When Posting With Love

Sejak saya pulang dari Jakarta, sekitar bulan Mei….kondisi bandwith internet di kantorku naik turun gak karuan. Jangankan hotspot (banyak disindir temen-temen kalo hotspot di ruang widyaiswara itu 24 jam…bukan full day tapi hanya 24 jam…setelah itu mati….), bahkan kadang dengan alasan perbaikan bisa mati total sampai seminggu…dua miggu…. Kondisi ini diperparah saat terjadi SOTK baru, sekitar pertengahan Juni 2008….dimana KPDE (Kantor Pengelolaan Data Elektronik) yang selama ini ngurusi Jateng on line, termasuk ngurusi bandwith internet di seluruh Kantor Pemda Jawa Tengah, dibubarkan maka kondisi bandwith internet bener-bener ibarat mati segan hidup tak hendak….alias kecuiiillllll banget bahkan gak stabil….seperti ombak di laut selatan…sebentar datang bergulung-gulung…sebentar tenang dan hilang….. Saat berkesempatan bertemu dengan temen yang dulunya ngurusi itu…memang katanya sedang kacau karena belum jelas Kantor mana yang akan ngurusi nantinya…karena fungsi KPDE memang sebagian dipecah ke Dinas PKI (Perhubungan Komunikasi dan Informasi) dan Biro Humas…serta masih tarik ulur alias mau dipusatkan seperti kemaren-kemaren atau diserahkan pada masing-masing kantor….

Kondisi bandwith yang demikian, bener-bener bikin bete dan pusing saat kita sedang mencari bahan-bahan ajar di internet….sesuatu yang selalu saya lakukan bahkan menjadi sebuah kebutuhan juga….mengingat bahwa revolusi belajar sudah mengarah bukan lagi knows what atau knows how tapi sudah bergeser ke arah knows where….dengan mengacu pada demikian banyak dan tersebarnya informasi yang ada di internet (termasuk dengan bloging Anda dapat memperkaya informasi berbahasa Indonesia). Na….karena surfing saja susah maka ngeblog pun lebih susah…hingga bisa dikatakan bahwa saat ini saya masih ngeblog karena bener-bener cinta atau malah ketagihan buat curhat ke dunia maya….Kesulitan ngeblog terutama terjadi saat mulai membuka “buat tulisan baru” yang kadang lama…baru bisa muncul….belum kalo koneksi internetnya mati hingga kita terpaksa harus login ulang…Yang sulit lagi adalah saat kita hendak memasukkan link dalam tulisan kita….belum kalau ingin meng-upload sebuah gambar…alamat nggak bisa deh…..sedihnya……

Lalu bagaimana menghadapi hal ini….?! Ya….mau gak mau karena kadhung cinta ngeblog terpaksa ya….harus dipaksa-paksain dah….mumet pun tetep kudu dilakoni…. dan kalo perlu ngeblognya pakek model swasta alias biaya sendiri deh….Berikut yang aku lakukan dalam menghadapi gelombang muncak mungkret dari bandwith internet….

1. Bikin Naskah. Ya….disaat keinginan nulis sudah memuncak sementara internetnya malah KO….ya terpaksa deh bikin naskah dulu…walau ini juga yang aku lakukan selama ini…soalnya datengnya inspirasi khan bisa sewaktu-waktu dan seringnya sih kalo gak pagi hari yo malah after jam 9 malem….padahal khan internetnya nunut di kantor….so…daripada disangkain kurang kerjaan karena malam-malam ngantor buat posting….yo terpaksa bikin naskah-naskah duluan buat disimpen di komputer…baru besoknya or lusanya tak postingin….itu kalao pas bandwithnya lancar….kalau kondisi seperti saat ini yang mati-hidup maka yang bisa kulakukan hanyalah bersabar hati dalam mosting tulisan….pokoknya naskah selalu kubikin….hati lega duluan….masalah di posting tergantung ada kesempatannya atau tidak…..

2. Warnet. Sebenarnya pengen banget pakek speedy yang katanya cepet dan murah meriah itu….hanya saja kendala speedy adalah sambungan telepon yang akunya gak punya….Sebenarnya mau nunut sambungan telepon di kantor buat langganan speedy dengan cara urunan antar WI….tapi koordinasinya masih susah karena semuanya masih sibuk ngajar…susah ngumpulnya gitu…..Mau pakek yang model Hape CDMA….takut kemahalan ples gak ada yang ngajari caranya juga…so….jalan satu-satunya ya…ke warnet….tentu saja gak bisa setiap hari….paling bisanya pada akhir minggu (sabtu-minggu) sehingga jangan heran jika postinganku akhir-akhir ini seringnya bertanggal sabtu atau minggu…..

3. Posting Rombongan. Ini juga salah satu efeknya ngeblog gaya swasta via warnet….Soalnya kalo pas semingguan itu banyak yang akan dipostingin maka sekali ke warnet di hari sabtu-minggu….aku bisa posting tulisan 2 or 3 sekaligus….Ya…….daripada jarang posting mending posting rombongan or brondongan lah…..

4. Posting Bertahap. Kasus ini terjadi akibat lemotnya bandwith internet di kantor tadi hingga menyulitkan dalam membikin link atau menambahkan gambar dalam sebuah tulisan….karena kepepet waktu pengen posting ya…terpaksa posting sak isone dulu…..yang penting bacaannya dapat segera dibaca para blogermania dulu….sementara masalah gambar bisa di posting kemudian….artinya saat aku ke warnet (yang bandwithnya lumayan) pada sabtu-minggu baru deh postingan tersebut tak edit terutama buat nambahin gambar serta nglengkapi link-link yang diperlukan….

Yo begitu itu rekosone posting saat ini…tapi mau bagaimana lagi…wes kadhung kedanan posting..terpaksa semuanya harus tetep dilakoni...gak peduli pusing….gak peduli harus keluar duit…asal ati seneng gak masalah…..

One response to “When Posting With Love

  1. -luar biasa semangat Bapak.
    -bukankah masih banyak alternatif lain pak, macam: TelkomselFlash™ yg lebih mobile dibanding Speedy™, atau IM2 (dari indosat), pakai ponsel sebagai modem laptop, atau sekalian blogging dari mobile device.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s