 responses to “Trimakasih Jepara…..

  1. Mas, foto-foto yang ada di tulisan ini, tempatnya di mana? Ini di hotel Kalingga Jepara? Soalnya istri saya tertarik dengan tempatnya. Terima kasih.

    Budi Gunanto

  2. EH SMPAIAN MENGAPA ORA APEL TUJUHBELASAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s