Pentingnya Jumlah Audience dalam Sebuah Presentasi

Berapa jumlah audience yang layak ?. Tentu saja amat bervariasi. Untuk satu presentasi kerja, jumlah audience-nya bisa saja hanya berkisar antara 8 hingga 12 orang. Audience dengan jumlah sedikit ini tentu membuat anda harus mempersiapkan sebaik mungkin. Mereka dapat melakukan interupsi kapan saja, mengajukan pertanyaan apa saja, dan meminta anda segera berhenti begitu mereka merasa fokus presentasi tidak jelas, alur pikir tidak sistematis, isinya tidak menjawab kebutuhan mereka, dan seterusnya.

Dalam presentasi kelas, jumlah audience biasanya berkisai 25-35 orang. Jumlah ini cukup intensif untuk melakukan diskusi, bahkan untuk mengenal audience dengan lebih dekat sehingga pertukaran emosional akan terasa sekali. Ingatlah bahwa ketika anda melakukan presentasi, pada dasarnya anda tengah melakukan suatu peoses pertukaran, termasuk pertukaran perasaan dan emosi.

Adakalanya anda harus memberi presentasi di hadapan audience yang jumlahnya besar, antara 100 hingga 400 orang. Tentu saja di butuhkan persiapan khusus untuk menghadapi audience sebesar ini. Audience sebesar ini tentu akan cepat merasa jenuh, sehingga dibutuhkan sejumlah teknis agar mereka tetap betah dan antusias mendengarkan ceramah anda. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan di hadapan audience sebesar ini :

1. Jangan hanya diam di tempat (di panggung). Upayakan untuk bebas bergerak berkeliling, dan berada di tengah-tengah audience. Sesekali ajukan pertanyaan, atau berikan kesempatan bagi audience untuk berbicara.

2. Agar anda mudah bergerak, gunakan mikrofon tanpa kabel, dan pastikan bahwa volume dan frekuensi sound system tidak terganggu atau berubah.

3. Gunakan alat bantu presentasi, misalnya LCD Projector yang dapat diakses lewat komputer. Pastikan bahwa huruf-huruf atau gambar-gambar yang disajikan terlihat dari jauh.

4. Jangan biarkan ruangan memanjang ke belakang. Usahakan agar jarak antara mereka dan anda tak terlalu jauh. Bila perlu, kurangi meja pada bagian belakang ruangan, sehingga cukup hanya lima baris di bagian depan yang menggunakan meja. Jarak yang semakin jauh akan menimbulkan gangguan yang cukup serius.

Tentu saja anda perlu menggunakan cara penyajian yang berbeda untuk jumlah audience yang berbeda pula. Karena itu, selalu tanyakan kepada pihak pengundang atau penyelenggara berapa jumlah audience yang akan mendengarkan presentasi anda. Tapi pengalaman saat ngajar di kelas besar, pastilah susah sekali buat bikin peserta tetap memperhatikan kita….so…perbanyaklah praktek or buat audience mengerjakan sesuatu biar mereka gak ngantuk berat…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s