Ngajar Terakhir di 2008

Pagi ini saya bangun dengan ogah-ogahan…males rasanya….tapi ada kelegaan tersendiri. Males karena memang saat ini kondisiku lagi kurang enak….batuk dicampur pilek menghujaniku semenjak Senin hingga rasanya dada ini sedikit sakit karena kakehan watuk….Ada telepon dari Mr. Yatno buat ngajakin aku rapat sama Bu Kepala Badan…. Tapi segera kutolak karena aku hari ini pengen istirahat saja….walau tetep pengen berangkat kantor siang-siangan….walau sebenarnya gak berangkat juga gak pa-pa…namanya juga lagi sakit (walau cuman batuk pilek but karena kebanyakan obat yang kuminum….tubuh ini rasanya jadi lemes…and kalo kupaksain yang terjadi adalah tubuhku jadi panas ples keluar eringat dingin banyak sekali…). Tapi aku tetep pengen berangkat karena rasanya kangen juga jika satu hari saja gak berangkat ke kantor….gak ketemu konco-konco….sekalian flu khan bisa cepet sembuh jika tubuh banyak-banyak kena sinar matahari khan…..

Lalu mengapa aku harus lega….?! Ya….tetep lega karena kemaren adalah acara ngajarku yang terakhir di tahun 2008….walau berakhir dengan sakit…tapi gak pa-pa lah. Yang penting aku bisa istirahat (bahkan Laptop-ku pun juga minta istirahat alias minta diservis…cause tiba-tiba saja warnanya agak puder-puder gimana gitu….tampilannya mirip-mirip save mode lah. Kata mr. Vandoyo sih akibat keseringan kubawa-bawa di tas yang kutumpuk-tumpuk ama buku-buku lain hingga kabelnya trouble) Bisa terbebas dari rutinitas-rutinitas yang mulai sehabis lebaran gak pernah berhenti menjeratku….Dan masa jeda ini (karena pertengahan Januari sudah mulai dengan acara ngajar-ngajar lagi…) akan kumanfaatkan betul buat istirahat…buat lebih ngurusi my blog-blog…. posting kesana-kesini….juga ndandani sebagian power pointku agar lebih interaktif…. Rencananya sih mau banyak-banyak tak isi gambar-gambar menarik buat njelasin definisi-definisi…..tentu saja untuk itu kau harus banyak berburu gambar-gambar di internet….yang kabar baiknya, hot spot in my office katanya udah diperbaiki…. (walau katanya masih lemot juga….but gak masalah, soalnya didekat rumah sudah ada warnet murah berspeed lumayan kenceng….).

Kalau difikir-fikir, acara batukku itu akibat kesalahanku juga sih yang gak mau njaga diri…Semuanya berawal saat aku berhasil numpuk berkas anka kreditku hingga aku begitu legaaa banget karena berhasil nyelesain suatu pekerjaan yang sempat aku tunda-tunda….seperti kebanyakan orang, akibat legaa or merasa sukses, akunya jadi kurang hati-hati….Jum’at itu badanku sudah rasanya males banget alias sudah ada tanda-tanda mo kena flu. Rencananya sih Jum’at sore aku harus ke Grobogan karena Sabtu paginya aku harus ngajar Diklat Pim IV disana….But karena males, aku lebih memilih buat tidur saja di rumah and baru pagi-pagi aku berangkat kesana…..via Ojek….maklum lagi pengen ngirit sekalian nostalgia dengan acara ngojekku di tahun 2006 dulu. But ternyata nyiksa juga naik ojek Semarang-Purwodadi yang sekitar 67 km itu. Walau duduk di belakang, tangan rasanya sampek geringgingan alias kebas karena dinginnya. Acara ngajarku di Grobogan, walau lancar, but tetep gak enak karena yang diajar pikirannya hanya rumah-dan rumah saja….Pulang naek bis pun rasanya semakin gak enak mengingat jalanan Purwodadi terkenal sebagai jalanan yang kering, panas serta bergelombang….

Sampek di Semarang, tak sempatin mampir di Simpang 5 buat refreshing pengennya…. anak istri tak minta nyusul….Tapi tetep saja tambah bikin gak enak karena ternyata badanku rasane udah lemes banget hingga aku memilih untuk banyak-banyak duduk sementara istri dan anak-anak sibuk berkeliling. Sampek rumah aku cepet-cepet pengen tidur saja….tapi berhubung minggunya aku harus berangkat ke Banyumas maka hanya badan saja yang istirahat sementara pikiran tetep jalan buat nyari skenario ngajar AKD di Banyumas yang konon pesertanya mencapai 108 orang….hingga sempet bangun jam 2-an buat uthak-uthik ngechek power point sembari nonton bola….and baru sehabis Sholat subuh aku baru bisa tidur lagi…. walau tetep gak bisa lama juga. Akibat kurang istirahat, rasanya males banget aku saat mo berangkat ke Banyumas…dan tambah nelangsa diriku saat datang ke agen bus, ternyata bus patas-nya udah gak ada tempat duduknya….hingga daripada gak berangkat maka aku pun harus rela berpanas-panas ria selama 6 jam di bus ekonomi Semarang-Banyumas….

Sampek di Banyumas sebenarnya aku bisa segera tidur setelah minum obat batuk….but jam 4 akunya harus bangun karena Mr Adi Wachyudi datang and seperti biasa kami pun ngobrolin acara ngajarnya sampek pagi alias gak tidur lagi….dan yang lebih cocok lagi saat sarapan di hotel ternyata nasi goreng….!! Yang nikmatnya bikin lupa kalau akunya sedang ada gejala batuk….Dan demikianlah, akunya hanya sempat fit ngajar di awal-awal sesi saja…sementara saat ruangan mulai panas, batukku mulai muncul dan semakin menghebat saja hingga aku lebih memilih untuk ngasroti daripada tampil di depan…Walau demikian karena ngajarnya model team teaching, maka acara ngajarnya sukses juga sampek sore….walau akunya sendiri merasa gak puas dengan diriku sendiri ini….Buat menghapus ketidakpuasanku, aku balas dendam dengan minum es teh di terminal Banyumas….pikirku, batuk juga gak pa-pa….wong udah selesai ini…apalagi acara ngajar di esok harinya udah aku limpahin ke orang lain…jadi gak pa-pa dong aku batuk-batuk dikit….paling juga segera sembuh saat kupakai istirahat…

Selasa pagi akunya berangkat ke kantor sekitar jam sembilanan…critanya pengen istirahat karena kemarennya baru nyampek rumah setelah jam 22.30….sempat masur-masur dulu sebelum brangkat, pengennya sih istirahat saja di rumah but ada acara seminar modul yang harus kuhadiri mengingat disitu aku harus jadi penyaji dari modul perkantoran yang kususun. Acara seminarnya sih menarik…apalagi sajiannya pakek jus mango ples sempat pula nyicipi es cendol di ruang makan prajab…yang bikin aku tambah watuk ples lemes….tapi gak pa-pa lah namanya juga menikmati hidup he…he…he….hingga pulang sore pun aku nyante wae….bahkan akibat hujan aku gak bisa langsung pulang, sementara badanku sebenarnya tambah lemes saja karena pengaruh obat batuk, aku memilih tidur duluan di kursi kantor sembari menanti hujan reda….Sampek rumah, tiba-tiba sms dari Agus muncul and minta aku ngajar komunikasi efektif pada Selasa paginya….blaik….!! Kadhung siap-siap untuk sakit….eh ternyata masih datang tawaran buat ngajar….sempet ragu-ragu juga, tapi berhubung aku masih manusia and ini merupakan acara ngajar teraakhirku di tahun 2008….maka tak paksain buat menerimanya….

Rabu pagi saat mo berangkat, tak lihat istriku sudah nyediain aku sarapan telur rebus….sebenarnya pengen tak makan, but akhirnya gak jadi karena aku ingat menu di ruang transit diklat prajab biasanya menarik untuk dinikmati….walau kemudian aku menyesali keputusanku karena ternyata menu pagi itu adalah nasi goreng….!! Yang langsung tak tinggal hingga aku harus pasrah ngajar tanpa sarapan sama sekali….Dan begitulah acara ngajar terakhir di 2008 kulalui dengan batuk disana-sini….walau akunya juga gak begitu puas tapi acara ngajarnya tetep kuanggap sukses….terbukti pesertaku seluruhnya minta salaman di akhir sesi tanda puas dengan apa yang kusajikan hari ini…. ah…semakin bikin aku gak enak ati saja….Andai aku ngajar tanpa batuk hari itu….

Tinggalkan Balasan

