Mulailah Hari Anda dengan Bahagia…

Mulailah pagimu dengan baik
Maka seluruh aktivitasmu hari itu akan terasa lebih baik.
Mulailah harimu dengan hati yang tenang
Maka seluruh emosimu akan terkendali. Dari Blog Tetangga

Kata orang sih, jika kita memulai hari dengan bahagia maka kita akan mendapat kebahagiaan di hari itu sampai tutup hari….Bahkan ada yang mengatakan dengan ekstrim bahwa jika kita memulai hari dengan sedih, males apalagi marah…. maka kesialan yang akan kita dapatkan sepanjang hari itu hingga pastilah sepanjang hari itu kita akan selalu penuh kesedihan, kemalesan and kemarahan….Pendapat yang bagus juga sih…buat bikin kita selalu menatap hari-hari dengan positif semenjak pagi hari….walau saya sendiri menganggap hal itu relative alias gak selalu begitu juga…. Karena bagi saya manusia itu bahagia bukan karena startnya tapi diharapkan selama berproses selalu dan selalu mencari kebahagiaan…. Atau dengan kata lain, yang penting bukan startnya tapi endingnya to….?! Tapi yang terjadi pagi ini kayaknya bertentangan dengan prinsipku itu deh….

Semuanya dimulai di hari kemaren yang begitu capek karena harus seharian ikut seminar IWI ples makan yang sedikit kebablasan hingga bikin perut ’mbebeg’….njur saat turun dari kendaraannya om Yatno, ternyata udara Semarang begitu panas hingga bikin kepalaku agak pusing juga….Sudah kucoba buat tidur siang…tapi baru setengah jam sudah bangun hingga bikin badanku tambah gak enak….Hal itu ternyata keterusan sampek malam, hingga aku jadi susah tidur tanpa bisa nglakuin apa-apa yang produktif alias hanya sibuk nglekar sambil melototin acara ”Dangdut Dadakan” sampek hampir jam 11 baru tidur…..Tapi ternyata tidur pun tidak bisa nyenyak, terbukti jam 2-an pagi aku bangun dan baru bisa tidur lagi menjelang subuh…..alhasil saya harus menghadapi hari ini dengan perasaan kurang semangat and capek…..

Berhubung acara utama pagi ini adalah ngikutin worshop ”Pengembangan Minat Baca dan Pemberdayaan Perpustakaan” di Hotel Pandanaran maka biar fresh aku nyoba tidur lagi…. Bangun-bangun ternyata sudah jam 07.30 (acaranya jam 08.30) hingga aku buru-buru makan dan mandi…..but ternyata selesai mandi waktu sudah pukul 08.00 hingga buat memperpendek waktu saya mau berangkat via taksi saja….Dan kesialan saya mulai muncul saat tak ada taksi yang lewat di jalan dekat rumah hingga aku memutuskan buat naik angkot duluan buat nyari taksi….dan ternyata kesialan itu muncul lagi saat taksi yang saya cari baru saya temukan setelah agak jauhan hingga terpaksa saya harus telat waktu sampai di lokasi….walaupun acaranya pun belum mulai juga (biasa…jam Indonesia). Dan kesialan saya kembali terjadi saat saya tidak diberi bahan-bahan worshop oleh panitia….dengan alasan bahannya terbatas…..

Mulai disitu hati saya mulai manyun dengan kondisi itu …..but sebenarnya hati saya bisa saya tenang-tenangin sampai temen sekantor bilang….
”Lho mau ikut worshop koq gak diberi bahan….njur gimana dong….Mbok minta….?! Panitianya gak siap ni….”

Disitu hati saya tambah gak karuan hingga saya kemudian berinisiatif minta bahan-bahan worshop lagi sama panitia dengan meniadakan tas yang juga menjadi kelengkapan worshop (maksudnya minta makalahnya doang gitu…) But jawaban kurang enak kembali harus saya terima….

”ma’af Pak, sebenarnya kami hanya mengundang Badan Diklat itu hanya satu orang saja….tadi bahan-bahannya  sudah tak beri tiga lho….”

Disini saya merasa hari-hariku bener-bener sial dan saya kemudian bener-bener teringat dengan pendapat tentang hari penuh kesialan diatas……hingga celetukan temen saya berikut hampir gak kudengar juga….

”kalau begitu Badan Diklat yang salah….masak yang diundang satu orang…..eh yang diperintahkan 5 orang…..”

Saya waktu itu hanya merasa hari ini kesialan sedang datang pada saya dan yang salah bukan siapa-siapa…..bukan salah yang mengundang…..atau yang memerintahkan datang….. melainkan kehadiran saya disitu lah yang salah….So….saya merasa hanya wisting time and kemudian saya permisi ke toilet sama temen walau setelah itu saya memutuskan cabut…..!! Ya… daripada ikut worshop sambil thingak-thinguk ples gondug, yang gak baik buat kesehatan juga, lebih baik nyari kegiatan lain lah…..MUTUNG…..!!

Demikianlah cerita tentang hari sial saya yang mungkin dikarenakan karena saya memulainya dengan perasaan yang tidak bahagia……Makanya mulailah hari-harimu dengan bahagia agar hidupmu sepanjang hari juga bahagia…..(walau gak betul seratus persen juga sih…. buktinya, begitu saya nyampek kantor…..eh….sudah ada sederet jadwal ngajar yang menanti…..njur internet kantor yang sebulanan mati…ee…hari ini bisa nyala….hingga saya bisa posting juga……)

Terakhir ini ada sebuah tips bagaimana memulai hari dengan semangat, yang tentu saja saya ambil dari blog sebelah juga…..

Mendengarkan Musik
Terapi musik sudah dikenal dapat mengurangi stress dan berefek positif pada kesehatan. Tidak perlu seorang ahli untuk bisa mendapatkan terapi musik ini. Musik akan memberikan energi positif dan ketenangan psikologis. Musik juga bisa mendukung gaya hidup sehat. Misalnya saja musik tenang mendorong Anda untuk melakukan meditasi, yoga. Atau musik yang sedikit nge-beat menstimulasi Anda untuk berolahraga.

Mandi Air Hangat
Mandi dengan air panas membuat otot-otot relaks, dan Anda bisa melakukan sedikit gerakan streching agar tubuh tidak kaku. Streching dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan memungkinkan Anda untuk memulai hari lebih relaks dan tenang. Tentu saja, jika merasa tenang, Anda sanggup mengatasi masalah yang datang hari ini.

Sarapan
Sarapan yang sehat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan memberikan Anda kekuatan untuk menghadapi hari secara fisik dan mental. Tanpa sarapan, Anda akan lemas dan kurang bisa berkonsentrasi. Jadi, pastikan sarapan Anda terdiri dari protein dan buah.

Menulis Jurnal
Menulis jurnal atau blog memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan manajemen stress. Menuliskan peristiwa yang Anda alami setiap hari dapat meningkatkan kualitas diri karena membantu Anda lebih fokus, mengolah emosi dan membantu Anda untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi.

Teh Hijau
Minum secangkir teh hangat terutama teh hijau yang kaya kandungan antioksidan, akan membuat Anda merasa lebih segar. Hal ini disebabkan karena antioksidan merawat sel tubuh sehingga selalu sehat.

Jalan-jalan Pagi
Aktivitas jalan pagi memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh tetap bugar, jalan-jalan pagi membuat Anda siap untuk menghadapi hari, tidur lebih nyenyak, dan sekaligus membantu menurunkan tingkat stress Anda.

One response to “Mulailah Hari Anda dengan Bahagia…

  1. Assalamu’alaikum WrWb. Selamat beraktifitas pak Lutfi.. !
    Tulisan bapak mengingatkan saya pada DIKLAT Tata Guna Air tahun 1998 di Balai Perkebunan Penggaron.
    Perjalanan Jepara-Semarang yang mestinya cuma 2 jam (waktu itu) menjadi 4,45 jam. Penyebabnya saat start mau berangkat, saking semangatnya sampai upa bawa denah/ peta lokasi, sehingga turun di Terminal (Semarang) harus cari tahu yg kebetulan pada orang-2 yang gak ngerti alamat, sehingga sampailah aku di Kota Purwodadi. Untuk sampai lokasi harus balik lagi. Eh… nasib kalo lagi gak bener, sudah happy di awal masih saja belum happy. Tapi di tengah-2 acara pembelajaran hari itu justru kualitas pemahaman saya jadi oke. Itulah pak makanya yang baik menurut saya sesuatu tidak perlu dirumus awal dan akhirnya. Yang penting : Jangan pernah menyerah, pantang males dan anti resah. Cukup nrimo saja walaupun kebentur tiang kesialan. Siapa tahu dewi persik eh..dewi fortuna…datang saat pas lagi sial. Matur Nuwun. Wassalam WrWb. (Saya masih di Bandiklat Asrama Sumbing I).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s