Data dan Informasi dalam Website milik Disperindagkop

Seperti sudah saya katakan sebelumnya, katagori E-Government saya bikin dengan semangat setengah hati dan tidak menjanjikan apa-apa….Bukan apa-apa, disamping saya sendiri kelasnya belum nyampek ke pembuatan sebuah webste and hanya sekedar ngeblog yang secara teknis mudah-mudah saja….saya sendiri meragukan pola pikir sebagian besar instansi ples aparat pemerintah yang nyampeknya masih sekedar komputerisasi…dan belum nyandak kalo diajak sedikit lari-lari kecil ke arah teknologi informasi. Terbukti dari beberapa kali kesempatan ngajar, hasil diskusi tentang E-Government datar-datar saja….kurang greget, bahkan mungkin terlalu dangkal buat dipakai sebagai sebuah sumber informasi yang memadai…..

Walaupun demikian, saya sendiri tetep berupaya agar katagori ini bisa bermanfaat bagi pembaca…..Berhubung hasil diskusi yang lalu hasilnya datar-datar saja maka saya kemudian nyoba dengan lebih ke dalem lagi….dalam arti tidak sekedar content sebuah e-government saja, melainkan saya coba masuk ke dalam pekerjaan sehari-hari dari peserta yakni minta mereka menggali data dan informasi dengan mengambil sampel langsung pada dinas/instansi salah satu peserta….Sebagai tahap awal tentu saja saya motivasi peserta terlebih dahulu untuk ‘tidak ketakutan’ dengan yang namanya website. Tentu saja saya tekankan bahwa cara mbikin website yang paling baik adalah dengan memberdayakan masyarakat….alias ‘ndandakke’ pada profesional-profesional komputer…..Na….saat nyuruh mbikinin itu, kita sebagai aparat pemerintah mewarnainya dengan cara menyebutkan data apa saja yang harusnya ada dalam website tersebut….sesuatu yang tukang bikin website tidak begitu ngerti…..tul khan…?!

Dalam kesempatan ngajar peserta Diklat Pim IV angkatan 20, yang pesertanya dari Kabupaten Pemalang dan Tegal, saya ajak mereka brain storming mengenai hal itu dan hasilnya mereka milih Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi sebagai objek analisis. Hasil diskusi menyebutkan data dan informasi yang harus ada dalam sebuah website milik Disperindagkop diuraikan sebagai berikut.
A. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antar instansi pemerintah (G2G) adalah :
1. Laporan perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Koperasi selama 5 tahun terakhir.
2. Data Industri Formal (yang terdaftar pada Disperindagkop) dan data Industri Non Formal (tak terdaftar) lengkap dengan unit usahanya.
3. Nama-nama pengusaha, alamat, jenis usaha, tujuan pemasaran serta jumlah kapasitas produksi dan tenaga kerjanya.
4. Data eksport import dari Kabupaten yang bersangkutan
5. Data distribusi pupuk dan BBM
6. Monitoring dan Evaluasi kegiatan distribusi sembako ples harga-harganya dalam seminggu terakhir.
7. Produk-produk hukum apa saja yang dikeluarkan oleh Disperindagkop.

B. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antara instansi pemerintah dengan Masyarakat (G2C) adalah :
1. Informasi tentang Jenis-jenis pelayanan yang diberikan instansi tersebut.
2. Pelayanan perijinan meliputi SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), TDP, TDI, Ijin Industri…..mulai dari tata cara pengajuan, persyaratan, sampai tarif pelayanan
3. Tata cara pendirian koperasi dan tata cara mengurus Badan Hukum Koperasi
4. Informasi tentang dana bantuan bergulir
5. Informasi dan kemudahan pengurusan Haki dan Merk Usaha…termasuk prosedur pengurusan dan persyaratan yang diperlukan
6. Persyaratan, prosedur dan lokasi tempat pengurusan SNI serta ISO 9000 or ISO 14.000

C. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antara instansi pemerintah dengan dunia usaha (G2B) adalah :
1. Data-data tentang profil investasi di kabupaten setempat, tentu saja dengan disertai data Sumber Daya Alam yang ada guna menarik minat investor
2. Data-data tentang kemudahan sarana dan prasarana yang diberikan pemerintah setempat guna memudahkan iklim berinvestasi, termasuk data ketersediaan listrik, air, transportasi dan sarana telekomunikasi
3. Data komoditas unggulan dari kabupaten setempat
4. Data-data tentang wilayah yang dikhususkan pemerintah sebagai zona industri
5. Data-data pengusaha lokal, kontak person dan jenis usahanya….buat memudahkan investor menjalin hubungan bisnis….
6. Data-data investasi dalam 5 tahun terakhir

Bagaimana…..?! Apakah cukup memberi informasi….?! Atau masih kurang detail…..?! Ya…kalo kurang detail ya ditambahi sendiri….syukur-syukur tambahannya dipostingkan di blog ini…..biar bisa dibaca yang lainjuga….hingga materi data dan informasi yang ada dalam website milik Disperindagkop jadi lebih lengkap….soal ada istilah yang Anda kurang ngerti, ya…aku sendiri juga gak begitu ngerti wong akunya gak pernah kerja di Disperindagkop….apalagi nyathetnya juga buru-buru banget karena peserta njelasinnya juga cepet banget hingga ada beberapa yang mungkin gak sempet ikut…tapi hal itu bagi saya gak masalah…wong ada Anda-Anda sekalian yang akan melengkapi….

5 responses to “Data dan Informasi dalam Website milik Disperindagkop

  1. Assalammu’alaikum wr.wb
    Saya Anak beasiswa Dep perindustrian di APP JAkarta perwakilan dari kab Pemalang..mohon bantuannya saya membutuhkan data perkembangan IKM di KAb Pemalang..
    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih

  2. Ijin Usaha Penyelenggara Kursus / Privat Komputer Bagaimana caranya ? Syarat-syaratnya apa aja ? Ke mana saja yg harus dihubungi (Instansi yang terkat)

    Salam
    heri s

  3. Saya salah satu Staff PT.Global Standart One cab.semarang yang bergerak di bidang standarisasi produk (barcode). Saya mau menginformasikan tentang Barcode dan manfaatnya untuk pelaku ukm di jawa tengah. Untuk itu saya butuh data alamat mau pun jenis usahanya.. Terima kasih..

  4. SALAM…pada bapak/ibu DISPERINDAGKOP jateng saya ingin ikut pelatihan untuk edisi bulan maret 2012…
    daftarnya kemana…..tolong jawabanya
    salam…

Tinggalkan Balasan

