Berguru Sampai ke Negeri Betawi

Baru hari ini saya bisa ngeblog setelah mungkin absen sampai beberapa hari…..bukan apa-apa melainkan karena saya memang kesulitan untuk mendapatkan koneksi internet di sebuah kota yang katanya menjadi pusat segala pusat informasi yang ada di negeri ini yakni Jakarta yang kata ‘Bang Doel’ sering disebut sebagai Betawi….Sekali lagi bukan karena Jakartanya yang sulit, melainkan saya sendiri yang kelihatan katrok dengan segala keramaian Jakarta ples dengan macet-macetnya itu…..Ibarat wong ndeso yang gak ngerti lor-kidul hingga nyari warnet pun gak ketemu-ketemu…..(ini juga ketemunya akhirnya di ruang internet yang ada di tempat nginepku juga……walah….!!) kalo sudah begini, saya bener-bener menyesali diri dengan pekerjaan menunda-nundaku buat melengkapi my laptop dengan teknologi koneksi portabel via handphone yang sudah menjamur itu….yang kalo difikir-fikir itu terjadi bukan karena gak ketemu dengan teknologinya juga, melainkan karena saya yang PNS ini juga masih suka yang gratisan alias makek internet fasilitas kantor he…he…he….

Berguru sampek ke Negeri Betawi….?! Koq dekat amat Pak….?! Ya….gak pa-pa lah, wong namanya berguru itu bukan masalah jauh dekatnya to….Yang penting khan bergurunya, nyari ilmunya….apalagi saya nyari ilmunya khan juga di sebuah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang katanya gudangnya ilmu-ilmu administrasi ….yakni di Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI), sebuah lembaga pemerintah yang bertugas membina para lembaga kediklatan milik instansi pemerintah di seluruh Indonesia….sekaligus pusatnya diklat-diklat tingkat tinggi, yang saat aku disana ternyata di gedung yang aku tempati buat nginep, yakni di Graha Wisesa, juga sedang dilaksanakan diklat kepemimpinan tingkat II dan tingkat I (kalo diklat pim tingkat II sih kitanya biasa nyelenggarain dengan peserta para calon Kepala Dinas, tapi kalo Pim I siapa pesertanya ya…..?!). Kenapa saya katakan Negeri Betawi…..Padahal Betawi khan Indonesia juga….?! Yeah buat sedikit nggambarin betapa megahnya Ibu Kota Jakarta itu…..hingga saat pertama kali saya menginjakkan kaki di kota Jakarta (saat dewasa) sekitar tahun 1998…. saya yang dari Kota Kediri ini merasa banget jadi anak kampung…..apalagi saat melihat gedung-gedung yang tinggi ples lingkungat kota, utamanya di jalan-jalan protokol yang sangat bersih, indah dan tertata rapi itu, membuat saya serasa berada di luar negeri (walau saat kita masuk ke yang bukan protokol, seperti di sekitar lokasi komplek LAN-RI, kadang malah kita temui kampung-kampung ples Rusun-Rusun kumuh yang menyedihkan juga hi….hi….hi….).

Bagi saya sendiri pun, yang namanya nuntut ilmu sebenarnya bisa dimana saja…..tidak harus mengikuti diklat. Walaupun demikian….saya sendiri tetap merasa sesuatu yang beda jika kita nuntut ilmunya via sebuah diklat…..lebih greng gitu mungkin. Yang paling greng saya rasakan adalah saat bulan februari 2004 lalu, yakni saat saya mengikuti diklat kewidyaiswaraan berjenjang tingkat pertama yang kebetulan di Jakarta juga….yakni tepatnya di hotel Graha Wisata yang sekarang sudah almarhum akibat dirobohkan….disitu saya mengalami perubahan sikap yang cukup signifikan, utamanya ketertarikan saya pada ilmu-ilmu pendidikan orang dewasa yang ternyata menarik dan kayaknya cocok dengan pribadi saya….Buku-buku seperti Accelerated learning, Hand Book of accelerated learning, Quantum Teaching kemudian menjadi buku-buku favorit saya setelah itu…. Terus terang saya waktu itu tertarik dengan model pembelajaran orang dewasa yang ternyata tidak harus berisi ceramah melulu….tetapi juga model-model pembelajaran lain yang lebih menarik….seperti melalui game-game, cerita-cerita, peragaan-peragaan yang intinya lebih memotivasi siswa daripada sekedar membekali siswa dengan pengetahuan dan ketrampilan semata…..

Pengalaman lain yang menarik juga saya dapatkan di Jakarta, saat saya harus mengikuti Diklat Cisco-Router di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) selama setengah bulan….Satu yang berkesan dari saya adalah suatu kenyataan bahwa saya ternyata tetap manusia biasa yang penuh dengan kelemahan….Saya yang waktu itu selalu berprinsip bahwa setiap ilmu akan bisa saya kuasai jika saya mau, terpaksa harus menyerah dan dipaksa harus mengakui bahwa saya masih seorang manusia bodoh yang tak berdaya dihadapan ilmu-ilmu komputer jaringan…..Kalau semasa kuliah saya bisa membalikkan diri dengan sukses….yakni dari ilmu-ilmu biologi peternakan saat S1 menjadi seorang agribussinesman yang cenderung pada ilmu-ilmu ekonomi mikro saat S2…..dan bahkan mulai menapakkan diri pada ilmu-ilmu administrasi manajemen dan sedikit ilmu motivasi saat mulai bekerja di bidang kediklatan…..Saat nyoba menaklukkan ilmu komputer jaringan (yang waktu itu diajar bang Rommy juga…..) harus menyerah tak berdaya…..walau buku-buku sudah tak beli buat memahami tuh ilmu tapi tetep saja aku gak paham-paham…..hingga bisa dikatain sedang beternak router daripada belajar Cisco-Router…….

Bagaimana dengan sekarang…..?! Kayaknya yakin bisa deh dengan ilmu yang akan aku pelajari……soalnya masih berhubungan erat dengan yang biasa kuajarkan setiap hari….yakni masalah komunikasi, data serta informasi……gampang…..Ada PKT juga sih, ilmu baru yang belum pernah kupelajari….tapi kalau cuman tool manajemen dan penuh dengan permainan logika…..koq kayaknya gak susah-susah amat….apalagi saya sudah pernah ngajar SWOT lagi…..Ya…..tinggal memperdalam-memperdalam saja lah…..Tapi yang jelas akan banyak topik menarik yang dapat saya ceritakan bagi kalian……jadi sabar saja ya…….

2 responses to “Berguru Sampai ke Negeri Betawi

  1. Ass. Slmt beraktifitas pak Luthfi. Guru pualiiiing kreatif diantara guru-2 kreatif lainnya. Sedikit pengin cari informasi : Buku Quantum Teaching wonten pundi nggih bisa didapat. Di GRAMEDIA udah ada belum Pak ? Mbok saya yang orang ndueso Kauman nJeporo ini dikasih tau. Minimal ngerti tempate selanjutnya kapan-2 kalo pas ke Semarang saya ambil,.. eh beli, semoga Allah memberi kemudahan bagi yuli ini untuk terus MIMPI jadi seorang guru/WI seperti Bapak. Makasih pak, “Tulisan Berguru Sampai ke Negeri Betawi” tak print out aja. Malam nanti tak ulang membaca. Wassalam.

  2. wAH… WAH… saya numpang diajarin ya pak…
    Saya masih… gaptek nih…

    Ini pertama saya kesini….
    Makasi ya… dijinkan bicara

    yanti di http://maaini.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s