Data dan Informasi dalam Website milik Pemerintah

Ini adalah judul tulisan idaman saya….dalam arti pengen banget tak tulis dengan bagus dan dapat dijadikan bahan rujukan bagi para pengelola website milik pemerintah….Itu karepnya….ning berhubung susah sekali mencari referensi tentang hal tersebut, ya…. judulnya mungkin lebih tepat ditambahi hasil renungan saya…..Ning lagi, berhubung akhir-akhir ini saya semakin susah saja merenung maka terpaksa tulisan mengenai hal tersebut jadinya tertunda-tunda terus….But berhubung sudah sangat mendesak maka untuk tahap pertama adalah minta sharing-an dari orang lain….dan korban pertama saya adalah para peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan XV yang berisikan para pejabat eselon IV di Provinsi Jawa Tengah…..manteb atau tidak hasilnya terserah Anda lah….wong saya dalam hal ini belum bisa ngomentari apa-apa alias hanya sekedar motret saja…..

Seperti telah saya sebutkan, dalam merancang content dari sebuah e-government, kita harus berpedoman pada teori interaksi antara Pemerintah (Government), Masyarakat (Customers) dan Dunia Usaha (Business). Na….harusnya sebuah e-goernment yang baik harusnya berisi hal-hal yang memudahkan pelayanan pemerintah pada para stakeholdernya, utamanya dapat menjembatani berbagai interaksi antar Pemerintah dengan Pemerintah (G2G), Pemerintah dengan Masyarakat (G2C) dan Pemerintah dengan Dunia Usaha (G2B). Materi itulah yang kemudian saya jadikan sebagai bahan diskusi dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat IV (sebenarnya sih pengennya yang Pim III or Pim II sekalian….but sayangnya para seniorku belum mengijinkan diriku ngajar para pejabat berlevel tinggi….so…jika ada Widuaiswara yang kebetulan mbaca tulisan ini boleh dong materi ini didiskusikan pada para pejabat tinggi….syukur-syukur hasilnya diberitahukan ke saya…..).

Menurut peserta Diklat Pim IV, sebuah Website milik pemerintah harusnya memiliki alamat jelas utamanya alamat di dunia nyata, seperti : nama kantor, alamat, telepon, faksmile serta nomor email. Sedangkan data apa saja yang harus ada dalam sebuah website milik pemerintah diuraikan sebagai berikut.

A. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antar instansi pemerintah (G2G) adalah :
1. Visi dan Misi organisasi, Tupoksi, struktur organisasi
2. Sosialisasi tentang Peraturan Perundang-undangan yang dikeluarkan oleh instansi tersebut
3. Informasi tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan selama tahun berjalan.
4. Informasi tentang laporan hasil kegiatan, meliputi laporan bulanan dan tahunan
5. Data-data masyarakat

B. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antara instansi pemerintah dengan Masyarakat (G2C) adalah :
1. Informasi tentang Jenis-jenis pelayanan yang diberikan instansi tersebut.
2. Standar pelayanan minimal yang diberikan, termasuk prosedur pelayanannya
3. Pola tarif pelayanan
4. Waktu pelayanan
5. Jangka waktu pelayanan
6. SDM pelayanan

C. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antara instansi pemerintah dengan dunia usaha (G2B) adalah :
1. Informasi tentang pengumuman pengadaan barang dan jasa milik instansi tersebut, yang saat ini prosedurnya harus melalui pelelangan dan kerjasama dengan pihak swasta.
2. Informasi perijinan
3. Potensi wilayah
4. Infrastruktur yang ada
5. Kondisi keamanan

Masih terlalu sederhana ya…..?! Ya….kemungkinan memang para peserta itu bukan orang-orang yang ngurusi website hingga hasilnya sih begitu-begitu saja….atau mungkin materi or topik diskusi saya kurang spesifik hingga hasilnya hanya segitu….but…. lumayanlah daripada gak ada…..tapi jelas harus ada suara-suara lain buat mempertajam pengertian kita to….?! Yang jelas ada satu komentar dari peserta yang menarik yakni…..informasi yang ada di website milik pemerintah kebanyakan tidak tepat sasaran serta memuat data yang kurang dibutuhkan oleh masyarakat….dan kebanyakan masih menjadi corong dari Kepala Daerah semata…..

2 responses to “Data dan Informasi dalam Website milik Pemerintah

  1. Assalamu’alaikum Bapak Lutfi yang terus aktif menulis.
    Tepat sekali tulisan Bapak ini. Memang angel tenan cari referensinya. E-Government…merupakan sebuah ungkapan yang selanjutnya ter-Aplikasikan bagaimana pemerintah melayani masyarakatnya mengenai berbagai hal/ issue dll, sehingga masyarakat mengerti betul apa-2 yang musti dan layak dilakukan pemerintah dalam hal pelayanan publik dan akuntabilitasnya. Strategi dalam e-government yang mudah dupahami menjadi sangat penting untuk menghindari keNjlimetan yang saat ini dirasakan oleh banyak pihak. Selamat beraktifitas Wassalam.

  2. Nah ini yang saya cari karena akan merancang dan mendesain ulang website di kabupaten saya.

    Sampai sekarang saja di websitenya tidak ada informasi kontak.
    Menyulitkan untuk menghubungi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s