Data dan Informasi dalam Website milik Badan Diklat

Sebenarnya malu juga saya punya lembaga pendidikan dan pelatihan yang ngakunya nomor 1 di Indonesia tapi yang namanya hot spot gak ada…ada juga sih tapi bandwithnya malah mirip dengan lagunya BBB….putus nyambung putus nyambung putus nyambung….sekarang putus besok nyambung lagi…..he…he…he….bikin ill fill lah….Rencananya sih tahun ini diseluruh wilayah Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah kita akan full hot spot dengan dua saluran lagi….satu dari Jateng go id milik Pemerintah Provinsi sementara satunya dari langganan speedy khususnya di wilayah Kampus Eksekutif Merapi yang biasa kita pakek buat penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat II….Mendengarnya saja sih sudah seneng walau pelaksanaannya ya masih seperti itu….putus nyambung….hingga bikin malu jika ditanyain temen….masak kalah sama bakul sate…yang launching perdananya saja berfasilitas hot spot….sementara kita yang ngakunya lembaga pendidikan…..

Pagi ini (kalau postingannya nggak pas pagi ini tanggal 24 Maret maka yang terjadi adalah…..), tiba-tiba saya diminta Pak Parmo, koordinator WI kita, buat mewakili para WI ikut dalam launching website milik Badan Diklat….hmmm ini semakin menarik bagi lembaga kita karena sudah ada gerakan buat maju selangkah…..yakni meningkatkan pelayanan pada para stackholder melalui dunia maya. Denger-denger sih sebenarnya kitanya sudah lama punya website yakni kalo gak salah di http://www.bandiklat.go.id. Tapi gak tahu kenapa koq akhirnya malah gak jadi di launching and malah cari rekanan baru buat mbikinin settingannya website Bandiklat yang baru….Untungnya kali ini kebetulan aku kenal dengan rekanan yang hendak mbikinin website tersebut cause kitanya sempet pernah mbikin modul bareng beberapa tahun yang lalu…orangnya baik dan malah sudah berjanji untuk mbikinin website yang tidak kaku alias bisa diothak-athik lagi di masa depan jika pengen ada tambahan…..asyik to….Tapi walaupun sama temen, tetep saja akunya pengen ngoreksi data dan informasi yang ada di website milik Badan Diklat-ku tercinta….Bukan apa-apa, saya hanya gak mau website milik Bandiklat seperti halnya website milik instansi pemerintah yang lain…yang hangat-hangat tahi ayam….atau dibuat asal-asalan hingga nambah-nambahi hal yang mubadzir….  

Beberapa hal yang saya usulkan untuk melengkapi data dan informasi yang harusnya ada dalam website milik Badan Pendidikan dan Pelatihan antara lain adalah.

A. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antar instansi pemerintah (G2G) adalah :

1.Data jenis diklat (Pim, Teknis dan Fungsional) yang pernah diselenggarakan di Bandiklat Jawa Tengah, termasuk alumninya serta kalo bisa sih ada kurikulumnya sekalian, utamanya buat diklat TF, agar daat dijadikan referensi bagi Badan Diklat yang lain.

2. Produkdiklat yang pernah di bikin oleh Bandiklat seperti hasil-hasil AKD, modul atau bentuk-bentuk kuesioner buat evaluasi in diklat, pasca diklat maupun kuesioner monitoring penyelenggaraan diklat yang pernah dibikin

3. Pengennya sih modul-modul yang pernah dibikin hendaknya juga dimuat di website ini, seperti milik BPKP yang melengkapi website-nya dengan modul dalam bentuk PDF. Memang beresiko dibajak sih….walau saya sendiri lebih suka menyebutnya di-sharing biar dapat dijadikan referensi buat orang lain sekaligus menambah manfaat modul yang biasanya langsung masuk gudang jika diklatnya sudah selesai….kalo disharing khan bisa dilihat terus sama orang lain..syukur-syukur bisa diperbaiki juga….

4.Juga daftar para WI yang ada di Bandiklat ples spesialisasi or keahliannya agar jika ada yang butuh khan bisa dipanggil-panggil kemana-mana….

5. Bentuk-bentuk kerjasama kediklatan yang bisa ditawarkan antar instansi ples persyaratannya…

B. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antara instansi pemerintah dengan pelanggan (G2C) utamanya dalam memperlancar hubungan dengan instansi pemerintah di kabupaten/kota se-Jawa Tengah adalah :

1.Informasi tentang jenis diklat yang diselenggarakan pada tahun yang bersangkutan, tanggal pelaksanaannya, cara pendaftarannya….dan kalo bisa disertai juga dengan kurikulum atau semacam uraian singkat gambaran diklat yang bikin diklat tersebut dapat menarik perhatian calon peserta

2.Tata cara mengirimkan saran pada Bandiklat baik berupa email atau semacam shout box seperti yang ada di weblog-weblog juga gak pa-pa….

3. Artikel-artikel kediklatan karya para karyawan Bandiklat

4. Atau kalo ogah bikin artikel ya….bikin aja versi online dari majalah-majalah yang ada di Bandiklat….sebagai contoh di bandiklat Jateng ada Warta Diklat yang diterbitkan lembaga…dan jurnal Widyaprana yang diterbitkan para WI….Khan asyik nih membaca karya-karya mereka versi online mengingat beredarnya majalah-majalah tersebut khan sangat terbatas…

C. Data-data yang harusnya ada guna memperlancar hubungan antara instansi pemerintah dengan dunia usaha (G2B) adalah :

1. Bisa saja berisi fasilitas-fasilitas yang ada di Bandiklat, fasilitas apa saja yang bisa disewa, prosedur perijinan jika mau menyewa fasilitas sekalian tarifnya….juga ada daftar sewa (tanggal dan gedung yang telah dibooking orang) hingga stake holder bisa mengira-ngira sendiri….mengingat di Bandiklat cukup laris disewa untuk kegiatan mantenan setiap sabtu or minggu..

2. Pengumuman-pengumuman lelang dan prosedur pengadaan barang dan jasa…dimana di Bandiklat cukup banyak yang dapat dikerjasamakan dengan swasta seperti : proyek kerjasama fasilitasi diklat, pengadaan peralatan diklat, pengadaan konsumsi dan snack…

Terus terang yang saya tulis baru merupakan hasil pemikiran saya saat sedang menyiapkan bahan-bahan yang dapat saya bawa saat hendak mengikuti rapat website dimaksud… Tentu saja karena keluar dari satu kepala hasilnya pasti jauh dari sempurna dan perlu penyempurnaan disana sini….Bagaimana hasil rapatnya….?! Yang jelas ada beberapa usulan saya yang diterima walau pada beberapa hal saya memang harus memaklumi sifat organisasi PNS yang belum bisa menerima adanya keterbukaan informasi…..Tapi mau bagaimana lagi…..kita khan harus tetap berusaha minimal sudah menyampaikan….kalo ditempat saya belum berhasil maka siapa tahu ditempat Anda usulan saya ini bisa dipakai……

(eh walau postingannya tepat harinya tapi lokasinya tetep di warnet lho…. soalnya hot spot di kantor seperti biasa….putus nyambung 100x….)

5 responses to “Data dan Informasi dalam Website milik Badan Diklat

  1. JURNAL ATLETIK

    KEJURDA ATLETIK II SE PROVINSI PAPUA BARAT
    KAIMANA, 22 – 24 MARET 2009

    Pelaksanaan Kejurda Atletik II se Provinsi Papua Barat merupakan bagian dari Tonggak Lahirlah Generasi Mudah dalam mengukir prestasi di bidang Pembangunan Olahraga khususnya bidang olahraga Atletik. Dengan Olahraga dapat menciptakan Insan-insan mudah yang selalu dinamis dalam mengembangkan minat dan bakat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan keolahragaan.

    Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) merupakan sala satu Wadah diantara sekian banyak wadah yang ada di bidang olahraga. Wadah ini merupakah wahana untuk menciptakan kader Potensi Bangsa di Bidang Atletik begitu pula dibidang olahraga lainnya.
    Atletik juga merupakan salah satu cabang olah raga yang cukup bergensi di tingkat Daearah, Nasional bahkan Tingkat Internasional.

    Sejarah mencatat bahwa Para Atlit Atletik Papua Barat telah mengukir prestasi di Iven Nasional maupun Internasional. semua ini bisa tercapai karena komitmen,Perhatian dan dukungan yang Serius dari Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten. Semoga Komitmen dan perhatian ini menjadi sesuatu yang senantiasa berlanjut terus menerus.

    Tujuan dari dari kejurda ini adalah sebagai ajang kompetesi tetapi juga merupakan media persahabatan yang menumbuhkembangkan rasa cintah, damai yang bermuara pada bembentukan dan Pembinaan Kader Generasi Muda Sebagai bagian dari Mitra strategis Pertumbuhan Pembangunan Daerah.

    Sasaran yang ingin dicapai adalah Lewat momentum Kejurda Atletik ini diharapkan mampu melahirkan Atlit-Atlit muda yang berbakat dan berpotensi di Tanaha Papua khususnya Papua Barat.

    Stadion Senja Kaimana
    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN, Kegiatan Kejuaraan Atletik ini akan di laksanakan tanggal, 22 – 25 Maret 2009. bertempat di Stadion Olahraga Kaimana
    PESERTA KEJURDA ATLETIK
    Peserta Kejurda terdiri dari 8 Kontingen dengan Jumlah 295 Peserta sebagai berikut :

    Peserta Kejurda Atletik II Se Provinsi papua Barat di Kaimana

    No Nama Kabupaten JML
    Atlit
    JML
    Official Jml
    Pelatih
    Total JML

    Kab.Bintuni 23 5 5 45
    3 Kab. Fakfak 24 2 4 31
    4 Kab. Kaimana 47 2 4 53
    5 Kab.Manokwari 32 5 8 44
    6 Kab. Raja Ampat 18 3 3 24
    7 Kota Sorong 16 5 2 23
    8 Kab. Sorong 7 2 4 9
    9 Kab. Tl. Wondama 42 5 4 46

    Dan masing – masing Daerah berlombah memperebutkan 28 medali Emas, 28 Medali Perak 28 Medali Perunggu pada 14 Cabang Lobang baik pada nomor putra maupun putri.

  2. Dengan Jurnal di atas Insya Allah Departemen Pekerjaan Umum dapat merespon jurnal ini, dengan menganggarkan Biaya Penyelesaian Stadion Olah Raga Kaimana. sehingga Kaimana dapat di Jadikan sebagai Tempat menggodok para Atlit Indonesia.

    • harapan saya kedepan semoga stadion kab kaimana bisa berkembang kl diadakan perehapan terus,sehingga anak-anak putra daerah semangat dan disitulah mereka akan berjuang untuk daerahnya.

  3. Bpk widyaiswara ya? Papaku jg widyaiswara di BADP Provinsi Riau…krn sering melihat papa mengerjakan hal2 yg brkaitan dgn kinerja PNS saya jd trtarik utk mempelajari hal2 teknis dan sekretariat di instansi pemerintah, sapa tau aja nanti saya bs jd PNS, amin…kpn2 blh bagi2 ilmunya lg ya pak..trims..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s