Bekerjalah Dengan Cinta

Ya….cinta adalah passion…..gairah. Dan sungguh beruntunglah orang yang dapat bekerja dengan cinta…karena bekerja baginya adalah sesuatu yang menggairahkan, menyenangkan, penuh tantangan…..tak pernah ada bosan dihatinya karena selalu ada hal menarik yang ditemukannya pada tugas pekerjaannya…..layaknya orang yang jatuh cinta…Walau mungkin pekerjaannya menurut orang lain bukanlah pekerjaan yang menarik (emang tarik tambang), bukanlah tempat yang ‘basah’ (emang di kali), bukan juga tempat yang banyak ‘sabetannya’ (emang jaranan)…semuanya jadi gak penting jika kamu mau bekerja dengan cinta….bahkan walaupun jika kamu sudah kadhung cinta….ternyata malah di mutasi ke bagian lain…..Ya….gak pa-pa….mutasi itu hal biasa di kehidupan PNS….tinggal nyoba nyintain lagi pekerjaan yang baru to….?! Orang Jawa bilang khan ‘witing tresno jalaran soko kulino’….jadi anggap saja mutasi itu layaknya kita dijodohin dengan orang lain…..

Bekerja dengan cinta sebenarnya sudah sempat saya singgung dalam tulisan-tulisan terdahulu….tetapi gak ada salahnya, di hari valentin ini kita kembalikan semangat cinta pada pekerjaan kita….ya…mau kemana lagi kita salurkan luapan emosi cinta kita kalau bukan pada pekerjaan….pada anak sudah tentu…pada istri apalagi….pada istri orang….ah… PNS tak banyak cukup uang untuk melakukan hal-hal yang malah bikin tambah susah….sudah boros….bikin tambah pusing….emang kita gak ada kerjaan lain selain ngurusi ‘selingkah-selingkuh’….?! emang kita gak punya hobby lain disamping hal yang ‘trend itu apa…..?! Dunia ini begitu luas….bervariasi…so…banyak hal lain yang dapat kita pilih untuk menyalurkan energi cinta nan meluap di hari valentin ini….salah satunya ya cinta pada pekerjaan……

Lalu bagaimana kita dapat mencintai pekerjaan kita….?! Gampang…..tinggal diinget-inget saja saat-saat indah kita jatuh cinta dahulu….wah udah lupa tuh….udah lama banget pak….?! Yo….wes….mari kita inget-inget bersama rasanya jatuh cinta nan sejuta rasanya…sekalian kita hubungkan dengan cinta terhadap pekerjaan kita.

1. Langsung tertarik. Pernahkah Anda jatuh cinta pada pandangan pertama….awak adhem panas, jantung deg-deg plas gak karuan saat bertemu sang pujaan hati…. Ya…gak perlu seheroik itu lah untuk jatuh cinta dengan pekerjaan kita….gak perlu langsung tertarik….cukup dengan berusaha tertarik saja dulu…..berusaha termotivasi….namanya juga dijodohin…..sing penting kerja dulu cinta kemudian….

2. Pengen Kenal. Sebagaimana laiknya orang yang jatuh cinta….pastinya kita pengen mengenal lebih dekat dengan si dia….pengen tahu segala sifatnya, kesenangannya, kekuatan dan kelemahannya tanpa maksud mempersepsi….Begitu juga dengan pekerjaan kita sebagai PNS…..jika kita mencintainya, minimal kita tahu dong tugas pokok unit kerja kita…apalagi kalau tahu dengan lebih mendalam…pastinya asyik kita dalam bekerja…bisa tenang, gak takut mendapat kesulitan dalam pekerjaan…..

3. Selalu Ingin Tahu. Naaaa…. setelah kenal, ya pastinya kita pengen tahu lebih mendalam tentang seluk beluk pekerjaan kita….bukan hanya tugas pokok pada saat ini saja….tetapi juga tantangan ke depan….namanya juga cinta….pasti pengen tahu dong prospek pengembangan pekerjaan kita di masa mendatang…minimal buat nyiapin diri dengan kompetensi-kompetensi yang diperlukannya….

4. Ingin Selalu Bertemu. Laiknya orang jatuh cinta…pastinya kita pengen selalu ketemu…..minimal untuk apel pagi….atau kalau kita sedang berhalangan untuk apel…ya…..tetep saja msuk kerja walau terlambat dan tetep dihitung gak apel…. Bahkan sangking cintanya nii….Sabtu-Minggu kadang-kadang kita sempatin mampir ke kantor….buat nengok-nengok kantor lah…siapa tahu ilang…..enggak ding…..yang jelas rasanya rindu deh kalau kita gak masuk kantor dalam sehari….

5. Selalu Ingin Dekat. Kalau ini kelanjutan yang selalu ingin bertemu tadi….. pokoknya ala orang jatuh cinta…pendek kata pengennya ngglibeeet saja….datang pagi-pagi…..pulang sore…..bahkan kalau perlu nglembur-nglembur….Dan yang penting selama jam kantor…gak ada niatan untuk keluar, walau sekedar sarapan…. atau malah jalan-jalan ke mall-mall….buat apa…?! Buang-buang waktu saja pake jalan-jalan ke luar kantor….emang di luaran lebih enak daripada di kantor yang hangat dan banyak teman……

6. Selalu Ingat. Selalu ingat itu maksudnya mencurahkan segenap energi and fikiran pada tugas pekerjaan….Bahkan jika ada persoalan pekerjaan kantor yang belum terpecahkan…pasti fikirannya sampai kebawa-bawa sampek ke rumah….Bukan untuk apa-apa….melainkan untuk penyelesaian pekerjaan yang berkualitas…. semakin baik…..dan semakin baik dari waktu ke waktu…..

7. Pengen Memiliki. Ini sedikit gawat juga….mengingat PNS itu pada dasarnya harus siap ditempatkan dimana saja….setiap saat harus siap dimutasi….so….jika kamu merasa begitu memiliki pekerjaan kamu sekarang, khususnya kantor kamu ples segala sesuatu yang ada didalamnya….ya….harus ingat bahwa mungkin dengan cinta kamu kantormu akan lebih baik….tetapi mungkin jika kamu suatu saat harus pergi (karena mutasi atau malah promosi….) yakinlah bahwa itu juga demi kebaikan kantormu juga…..jangan sampai kantormu itu begitu tergantung pada dirimu semata….soalnya kalau kamu pergi maka kantormu akan ikut hancur….so….kuncinya adalah bersedia membagi pekerjaan, pengetahuan, ketrampilanmu pada trekan yang lain….mengembangkan team working…dan manajemen partisipatif…..

8. Menerima Apa Adanya. Sebagai seorang yang mencintai….hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima apa adanya…..walau kantormu yang baru (misalnya) tak sebaik kantormu yang lama….sebagai misal, manajemen yang kacau, pimpinan yang otoriter, atau rekan yang bermotivasi rendah…..Jangan merasa putus asa apalagi nglokro sebelum berbuat sesuatu…..Mungkin Anda lah yang dibutuhkan kantor tersebut untuk berubah….so….cobalah menatap ke depan….lupakan masa-masa indahmu di kantor yang lama…..dan mulailah untuk mencintai kantormu yang baru apa adanya…..

9. Berusaha Agar Dia Lebih Baik. Setelah langkah pertama, terima apa adanya, Anda lakukan…..langkah berikutnya adalah berusaha untuk memperbaiki keadaan….Kalau kita punya pasangan hidup yang mungkin ndeso, gak bisa dandan, atau wajahnya biasa-biasa….yang kadung kita nikahi….masak kita yo trimo saja….Pastilah kita akan berusaha untuk memperbaiki penampilannya…. minimal ben gak ngisin-ngisini kalau diajak jalan bareng…..Begitu juga yang harus kita lakukan pada kantor kita yang memprihatinkan……cobalah untuk memperbaikinya…..saya tahu itu tidak mudah dan memakan banyak waktu…..tetapi bukan tidak mungkin…..Dan saya yakin, jika Anda termasuk PNS dengan kompetensi yang tinggi…..pastilah akan mampu memperbaikinya….!!

10. Berusaha Selalu Memberi. Kata orang sih mencintai itu berarti memberi….tanpa hasrat untuk meminta…..So….sebagai seseorang yang mencintai pekerjaan Anda maka berikanlah segenap tenaga, fikiran, pengetahuan, ketrampilan, motivasi, kreatifitas…..semuanya untuk pekerjaan Anda. Waduh Pak…..di kantor saya susah untuk mencari uang tambahan….atau pimpinan saya masih sukanya memberi honor sama rasa sama rata….baik yang rajin atau yang males sama saja…..Jadi rugi dong jika kita mati-matian bekerja…..Yah…..hanya satu nasehat saya….jika Anda benar-benar mencintai pekerjaan Anda….maka ingatlah bahwa cinta adalah memberi….

11. Pengen Melindungi. Kita tahu bahwa organisasi pemerintahan kita memiliki citra yang jelek di mata masyarakat…..Tidak profesional, lamban, gagap teknologi, lebih suka mempersulit daripada mempermudah, orangnya malas-malas, suka bolos kerja……dan seabreg predikat buruk lainnya. Tentu saja sebagai orang yang mencintai pekerjaan Anda pastilah ingin selalu melindungi nama baik PNS…. Untuk itu Anda tak perlu harus berteriak-teriak untuk membela kehidupan PNS Anda…..cukup dengan perilaku yang santun, ramah, menjunjung tinggi prinsip pelayanan prima, serta yang paling penting…. berusahalah semaksimal mungkin untuk menghindari penyakit-penyakit yang bisa menghancurkan nama baik aparat pemerintah…..yakni Korupsi, Manipulasi, Kolusi, Nepotisme…..

12. Sedih Saat Dia Sedang Kesusahan. Sebagai seorang yang mencintai pekerjaan…. maka sudah selayaknya kita merasa sedih jika pekerjaan kita tidak dapat berjalan dengan lancar…..Sebagai contoh jika kita punya atasan yang kurang berdisiplin kitanya bukan malah ikut-ikutan enak-enakan alias gak berdisiplin juga…..Jika kita punya sarana dan prasarana yang tidak memadai…..bukannya berusaha tetap bekerja dengan baik….malah enak-enakan saat lsitrik sedang mati misalnya hingga komputer ndak bisa dipakai…..dan sebagainya….dan sebagainya…..

13. Berusaha Untuk Setia. Kesetiaan disini erat kaitannya dengan loyalitas kita sebagai seorang PNS….Seperti kita tahu banyak profesi lain di luar PNS yang mungkin menawarkan pengahasilan yang lebih tinggi dari PNS….Dan harapan saya kesetiaan sebagai PNS itu bukan dikarenakan Anda tak ada pilihan lain….. alias gak payu jika bekerja di sektor lain tersebut….melainkan semata-mata karena Anda benar-benar pengen mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara….dan itu akan lebih tinggi nilainya daripada hanya sekedar salary yang gedhe….

14. Gembira saat Bersamanya. Harusnya kalau Anda mencintai pekerjaan Anda, pastilah Anda bergembira jika sedang di kantor…bukan malah stress atau sedih….Mangkanya biar gak stress….desainlah ruang kantor Anda dengan lebih menggembirakan…..lengkapi dengan internet kalau perlu….juga bina hubungan baik dengan temen-temen sekantor…pendek kata, jangan biarkan suasana kantor itu muram, menjemukan, membosankan, bikin stress, bikin capek deeh….Soalnya jika suasana kantor demikian menyedihkan, Anda pasti akan mencari tempat lain yang lebih menyenangkan…..dan itu akan tambah menyedihkan jika dilakukan saat jam kantor……

Iklan

One response to “Bekerjalah Dengan Cinta

  1. 100% benar pak. Kalo beberapa dari 14 poin itu diterapkan enjoy juga kita bekerja. Yang jelas akan saya coba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s