Buat Apa Ikut Diklat Versi Saya……

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan saya terdahulu tentang topik sejenis…yakni Buat Apa Ikut Diklat….Hanya saja, kalau yang dulu merupakan pengamatan saya tentang motivasi-matovasi buruk dari peserta sehingga diklat-diklat yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah seringkali kurang mencapai tujuannya…..maka pada tulisan kali ini saya mencoba mencarikan solusi agar diklat yang diselenggarakan dapat lebih bermakna….tapi bukan dari sisi penyelenggara yang sudah banyak sekali diulas dalam buku-buku kediklatan…yang teorinya sih bagus-bagus tapi….. hasilnya masih banyak-banyak perlu dipertanyakan…karena menurut saya, faktor keberhasilan utama penyelenggaraan diklat adalah dari sisi peserta yang bermotivasi tinggi….Na….kali ini saya akan mencoba menceritakan pengalaman saya menjadi peserta yang bermotivasi dalam sebuah diklat….

Seperti juga peserta diklat lainnya, saya juga selalu ‘lemes’ jika hendak diikutkan dalam sebuah diklat….Tahun ini sudah dua kali saya ikut diklat…..setelah tahun 2007 gak pernah sama sekali….Yang satu, adalah TOT Diklat Pim Tingkat IV materi PKT di Jakarta…..satunya lagi, TOT WI Muda yang berlangsung pada saat puasa kemaren di Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah…..Dan ma’af, dua-duanya saya rasakan sangat bermanfaat bagi karier saya sebagai widyaiswara….!! Dengan kata lain, dua-duanya diklat yang saya ikuti bisa dikatakan mencapai tujuannya….Bukan….bukan karena saya orangnya selalu bersemangat seperti bayangan Anda-Anda….Sebagai contoh, saat ikut diklat di Jakarta di kantor sedang banyak-banyaknya pekerjaan….disamping itu, terus terang pengajarnya juga hampir dikatakan ‘rata-rata air’ lah hingga bikin bosen dan hampir gak ada yang dapat ‘diambil’ dari diklat itu….Lalu yang TOT Muda….?! Pelaksanaannya khan pas bulan puasa….saat kita sedang lemes-lemesnya…..Lalu pertanyaannya koq saya bisa merasa diklat yang saya ikuti bermanfaat….?! Hmm…. saya punya beberapa kiat buat memaksa kita, sebagai pribadi peserta diklat, bersemangat saat ikut diklat…..

Beberapa hal yang saya lakukan buat memaksa diri ini untuk termotivasi serta mengambil sebanyak-banyaknya manfaat dari sebuah diklat yang saya ikuti diantaranya….

1. Mulailah dengan gembira. Jangan belum-belum sudah ngedumel bahwa diklat yang diikuti tidak berguna bagi Anda…..bahwa sebenarnya Anda merasa terpaksa ikut diklat ini…..Jika itu yang Anda rasakan saat mulai mengikuti diklat maka ya itu yang akan terjadi terus sepanjang diklat….capek, sedih, ngedumel….Tapi jika Anda menganggap Diklat yang Anda ikuti adalah sebagai bagian dari refreshing atau masa rehat dari pekerjaan Anda yang bertumpuk…maka susana diklat pastilah lebih menyenangkan buat Anda….Na….kalau sudah begitu, Anda tinggal mencari-cari sesuatu yang berguna dari Diklat bagi Anda….. Satu lagi kuncinya, jika ada tawaran diklat lihatlah waktu pelaksanaannya….pilihlah diklat-diklat yang waktunya pas alias gak begitu bentrok dengan jadwalpekerjaan Anda…Kalaulah selalu bentrok maka pilihlah yang jika selesai ikut diklat, Anda masih dapat mengejar tenggat waktu pekerjaan Anda….Itu kalau Anda bisa memilih….jika tidak, lakukan trik-trik lain yang berikut….

2. Lupakan pekerjaan kantor. Walaupun pekerjaan anda begiu bejibun…please, forget it…yakinlah bahwa akan ada teman kantor yang akan menghandle pekerjaan Anda…Jangan pernah menganggap pekerjaan Anda tak pernah terselesaikan gara-gara ikut diklat….apalagi sampai membawa pekerjaan kantor ke kelas….atau malah sering ijin buat dipanggil kepala or rekan sekerja Anda terkait pekerjaan kantor….Nyantai aja lagi….Anda khan sudah ditugaskan oleh mereka-mereka juga buat ikut diklat….. so….anggap saja Anda sedang di karantina….atau jika lokasi Diklat dekat dengan kantor maka anggap saja lokasi Diklat itu jauh hingga wajar jika Anda gak bisa ke kantor…..jadi cuek aja…

3. Jangan Terlalu Berharap. Pengajar yang bagus jarang apalagi yang bisa memuaskan dahaga Anda akan ilmu….Anda akan kecewa hingga diklat itu akan berlalu tanpa kesan apa-apa bagi Anda …kalao perlu sejak awal, anggap aja materi diklat itu bukan sesuatu yang menarik….hingga Anda bisa mulai dengan lebih rileks, nyantai….gak terlalu menuntut macem-macem dari diklat….pengalaman saya sih jika Anda lakukan hal itu maka anda akan menemukan hal-hal menarik serta tak terduga dari diklat yang sedang Anda ikuti…. Masih ingat dengan tulisan saya tentang belajar dengan penuh keraguan to….?!

4. Jangan terlalu serius. Terutama untuk diklat-diklat prasyarat yang bikin anda harus lulus. Itu akan jadi beban dan bikin stress…Setahu saya (terutama untuk diklat-diklat kepemimpinan), jika Anda selalu hadir di kelas (alias gak pernah bolos) serta mengerjakan tugas wajib, maka tak ada alasan bagi penyelenggara diklat buat tidak meluluskan Anda….Ada ungkapan menarik dari seorang temen widyaiswara (Pak Henok Ibo) saat merasa gagal dalam tes mikroteaching di LAN kemaren Mei….”Apapun yang terjadi disini…di Papua saya tetaplah seorang widyaiswara….”

5. Mencari Teman. Kadang sebuah diklat itu asyik bukan karena materinya….tapi karena temen-temennya yang menarik…Untuk itu, bersikaplah ramah dan terbuka dalam setiap diklat yang Anda ikuti….jangan terbebani dengan keinginan buat menjadi yang terbaik dalam diklat….Ingat, diklat adalah ajang buat pengkayaan pribadi Anda sebagai PNS….dan bukan ajang pembuktian prestasi Anda sebagai PNS……menduduki ranking tertinggi atau dipilih sebagai peserta terbaik bukanlah sebuah bukti bahwa Anda adalah PNS berkinerja tertinggi….Setelah ikut diklat seharusnya menjadi awal penampilan Anda dengan kinerja baru di tempat kerja…..so…perbanyaklah teman selama ikut diklat….buat geng baru dari setiap diklat yang kau ikuti….saya yakin, sharing dengan teman selama diklat akan membawa pengalaman baru ke dalam wawasan intelektual Anda….

6. Rekreatif. Jangan jadikan susana diklat menjadi sesuatu yang rutin layaknya hari-hari biasa. Kalo perlu jangan pulang saat libur diklat. Dolanlah bareng temen-temenmu ke tempat-tempat baru di sekitar lokasi diklat. Kadang-kadang kita perlu sedikit berwisata buat menghilangkan kejenuhan….sesuatu yang mungkin gak Anda dapatkan pada hari-hari biasa….Kalo perlu lupakan dulu segala urusan tentang anak, istri….juga status Anda di kantor….hilangkan….anggaplah diri Anda anak-anak muda tanpa tanggungan….nikmati hidup ini…Hal-hal yang sedikit berbau petualangan akan bikin kamu lebih enjoy dalam mengikuti diklat…Untuk itu, jika gak bisa milih waktu diklatnya….pilihlah diklat dengan lokasi menarik…. atau minimal kenali lokasi diklat yang hendak Anda ikuti dan bayangkan kegiatan rekreatif Anda di lokasi diklat tersebut….

7. Aktiflah di kelas. Tidak harus selalu berhubungan dengan aktivitas yang terkait dengan materi diklat, seperti : jadi moderator diskusi, penyaji presentasi, ketua kelas dan seterusnya dan seterusnya…….tapi dengan menjadi badut kadang Anda membikin suasan kelas yang menjemukan menjadi segar….buatlah humor cerdas di kelas….orang lain akan merasa terhibur dan Anda pun pasti akan terhibur juga…. Saya jadi ingat apa kata Mario Teguh di Golden Ways-nya Metro TV….”Cobalah Anda mendamaikan hati orang lain. Kemudian lihat yang terjadi pada diri Anda….” Na….bisa diganti sedikit to….cobalah bikin senang hati orang lain maka lihatlah yang terjadi pada diri Anda selama mengikuti diklat….

8. Jangan Sekedar Nyari Sangu. Ini juga baru saya dengan dari temen deket PNS saya, yang katanya ikut diklat dengan seefisien mungkin….katanya mau nyari ’susuk’ buat mbelin komputer anaknya….Lalu saat saya tanya kesan diklat yang baru saja dia ikutin….?! Jawabnya : mbosenin, bikin ngantuk, gak ada kesan sama sekali…. Bagaimana dengan saya….?! Kalo saya sih setiap disangoni buat ikut diklat maka yang saya lakukan adalah membawa semua sangu….istri sih tak saya ijinin minta sedikitpun karena bagi saya sangu itu adalah sangu buat saya ikut diklat….hingga semuanya berusaha saya habiskan….walau tidak seluruhnya buat beli buku atau fotokopi-fotokopi materi diklat….alias kebanyakan buat bersenang-senang juga…. gak boros….?! Gak juga lah….sangu khan sudah diatur dari kantor supaya saya bisa ikut diklat dengan nyaman…..jadi itu yang saya lakukan….

Bagaimana…..?! Mau nyoba apa yang saya lakukan….?! Atau Anda malah punya pengalaman lain yang bikin Anda termotivasi saat ikut diklat….?! Sharing dooong……!! Please…..please……

Tinggalkan Balasan

