Widyaiswara Harusnya Tidak Hanya Sekedar Mancal….

Widyaiswara ki ming kari mancal.gak ngerti repote pejabat struktural….mulai dari ngusulin biaya diklat….nyusun dokumen perencanaan…. Sampai ngelaksanain, termasuk dari ngatur jadwal, ngurusin makanan, penginapan, ngatur honor, ngevaluasi, sampai nyusun kurikulum, nyari fasilitator, nyari binsuh….dan masih banyak yang lainnya….pokoke kalo staf dan pejabat struktural itu banyak kerjaan…widyaiswara ming tinggal ngajar….dapat honor dan pulang…..enak betul…..

Demikianlah kalimat nyelekit yang seringkali kudengar tentang sosok seorang widyaiswara….Ya…gak bisa sepenuhnya disalahin juga sich….karena memang ada juga tipe widyaiswara yang seperti itu….Bagaimana dengan diriku…?! Waduh akunya pasti protes berat jika dikatain seperti itu….soalnya mulai habis lebaran sampai sekarang aku hanya sempat menikmati liburan singkat di Yogyakarta pas libur hari Natal kemaren…. Setelah itu, kayaknya ada aja yang harus kulakukan buat ngisi hari-hariku….

Heran juga aku dengan kondisiku sekarang…beda banget dengan tahun kemaren kayaknya….soalnya tahun kemaren khan akunya bisa nyantai-nyantai….ngeblag-ngeblog dengan bebas sampai sekitar maret…bahkan sampai Juni-Juli juga masih nyantai….apalagi puasa malah blas gak ada kegiatan….Tapi lihatlah saat ini….bahkan sampai saat posting ini aku masih sakit batuk-flu karena kecapekan….Lalu apa saja kegiatanku yang bener-bener menguras tenaga itu…?!

1. Awal tahun, aku sudah disibukkan dengan acara mbikin kuesioner untuk kegiatan diklat Prajabatan golongan I, II dan III. Kegiatan ini baru berhasil kuselesaikan secara sempurna setelah akhir Januari karena akunya juga diminta untuk mbikin bank soal biar soalnya banyak….so….setiap mata pelajaran harus tak susun minimal 50 soal…. Belum lagi aku juga harus ngoreksi kuesioner yang dibuat oleh rekan widyaiswara lain….terutama menghilangkan soal yang mudah ditebak jawabannya…sekaligus mithati mana soal yang pastes diberikan pada golongan I dan II dan mana yang khusus hanya untuk golongan III….

2. Mbetulin bahan ajar utamanya updating power point agar selalu fresh…. sekaligus merancang game-game baru, pola-pola diskusi baru….. untuk mengantisipasi penambahan jam pelajaran (dari 6 JP menjadi 9 JP) bagi peserta diklat prajabatan yang berasal dari tenaga honorer….

3. Lalu ngajar-ngajar Diklat Prajabatan golongan I dan II yang sampai hari ini sudah mencapai puluhan….yang bikin capek berat…ples cukup mengherankan juga dengan jatah ngajarku yang banyak itu…..

4. Nyusun kuesioner evaluasi Pra Diklat yang diadakan oleh Bidang Renjibang…. Entheng….sudah biasa kulakukan karena gawean lawas…..

5. Ngrancang kurikulum diklat untuk Diklat Pembangunan Perkebunan bagi penyuluh pertanian yang akan buka hari ini….sempat wira-wiri Badan Diklat-Dinas Perkebunan buat matengin konsep….kemudian nyusun bahan ajar Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian yang menjadi bagianku….sempat bikin stress dan gak dapet-dapet idenya yang pas….dan baru semalem selesai….

6. Ngrancang bahan ajar manajemen kelas buat ngajar di TOT Prajab Pemberantasan korupsi….yang bikin bangga karena kaunya yang masih junior ini diberi kesempatan aktualisasi diri…bahkan rencananya terus nyambung dengan TOT Prajab Mind Setting dan Good Governance dengan materi Komunikasi dan Teknik Presentasi yang bener-bener bikin bangga…walau capek juga buat nyusunin bahan ajarnya…..Bahkan powerpoint-nya pun belum kubikin…

7. Belum lagi kita mbantu nyusun kurikulum Diklat Pestisida Alami yang sampai sekarang masih macet…karena kurang koordinasi…tapi jelas bikin kerjaan lagi…dengan bahan ajarnya juga…..

8. Bahkan terpaksa buat ngurangi kerjaan aku minta tukeran materi dari Teknik Penyusunan Laporan ke Analisis SWOT pada Mr. Adi…..mengingat aku belum pernah ngajar teknik pelaporan itu…

9. Minggu depan aku juga sudah harus nyiapain diri meluncur ke Kabupaten Cilacap buat ngajar Manajemen Perkantoran Modern yang mbosenin itu….bukannya takut pesertanya tertidur….melainkan jaraknya yang begitu jauh dan bikin capek….ples denger-denger pesertanya ada 100 orang…..bikin susah ngajar interaktifnya….

10. Ke depan yang sudah menanti untuk ditangani adalah ikut ngusulin diklat-diklat fungsional yang nyampai sekarang belum sempat tak tangani…

11. Yang jelas jika acaraku ngeblog agak banyak bolong-bolongnya ya…harap maklum karena lagi sibuk banget ni….bahkan sampek sakit-sakit segala…walau gak begitu berat….

3 responses to “Widyaiswara Harusnya Tidak Hanya Sekedar Mancal….

  1. yuli bin abdoel roni

    Assalamu’alaikum…pak Luth.
    Mt nuwun sanget setelah baca tulisan bapak,–next time jadilah itu sebuah bekal dari kampiun muda WI. So.. orang spt saya yang mau ke WI sering gak tahu arah tujuan. Tapi kini berkat pak Luthfi, pak Adi Wahjudi dan pak Isworo ehhh.. malah makin kuat aja keinginan2 itu. Semoga bapak sering2 menulis perihal ke-WI-an. Makasih pak, arigato ghosaimas, Nuwun. Wassalamu’alaikum. Bravo Badan Diklat Provinsi Jateng.—–JEPARA menunggu kehadiran bapak.

  2. Jane semua gawean ki podho kabeh Pak.. Nek nawaitu-ne ikhlas gak ono gawean sing abot
    Jare wong jowo ki “wang sinawang”..
    Semoga gak ada lagi orang yang membanding2kan pekerjaan antara struktural n fungsional (WI)

  3. Sukses Pak. Perkenalkan saya rustam effendie. Saya Widyaiswara dari Provinsi Kalimantan Tengah yang sekarang dalam masa orientasi atau CPNS Calon Widyaiswara. Saya senang bisa membaca blog ini. Semakin menambah kaya informasi yang penting bagi saya untuk menekuni Profesi Widyaiswara.

    Matursuwun Pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s