Apakah Anda Seorang Quantum Teacher ?

“Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka” (Asas Quantum Teaching)

Jadwal mengajar pertama kali telah ditetapkan, yakni mengajar Manajemen Perkantoran Modern pada Diklat Prajabatan Golongan I dan II. Ada sedikit gundah tersendiri saat mengetahui jadwal mengajar saya tersebut. Pertama, saya harus mengajar materi Manajemen Perkantoran Modern yang cukup membosankan karena materi itu merupakan sesuatu rutin yang kurang menarik. Yang kedua, harus ngajar CPNS golongan I dan II apalagi dari honorer yang menurut pengalaman susah diajak diskusi….hingga aku harus belajar metode-metode pengajaran lain yang lebih menarik dan tidak bikin peserta ngantuk…

Untukmenghilangkan gundah gulanaku….tak buka-buka lagi buku “Quantum Teaching” milik Bobbi De Porter Cs yang emang jarang kubaca (saya termasuk manusia yang suka ngoleksi buku….walau sayangnya kadang gak kebaca). Tujuannya buat nyari-nyari metode pembelajaran yang cocok buat ngajarin materi perkantoran….Disitu disamping nemu asas Quantum Teaching diatas, ada suatu hal yang menarik yang dikemukakan yakni bahwa sertifikat mengajar yang didapat seseorang itu hanyalah bukti formalitas saja. Dalam dunia guru-murid, hak mengajar yang sesungguhnya diberikan oleh sang murid dan Anda harus dapat meraihnya. Maksudnya adalah muridlah yang akan memutuskan layak tidaknya Anda menjadi pengajar mereka. Oleh karena itu Anda harus dapat mengambil hati sang murid….yaitu dengan cara mengaitkan apa yang Anda ajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan nyata para murid. Dari situlah Anda akan ‘mendapat izin’dari sang murid untuk memimpin, menuntun, dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran baru dan penerapan ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Ada 5 prinsip yang menjadi dasar Quantum Teaching (agak susah dimengerti karena penuh filsafah yang agak dalam atau karena buku terjemahan ?!), yaitu :
1. Segalanya berbicara, baik lingkungan kelas, bahasa tubuh Anda, tugas-tugas yang Anda berikan semuanya harus mengirim pesan tentang belajar.
2. Segalanya Bertujuan, maksudnya apapun yang Anda lakukan di kelas harus memiliki tujuan
3. Pengalaman sebelum Pemberian Nama, maksudnya kaitkan segala strategi pembelajaran dengan apa yang dialami sehari-hari peserta
4. Akui setiap Usaha, hargai dan beri pujian yang membesarkan hati para murid saat selesai melaksanakan tugas belajar, mengingat belajar merupakan pekerjaan sulit yang berarti mengorbankan kenyamanan seseorang.
5. Jika Layak Dipelajari maka Layak Pula Dirayakan, perayaan usai sesi pembelajaran akan memberi emosi positif bagi para sisiwa.

Untuk lebih memperjelas pengertian prinsip Quantum Teaching diatas, saya tampilkan ciri-ciri seorang pengajar yang merupakan Quantum Teacher, sebagai berikut :
a. Antusias : menampilkan semangat hidup (mengajarkan agar selalu berupaya dengan cara terbaik walau sulit sekalipun)
b. Berwibawa : menggerakkan orang (bisa membujuk siswa untuk mau melaksanakan materi)
c. Positif : melihat peluang dalam setiap saat (maksudnya maybe selalu berusaha meyakinkan siswa manfaat materi yang sedang dipelajari kali).
d. Supel : mudah menjalin hubungan dengan beragam siswa
e. Humoris : berhati lapang untuk menerima kesalahan (termasuk widyaiswara boleh salah tetapi gak boleh bohong kali)
f. Luwes : menemukan lebih dari satu cara untuk mencapai hasil
g. Menerima : mencari dibalik tindakan dan penampilan luar untuk menemukan nilai-nilai inti
h. Fasih : berkomunikasi dengan jelas, ringkas dan jujur
i. Tulus : memiliki niat dan motivasi positif
j. Spontan : dapat mengikuti irama dan tetap menjaga hasil
k. Menarik dan Tertarik : mengaitkan setiap informasi dengan pengalaman hidup siswa dan peduli akan diri siswa
l. Menganggap siwa mampu: percaya akan dan mengorkestrasi kesuksesan siswa
m. Menetapkan dan Memelihara Harapan Tinggi: membuat pedoman kualitas hubungan dan kualitas kerja yang memacu setiap siswa untuk berusaha sebaik mungkin

Banyak ya…..terlalu teoritis…..susah dicerna maknanya…..dan sulit dilaksanakan….walau bukan tidak mungkin…!! Saya sendiri masih merasa belum sepenuhnya menjadi seorang Quantum Teacher….Buktinya, belum-belum saya sudah gundah gulana…..Tapi hidup khan dinamis dan selalu berkembang positif…. so…masih banyak waktu buat memperbaiki diri…..

Iklan

One response to “Apakah Anda Seorang Quantum Teacher ?

  1. Terima kasih atas coretannya, kebetulan saya juga WI Muda di BKPP Aceh, baru empat tahun…..tip-tip pak Luthfie dalam weblog ini memberi inspirasi buat saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s