Penyajian Presentasi Lisan Nan Indah

“If picture paints a thousand words.. ..” Dikutip dari lagu “If” oleh Bread.

Saya kira banyak pembaca yang suka dengan syair lagu di atas. Sebuah lagu yang mengembalikan ingatan kita ke masa lalu. Syairnya yang indah mengingatkan kita betapa sebuah lukisan sanggup menguraikan seribu makna. Nah, apa kaitannya dengan tips kita kali ini ?.

Kalau kita memperhatikan anak-anak, mereka suka sekali dengan buku bacaan yang banyak gambarnya. Tintin, Asterix, Lucky Luke, Drsgon Ball, Doraemon, Conan, dan Mulan adalah contoh dari sekian banyak buku anak-anak. Anak-anak bisa tertawa terkekeh, tersenyum atau merasa gregetan hanya dengan melihat gambar kartun ini. Tanpa membaca isinya, mereka bisa menangkap pesan dari gambar tersebut.

Audience mirip dengan anak-anak. Presentasi anda akan mudah dipahami audience jika anda menyertakan alat bantu visual. Jika anda akan mempresentasikan data-data numerik, anda harus mempersiapkan grafik, bagan, atau tabel. Dengan alat bantu ini, presentasi anda akan jauh lebih efektif dibandingkan jika anda mengatakannya secara lisan. Dan, jangan lupa, alat bantu ini juga merupakan bukti pernyataan-pernyataan anda.

Lebih dari itu, penyajian visual ini tidak hanya sekedar grafik dan tabel. Sekarang, dengan menggunakan software tertentu, misalnya Powerpoint, kita bisa menggabungkan suara, foto, clip art, animasi, dan video camera dalam satu file presentasi. Kita juga bisa menghubungkan antar-text, antar-file dalam satu presentasi. Kemampuan mengolah program ini akan membuat citra presentasi anda semakin baik. Paling tidak, anda telah memberikan kesan pertama kepada audience bahwa anda siap melakukan presentasi.

Misalnya, jika anda akan mempresentasikan sebuah situs e-commerce yang anda miliki kepada salaah satu perusahaan venture capitalist. Anda mengatakan bahwa situs anda tersebut sudah termasuk dalam top ten ranking Altavista, salah satu search engine yang sangat terkenal di dunia internet. Situs e-commerce ini dikunjungi oleh ratusan ribu orang per hari. Nah, dalam presentasi seperti ini anda harus menampilkan situs e-commerce dan situs Altavista dalam presentasi anda. Jangan lupa, tampilkanlah situs Altavista yang sedang memuat ranking situs e-commerce Anda. Hal ini akan menambah ke-yakinan audience terhadap anda.

Namun, perlu diingat bahwa visualisasi hanya sekadar alat bantu. Anda tetap harus menguraikannya dalam kata-kata yang mudah dimengerti.

Menurut Holcombe dan Stein (1990), daya tarik suatu presentasi dapat anda tingkatkan melalui tiga cara berikut ini :
• Pertama, pilihlah media yang cocok dengan jumlah audience.
• Kedua, berilah desain yang bisa menambah citra dan daya tarik presentasi anda.
• Ketiga, sesuaikanlah gambar ini dengan data yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s