Just Do It…!!

Sebenarnya udah lama aku pengen menuliskan kalimat ini….Karena saya merasa banyak tertolong dalam melaksanakan pekerjaan kantor hanya dengan ‘just do it’ saja….Tetapi berhubung kalimat itu masih menjadi sesuatu yang belum begitu jelas bagi saya maka tak tunda-tunda terus nulisnya….baru setelah Mario “The Golden Ways” Teguh menganjurkan hal yang sama….Bahkan jika kita belum tahu segala data dan fakta secara gamblang sekalipun….lakukan saja….karena dengan melakukan kita akan belajar sesuatu….dengan melakukan kita akan menemukan fakta dan data yang tersimpan itu… Dengan melakukan kita akan lebih bijak…walau untuk itu kita salah….tapi asal kita menyadari kesalahan maka kita pasti akan lebih bijak dari sebelumnya….Dan semangat itulah yang ingin saya tularkan pada Anda semua….

Dalam banyak hal….saya sendiri merasakan manfaat dari ‘Just Do It’ itu…Pengalaman terakhir adalah saat saya diminta menuliskan sebuah modul yang materinya agak asing bagi saya dan saya hanya diberikan berkas-berkas yang bertumpuk-tumpuk tanpa ada arahan sama sekali….maka yang saya lakukan adalah ‘just do it’….dan Alhamdulillah saat ini saya merasa dapat menyusun modul itu dengan baik…membuatkan latihan-latihan yang bermakna bagi peserta….bahkan buat mengajarkannya pun rasanya saya siap…Dan itulah yang rasanya sering saya lakukan saat menerima tugas-tugas pekerjaan yang dibebankan pimpinan pada saya…..karena saya sadar bahwa saya bukanlah seorang yang sangat istimewa…hingga yang bisa saya lakukan hanya ‘just do it’ saja….

Kalau melihat latar belakang saya yang Peternakan itu….saya sendiri semakin yakin bahwa selama ini saya banyak hidup dari falsafah ‘just do it’ itu….karena sebagai seorang yang di masa kuliah biasa berkutat dengan Sapi Perah, Kandang, Rumput…saat ini saya lebih banyak berkutat dengan materi-materi seperti: Analisis Kebutuhan Diklat, Pendidikan Orang Dewasa, Desain Pembelajaran, Metode pengajaran, Evaluasi Pembelajaran, Manajemen Perkantoran Modern, Budaya Kerja, Komunikasi, Team Building…Bidang-bidang yang begitu bertentangan….bagai bumi dan langit…bagai mata pisau yang berbeda sisi…jangan bayangkan sulitnya saya mempelajari semua itu…. Tapi lihatlah….saya bisa melakukannya….dan semuanya bermula dari Just Do It…!! Kerjakan saja, maka segala data dan fakta akan terbuka dengan sendirinya seiring Anda melakukannya….

Bagaiman dengan Blog ini….?! Dalam banyak kesempatan, temen-temen WI yang suka maen-maen di internet sering bertanya pada saya….bagaimana caranya saya bisa menghasilkan tulisan yang sudah demikian banyak….atau memuji bahwa saya adalah widyaiswara luar biasa yang demikian kreatif ….dan mau meluangkan begitu banyak waktu buat menulis….Hmm…hmmm….pujian yang membanggakan…walau bagi saya sendiri sih kadang bikin heran koq blog ini bisa bertahan hampir dua tahun….?! Koq saya belum kering…?! Tapi kalau diingat-ingat….semangatnya sih sederhana saja…..Saya hanya ingin memperbanyak data dan informasi yang berbahasa Indonesia di internet…. Agar orang-orang yang gak nguasain Bahasa Inggris tetep bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat….

Lalu bagaimana saya melakukannya….?! Just Do It….!! Hanya melakukannya begitu saja….begitu mudah…begitu simpel….Bagaimana kalau tulisan saya salah…?! Ya… diperbaiki to….syukur-syukur ada yang mau kasih saran…..gitu saja koq repot…..Bagaimana dengan Anda….?! Apakah Anda merasa saat ini mendapat pekerjaan yang sulit di kantor….?! Proyek-proyek macet….?! Laporan-laporan yang berjibun serta mendesak untuk diselesaikan…?! Maka yang saya mintakan hanya satu….jangan terlalu kebanyakan berfikir-fikir….sibuk-sibuk nyari data dan fakta….apalagi malah bikin Anda stress atau banyak melamun….Just Do It….!! Dan jangan tunda-tunda lagi….

One response to “Just Do It…!!

  1. mas, sampean seorang widyaiswara kah?
    aku pengen sharing. bisa ga?

Tinggalkan Balasan

