Untuk Yang Pertama Kali…..

Sorry, sedikit ngutip lagunya Kerispatih yang sempat jadi favoritku kemaren-kemaren…. walau dalam tulisan ini, hal itu tentu saja bukan favorit bagiku…Kalau tahun-tahun lalu saya sempet cerita tentang sulitnya ngajar materi untuk yang pertama kali….maka kali ini giliran saya mau nyeritain susahnya ngajar di lokasi diklat buat yang pertama kali, alias akunya belum pernah kesana….dan tambah susah kalo lokasinya agak terpencil dalam arti bukan ndeso banget…kalo dengan kendaraan pribadi sih diseluruh antero Jawa Tengah kayaknya gak ada yang terpencil deh….hanya saja yang mau saya ceritakan ini adalah lokasi diklat yang agak susah untuk dijangkau dengan angkutan umum.

Lokasi diklat yang akan saya ceritakan adalah di kawasan Tawangmangu Karanganyar. Terus terang sudah tiga kali saya menolak penugasan mengajar di tempat itu karena susahnya naek angkutannya kesana….Konon kata temen-temen widyaiswara, bus terakhir dari Solo sampai ke lokasi itu adalah jam 03.30 WIB….sementara bus terakhir dari Tawangmangu ke Solo adalah 17.00 WIB. Setelah itu gak ada bus sama sekali. Na…ini yang bikin lokasi ini agak mengerikan, hingga banyak para WI yang milih naik kendaraan pribadi kesana….Sebenarnya saya sudah beberapa kali datang kesana tetapi dulu-dulunya bukan dalam rangka mengajar….hanya evaluasi diklat, hingga gak perlu harus pagi-pagi nyampek kesana serta gak butuh waktu lama hingga bisa cepet-cepet pulang sebelum bis ke Solo habis di sore harinya…

Na….untuk terakhir kali ini, saya tidak bisa lagi nolak penugasan ke Tawangmangu…. dalam arti gak bisa dapet alasan yang tepat buat menolaknya he…he…he…Jadwal saya ngajar waktu itu jatuh pada hari Senin pagi jam 07.30….cos lokasinya jauh hingga harus nginep maka dengan sangat menyebalkan tentu saja saya harus berangkat pada hari Minggu (bener-bener sialan….sementara yang lain bisa istirahat and liburan, akunya harus siap-siap kemringet naek bus….). So….Minggu siang jam 13.00, dengan males-malesan kumulai petualanganku ke Tawangmangu….dan harus bener-bener kemringet juga karena ternyata saya dapatnya bus pas yang gak pakek AC….sebenarnya bisa nunggu bus yang patas AC tapi khan aku takut terlambat sampai Solo to….?! Dan tambah kemringet saja saat ternyata penumpang di bus itu penuh hingga aku gak bisa dapet tempat favoritku di pojokan yang bikin aku bisa tidur pulas…..

Sialnya lagi, nenek-nenek di sebelahku agak egois (utawa bokonge too much…?!) hingga aku hanya sempat duduk dengan bokong sebelah saja yang nempel ke kursi…. Waduh…gaswat bener. Padahal pengennya aku tidur selama perjalanan Semarang-Solo….Soalnya kepalaku agak pusing karena kurang tidur….(atau mungkin sugesti juga… jika kita gak seneng maka sejuta rasa sakit akan datang melanda hingga bikin kita tambah males nglakoni that job….). Saat sampai Ungaran, tempat duduk saya berikan pada ibu-ibu tua yang naek….Bukannya pengen jadi pahlawan man….hanya saja daripada duduk juga gak enak ya…lebih baik tak serahkan pada orang lain yang lebih memerlukan….ya…siapa tahu hal itu lebih berguna….Dan itulah yang sebenarnya terjadi karena tak berapa lama kemudian ada beberapa penumpang yang turun hingga aku cepet-cepet ngambil peluang yang ada….walau gak dipojokan, tapi ditengah, gak masalah….yang penting aku tinggal mencari posisi yang tepat untuk segera tidur pulas…..(mungkin kali ini giliran aku yang agak egois hingga bikin sebelah-sebelahku merasa terganggu…..tapi aku khan gak tau…wong tidur koq….he…he….he….)

Dengan geragapan aku bangun saat bus berhenti disebuah pom bensin di selatan Salatiga…dan dengan reflek kulihat my wacth….walah sudah hampir jam 3 ini….!! Bisa-bisa akunya telat sampai ke Solo soalnya bus terakhir ke Tawangmangu khan jam 15.30….Dan perasaanku tambah gak karuan saat jalanan penuh dengan kendaraan hingga bus yang kutumpangi hanya bisa pelan-pelan saja…..so…walhasil sampai terminal Tirtonadi Solo sudah jam 4 sore….!! Terlambatkah…..?! Aku nyicil ayem saat bus ke Tawangmangu masih ada….Setelah turunin beban sebentar alias pepsi, aku kemudian naik tuh bus yang tampaknya masih kosong itu…dan gak lama bus itu pun berangkat. Saat melewati Taman Jurug….ada beberapa bakul yang naik hingga bus yang semula kosong itu menjadi penuh….dan tambah sesak saja saat sampai ke daerah Palur, hingga aku hanya bisa duduk kepepet di pojokan bus dan sumuk lagi…..Untungnya pemandangan sepanjang perjalanan Solo-Tawangmangu cukup indah untuk dinikmati…..sawah-sawah menghijau terhampar dengan indahnya (jadi ingat istri yang paling demen sama sawah….) Dan semakin indah saat bus mendekati kawasan wisata, dimana pemandangan sekitar menjadi berbukit-bukit lengkap dengan kebun dan sayuran serta tentu saja rumah dan villa didalamnya….

Sampai diterminal Tawangmangu sudah magribh….Setelah tengak kiri-kanan akhirnya kutemukan juga Mr. Ojeg yang siap sedia mengantarkanku ke Hotel Wahyusari, yang menjadi lokasi diklat. Sampai disana saya segera nyari panitia….pengennya sih mau melobby agar saya diijinkan nyicil ngajar barang 3 JP agar besok pulangnya bisa agak siangan….Hanya saja, ternyata menurut petugas hotel panitianya baru datang besok pagi….dan saya lihat pesertanya pun baru mulai berdatangan…..hingga saya pun harus manyun dan rela mengisi malam itu dengan makan mie godhog and nonton KDI….walau gak bisa lama juga karena badan rasanya capek juga setelah menempuh perjalanan penuh keringat selama 5 jam (tapi tetep gak mandi sore karena airnya sedingin salju……). Jam satu-an dini hari Mas Jati ngebel….untuk sama-sama nonton bareng (walau dengan lokasi terpisah) final Piala Eropa 2008 yang kebetulan jagonya Mas Jati, Jerman, bertemu dengan jagoanku, Spanyol….Sedikit jengkel (karena mbanguninnya ke-sore-an….khan mainnya baru jam 2…..) and ngantuk juga aku, but berhubung empat tahun sekali ya….nekad aja…dan untungnya Spanyol yang menang, tanpa perpanjangan waktu lagi, hingga aku dapat segera tidur kembali dengan nikmat…..

Pagi-pagi saat panitia datang, aku segera menemui panitia buat ngelobby jam tentu saja. Tapi belum sempat aku ngomong….eee….si panitia dengan tersenyum minta agar aku bisa menyelesaikan acara ngajarku sebelum jam 5 sore….kloplah….!! Dan demikianlah akhirnya saya mengajar materi Manajemen Perkantoran Modern dengan cukup ringan karena sudah dapat diskon waktu (tanpa diskon honor lho…he…he…he….). Hanya saja, ternyata nyesuai-in jadwal dari 12 JP ke 10 JP agak kesulitan juga….hingga kumerasa cara mengajarku hari itu agak terburu-buru….tanpa ice breaking berlebihan atau malahan garing…apalagi pesertanya pun terlalu banyak untuk ukuran sebuah kelas ideal (pesertanya 52 orang)….dan dengan latar belakang guru hingga kurang nyambung dengan materi perkantoran….Tapi widyaiswara harus tabah menghadapi segala cobaan….jadi aku maju terus pantang mundur…ples ngebut hingga jam 15.30 acara ngajarku usai sudah (walah korupsinya kebanyakan man……). Alhamdulillah…..

Itulah ceritaku tentang acara ngajar di lokasi yang pertama kali aku datangi….Serukah…?! yang jelas banyak gak enaknya…sedikit deg-degan….campur was-was…ples capek juga…. Tapi yang jelas, saat mau pulang tak sempatin belanja di pasar depan terminal Tawangmangu….nyari oleh-oleh karena di tempat baru biasanya kita akan menemukan juga sesuatu yang baru….Dan benar juga, sore itu saya pulang ke Semarang dengan membawa oleh-oleh kripik ketela rambat….yang sedianya mau kubagi-bagikan tetangga….but karena ternyata rasanya enak and manis banget akhirnya kripik ketela itu malah tak embat abis sendiri…..he…he…he….uenak….nyem…nyem….kriuk….

Iklan

One response to “Untuk Yang Pertama Kali…..

  1. lokasina tepatna di mana c?
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s