Ngajar Sembari Ngenet….

sleep

Hari Rabu kemaren itu rasanya males banget aku ngajar…..bukan apa-apa, cuman badan capek wae setelah selama dua hari aku harus ngajar…apalagi sehari sebelumnya aku haru ngalajo pulang balik ke Sukoharjo…hingga badanku yang baru rehat sebentar setelah digenjleng marathon ngajar selama 4 hari di minggu lalu…kumat lagi capeknya….Belum lagi kalo mbayangin hari ini aku harus ngajar juga….Sabtu rehat sehari and lanjut ngajar marathonan lagi di minggu depan…..waduh…..Emang sih jika mbayangin rupiahnya rasanya jadi bersemangat lagi, tapi lama-lama capek juga marathonan begini….pikiran rasanya buntu….gak bisa diajak mikir hingga tugas dadakan mbikin modul pun belum sempat kesentuh secara tuntas…bahkan posting di bulan April pun baru sebiji ini…. bukan karena ogah or gak ada ide…semuanya gara-gara keblebek jepe pikiran jadi susah buat dipakek nyusun kata-kata yang…..

Bisa dibilang, bulan April ini adalah bulan tersibuk dalam karirku sebagai seorang WI….gimana tidak, walau sudah berehat ria akibat adanya pemilu selama seminggu tapi volume ngajarku bulan ini mencapai 14 hari alias hamper setengah bulan aku kudu ngadeg di depan kelas….!! Itu pun setelah saya sempet menolak 3 buah tugas ngajar karena merasa gak sanggup nahan capeknya….Semuanya gara-gara beberapa orang WI senior sibuk di Diklat Pim II yang berperaturan ketat dan gak boleh ditinggal sama sekali hingga para WI yang tersisa harus maen marathonan buat nyelesain tugas mengajar yang tersisa and tak kalah bejibunnya….seperti halnya saya, tiba-tiba harus terkaget-kaget karena menerima beberapa tugas dadakan karena kehabisan WI (termasuk kemaren dan hari ini yang di luar skedul) hingga masuk kelasnya pun males-malesan karena seringkali sudah kecapekan ples kurang persiapan….(untungnya saya sudah sedikit berpengalaman menjadi WI….sudah 3 tahun ples lumayan banyak jam terbangnya hingga gak gedandapan jika dapet tugas mendadak….kadang malah seneng he..he…he…).
Tapi hari kemaren itu bener-bener males banget aku ngajarnya….Disamping capek, mata pelajarannya pun Manajemen Perkantoran Modern yang terkenal garing itu….Walau demikian sebenarnya MPM merupakan mata pelajaran yang bisa dijadikan teknis hingga kitanya gak perlu mood besar buat mengajarkannya dengan baik….Dan itu pula yang kujadikan model ngajar pada hari kemaren….Tapi pada awalnya mood saya sih sedikit terpancing pada awal-awal pelajaran…Bukan apa-apa soalnya ada beberapa wajah cantik and sedikit memuaskan mataku yang tersembul diantara beberapa peserta hingga nafsu kelelakianku pun menggiringku untuk berusaha menyajikannya dengan menarik…. Hanya sayangnya ruangan tempatku ngajar kali ini demikian sempit hingga peserta yang 40 orang itu kelihatan begitu membludak….apalagi AC yang ada di ruangan itu hanya satu….itu pun ada di depan kelas alias lurus dengan tempat dudukku. Akibatnya jelas…. Walau akunya tampil fresh seperti gak sedang mengalami kecapekan (bahkan dengan sedikit heboh lewat senam otaknya)… tanggapan pesertanya biasa-biasa saja kalo gak bisa dibilang letoy bahkan ada yang sempet ketiduran juga….sedihnyaa……

Tapi seperti kubilang MPM itu walo garing tapi bisa digiring ke sesuatu yang teknis hingga saya yakin hanya 2 JP saja aku mengalami penderitaan itu….terbukti 1 jam sebelum rehat aku berhasil membangkitkan peserta dengan Ice Breaking yang gak bisa gak boleh duduk yang riuh rendah…..Setelah istirahat, tentu saja acara mbikin surat akan bikin peserta selalu sibuk hingga gak sempet ketiduran lagi…walau tentu saja hati saya tetep gak begitu puas melihat pesertanya yang kelihatan sekedar menyelesaikan tugas dengan secepat-cepatnya tanpa sempet menikmati hasil pekerjaannya….Yah begitulah yang terjadi….sudah mata pelajarannya garing…ruangannya pun sempit…ditambah panas lagi….nasib-nasib…..

Pas istirahat makan siang, tiba-tiba aku ketemu sama Mr. Vandoyo yang lama gak kujumpai akibat kesibukanku…Dan agak suprise juga saat Mr. Vandoyo memberitahukan sekaligus men-set my laptop karena saat ini Hot Spot dengan bandwith yang cukup besar sudah beredar sekaligus bisa diakses di seluruh ruangan-ruangan kelas diklat di kantorku….!! Surprise sekaligus seneng banget….!! Dan pas banget pelajarannya adalah MPM….tak kusia-siakan kesempatan itu untuk mengajarkan sedikit tentang internet pada peserta…walau yang kuajarkan hanya sekedar mengenalkan mereka dengan beberapa situs yang menarik…..terutama cara nyari data lewat paman google tentunya….Yah… minimal mengenalkan pada mereka bahwa internet itu tidak hanya berisi hal-hal yang berbau pornografi yang seringkali banyak didengung-dengungkan orang…tapi juga berisi data dan informasi yang menarik dan bisa dijadikan perpustakaan yang lebih lengkap daripada yang biasa mereka jumpai di dunia nyata….

Dan memang itulah yang terjadi…. Mata-mata yang melek campur bersinar…permintaan-permintaan riuh ke situs-situs tertentu….bersifat menguji sekaligus penuh rasa ingin tahu….. menunjukkan seberapa besar antusiasme mereka terhadap mahkluk yang bernama internet….Dan sebagai pengajar saya pun hanya bisa menuruti permintaan mereka dengan antusias pula…..puas sekaligus gembira dengan antusiasme mereka….dan yang paling penting hari kemaren itu merupakan hari pertama saya ngajar sambil nutal-nutul internet di depan kelas….bener-bener pengalaman yang mengasyikkan…..Walau tentu saja gak bisa lama karena saya pun harus cepet-cepet menyelesaikan materi MPM yang tersisa…..(sayangnya begitu pas para peserta diskusi….pengennya sih browsing lagi…tapi kayaknya bandwithnya semakin melemah hingga bola-bali error hingga terpaksa gak jadi ngeblog lagi…..but lumayan lah sudah pernah ngajar sambil ngenet….sebuah pengalaman baru yang asyik buat diceritakan pada Anda-Anda juga….).

One response to “Ngajar Sembari Ngenet….

  1. Iya nich pak kayaknya pas saya prajabatan nanti enaknya pakai IT aza pa biar ga bosan heeeee salam kenal ya pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s