Masalah-Masalah dalam Pemakaian Linux

Diskusi Linux di PPTiK UGM (2)

Masalah pengalihan penggunaan komputer dari yang windows minded ke yang lebih open source, bukan hanya sekedar menyangkut masalah teknik saja, tetapi sudah mengarah pada masalah budaya dalam arti sudah menyangkut pula aspek sikap atau kebiasaan sehingga membutuhkan proses dan tentu saja memakan waktu juga. Bahkan menurut Mr. Mardhani (Kabid Info PPTiK UGM) pola seperti itu ternyata memang disengaja oleh Microsoft dimana penggunanya dibikin ketagihan terus buat menggunakan Windows dari versi yang satu ke versi yang lebih canggih, termasuk masalah aplikasinya yang begitu mudah hingga bersifat WYSWYG (What You See What You Get), kompatibilitas dengan hardware lain sekaligus aplikasi softwarenya….yang kalau dituruti terus memang akan bikin bangkrut isi kantong juga karena mahalnya….

Mungkin ibarat kita perang dengan segala bentuk monopoli, walau yang ini sang pelaku memanglah sebuah perusahaan yang canggih dan sangat berkualitas hingga agak susah buat menyainginya. Dengan kata lain, buat mindahin program dari windows ke open source memang butuh waktu dan merupakan tantangan yang berat. Bahkan dalam diskusi, Mr. Mardhani mengaku di UGM sendiri proses alih program dari windows ke Linux belum 100% dapat dilaksanakan. Menurut Saudaraku yang kebetulan jadi karyawan UGM juga, sebenarnya pelatihan Linux juga telah dilaksanakan di kantornya….hanya saja kantornya masih memakai program windows hingga Linux-nya jadi lupa lagi….Mensikapi hal tersebut, Mr. Mardhani menyarankan hal yang cukup ekstrim yakni me-Linux-kan semua komputer yang ada di lingkungan kantor….kalo perlu diberlakukan larangan memakai windows di kantor and di Perda-kan sekalian….(sambil guyon bahkan dijelaskan bahwa keberhasilan Linux-isasi di Aceh salah satunya karena semua komputer di Aceh hilang tersapu Tsunami….)

Hal lain yang menjadi kendala pemakaian Linux adalah anggapan bahwa Linux kurang sempurna apabila dibandingkan windows….lebih sulit….harus pakek kode-kode tertentu….kurang kompatible dengan hardware lain dsb….dsb….sesuatu yang sebenarnya hanya anggapan saja….tapi akan tak coba buat menguraikan masalah-masalah seputar pemakaian Linux ples solusinya menurut PPTiK lho…..

  1. Masalah Pemilihan Distro

Kalau di windows kita akan diajak untuk selalu meng-update seri terbaru dari windows karena semakin lama semakin canggih fasilitas yang disediakan….maka dalam Linux hal itu gak berlaku….Malah dalam hal ini kita disuruh memilih sendiri distro-distro yang cocok buat spesifikasi komputer kita….Walau saat ini distro U Buntu dianggap sebagai Linux versi terlengkap akan tetapi kita tak harus serta merta memilih untuk menginstalnya di komputer kita….Jika kita punyanya hanya komputer pentium 3 dengan RAM 64 maka kita cukup milih distro Knopix or debian yang sederhana saja….Oleh karena itu, Anda harus meneliti terlebih dahulu distro Linux yang akan Anda pakai berkaitan dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki. Sebagai alternatif yang paling aman adalah dengan menggunakan program Live CD sebagai percobaan awal sebelum benar-benar menginstalnya….Program Live CD merupakan program Linux yang bisa dijalankan tanpa harus menginstalnya….Jika sudah cocok dengan distro yang bersangkutan, baru deh diintsalin secara full version….

  1. Masalah Konektivitas dengan Hard Disk Lain

Sebenarnya semua hardware bisa terhubung dengan program Linux….Anda bisa lihat pengalaman UGOS (UGM Goes Open Source) berhubungan dengan konektivitas Linux dengan beberapa hardware, baik printer, scanner, pada www.ugos.ugm.ac.id/ kompatibilitas…. Hanya saja dalam hal ini, sebagai bagian dari strategi monopolinya, Microsoft telah bekerjasama dengan beberapa vendor hardware sehingga produknya hanya bisa dibuka jika sebuah komputer memakai program windows. Na…..kalo yang demikian kita gak bisa apa-apa…..sehingga sebagai bagian strategi perang terhadap monopoli dari microsoft, kita disarankan untuk tidak membeli produk-produk yang begituan alias kita beli hardware yang Linux base….Jangan khawatir, vendor-vendor besar biasanya sudah Linux base….yang agak mengkhawatirkan adalah vendor-vendor kecil dengan harga murah yang membanjiri pasaran Indonesia saat ini….So…. hati-hati dalam membeli….lihat spesifikasinya Linux base or tidak…..

  1. Masalah Konetivitas dengan Flash Disk

Salah satu pengalaman Mr. Vandoyo saat menginstall U Buntu demikian lama sehingga dia pilih menginstal yang mandriva yang lebih enteng dan singkat waktu penginstalannya…..Na….disini kemudian dia merasa kesulitan saat mencoba memasukkan flahk disk…eee…..ternyata gak bisa terdeteksi oleh komputer….Walau menurut Mr. Mardhani kasus tak terkoneksinya flash disk hanya dijumpai pada distro-distro Linux yang lama…sementara untuk distro-distro terkini hal itu tidak bakalan terjadi….

  1. Masalah Pembuatan Jaringan dengan Linux

Bagaimana dengan pembuatan jaringan ?! Hampir tak ada masalah….sebagai contoh Anda bisa melihat artikel tentang pembuatan jaringan Linux via distro mandriva disini….atau disini ….bahkan pembuatan jaringan komputer dengan menggunakan Linux lebih bebas virus daripada dengan menggunakan program windows….Sebagai contoh adanya serangan hacker terhadap website KPU, setelah ditelusuri ternyata KPU membuat website yang berbasis windows….saat diganti Linux maka website itu menjadi lebih aman…. Bahkan sejak dimulainya program open source, PPTIK UGM belum pernah mendapatiserangan virus pada jaringan komputernya….

  1. Masalah Susahnya Informasi tentang Linux

Ini juga masalah yang terjadi seputar penggunaan Linux, yakni minimnya tempat bertanya jika kita mendapatkan kesulitan dalam mengoperasikan program Linux….. maklumlah masih relatif sedikit yang nguasai Linux dengan baik…apalagi di kalangan PNS, tambah susah lagi…..Tapi itu khan di dunia nyata. Di dunia maya penguasa Linux itu banyak sekali. Disamping di PPTIK UGM, masih banyak situs-situs internet yang membahas seluk beluk pemakaian Linux….diantaranya di http://www.infolinux.co.id/, http://id.wikipedia.org/, http://www.linux.or.id/, http://www.linux.org/, http://semarang.linux.or.id/, http://Jogja.linux.or.id/, http://ilmukomputer.com/, And jika di situs-situs tersebut gak ada….maka seperti biasa Anda bisa minta bantuan Paman Google buat mencarinya….syukur-syukur Anda termasuk orang yang gak gampang pusing jika ngebaca teks yang berbahasa Inggris….

Itulah sebagian kecil hasil catetan saya sehubungan dengan kunjungan PKL ke PPTIK UGM, Yogyakarta. Ya….masih belum banyak juga sih catetannya….maklum saya sendiri kurang begitu nguasain Linux secara mendalam….paling cuman pakek yang open office doang….itu pun masih yang under windows. Jane pengen banget beralih total ke Linux….tapi kayaknya koq masih sendirian hingga susah kalo gak kebaca yang pakek windows (walau menurut Mr. Mardhani konversi Linux ke Windows dan sebaliknya kagak ada masalah). Harusnya beli laptop satu lagi yang khusus buat Linux kali…..hanya saja duitnya belum ada (Laptopku saja baru lunas kemaren Juli…). Tapi katanya ada juga yang pakek dua program, satu windows satunya lagi Linux…..cuman harus mbuangin dulu sebagian dataku (terutama yang mp3…..) mengingat hardisku cuman 60 giga….. Atau terlebih dahulu mau nyoba yang live CD…..sekalian buat jaga-jaga kalo ke bandara……

13 responses to “Masalah-Masalah dalam Pemakaian Linux

  1. ajarin saya ttg linux enior..
    saya pemula.. saya butuh bnyak informasi, bantu saya senior..
    kirim kan saya artikel ke ucup_zie@yahoo.com

  2. pak/mas/mbak dll. sbnrx apa si perbedaan antara suse linux dan linux red heat? apa keungguln dan kekurangan dari masing2 distro tsbt?

  3. Alasan yang paling tepat adalah orang – orang kebanyakan gak mau nyoba hal yang baru……

  4. met kenal dari aq

  5. saya fikir silahken saja langsung menggunakan Linux.
    mungkin sebelum migrasi inventaris kebutuhan anda dulu.
    kalo memang tdk kepepet banget menggunanakan windows langsung aja ganti Linux.🙂

    tetap semangat!!!

  6. Cara install driver land card dan sound

  7. he….pertama gue nyoba pakeLINUX Ubuntu terasa asing banget…..tapi ternyata sambil jalan eh jadi tahu…malah enak banget apalagi kalo pc tersambung ke internet…..kalo ada apa-apa paling bisa “curhat” nyari info penyelesaianya , nyari aja di google atau di forum Ugos, atau penyedia layaan LinuX.
    Dijamin dah….bisa deh…..kecuali mereka yang merasa abnormal kali…..? he….maju aza Linux….! kembangkan Ope Source….

  8. Bener banget ap kata initrunlevel0, makin sering mencoba hal yang baru makin banyak ilmu yang didapat. yang mau belajar, mendingan dual boot aja, kayak saya, banyak boot, he.. 1 OS windows dan 6 OS linux. sekarang udah masuk slackware 13, lumayan pusing…..tapi setelah terbiasa jadi ketagihan, maen games windows juga udah melalui wine, windows 7 gw jadi pajangan doang.

  9. Saya copy iso repository ubuntu 10.04 ke eksternal hard disk. Gimana caranya mounting tetapi reponya masih tetap di eksternal hardisk (nggak usah copy ke home.

  10. Saya copy iso repository ubuntu 10.04 ke eksternal hard disk. Gimana caranya mounting repo tsb tetapi reponya masih tetap di eksternal hardisk (nggak usah copy ke home).

  11. kan yang dipikirin perusahaan bagaimana membuat para pelanggan tetap jadi pelanggan dan yang belum jadi pelanggan bisa jadi pelanggan, termasuk microsoft corp

  12. yahyaMuhtadi@yahoo.co.id

    baru ni pake linux…tapi layar ke kunci trus,,gimana biar normal…thanks

  13. lINUX jelek bgt, susah cra pkex !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s