Jangan Pernah Merasa Sebelum Sempat Mencoba

Soorii…pengennya sih bikin kalimat yang agak filsuf walau sebenarnya biasa saja…..tapi khan kata orang sesuatu yang biasa atau banyak orang tahu akan menjadi hal yang luar biasa jika kita mengemasnya luar biasa to….?! Tapi moga-moga saja malah gak tambah bingung dengan gaya muter-muterku….he…he…he….Maksudnya sih, aku pengen agar Anda-Anda sekalian sudah memutuskan untuk mundur sebelum bertanding….atau belum-belum sudah merasa takut sebelum dilakoni….sudah merasa tidak bisa walau belum pernah sekalipun mencoba….Soalnya sih jika belum-belum sudah merasa ini dan itu padahal belum pernah mencoba khan seringkali bikin kita ragu-ragu dalam melangkah…. dan kalo selalu ragu-ragu dalam melangkah khan bikin kita ngelangkahnya jadi nanggung….walau masih lebih bagus daripada kita nggak pernah melangkah sama sekali….gara-gara sudah merasa walau belum pernah mencoba….

Selasa kemaren, sekitar pukul 13.45….saat badanku sudah mulai lemes campur mumet akibat dari pagi ngenet terus……(jangan ngiri lo….khan kantorku sekarang hot spot di semua area….), tiba-tiba Hape saya berdering…and ternyata dari Pak Joko BTN……
”Pak Lutfi, sorry mengganggu. Cuman mau minta nomor NPWP saja….soalnya ini mau ditagih nih….” Bagai petir di siang bolong nih…..
”Waduh, Pak Joko…aku belum tahu nomor NPWPnya sudah jadi atau belum….soalnya Februari kemaren ada pengurusan NPWP massal dari kantor….dan saya koq ya…belum ngecek apakah sudah jadi atau belum….?!”
”Masak belum jadi Pak….wong ngurus NPWP khan hanya sehari….” Pak Joko kemudian segera mengakhiri percakapan dengan memohon agar akunya segera ngumpulin tuh nomor via sms ke Hape-nya saja….Aku hanya bisa mengiyakan saja sambil buru-buru menanyakan hal itu pada Muhlisin, staf yang ada di sekretariat widyaiswara yang Februari kemaren sempat ngoprak-ngoprak aku agar segera ngumpulin persyaratan yang akan dipakai buat ngurusi pembuatan NPWP masal…but….
”Sorry Mas…..berkasnya malah belum sempat kuanaikkan…soalnya belum semua WI mengumpulkan persyaratan sih….ngenteni bareng-bareng….”
Halah tambah gawat nih…..padahal sudah ditagih BTN….jangan sampai gara-gara kerikil seperti ini, urusan kredit rumahku jadi bermasalah…..

Demikianlah, badan yang sudah lemes saat itu langsung tambah menjadi lemes lunglai campur mumet karena tambahan persoalan yang belum beres….sampai kemudian Mr. Yatno ikut-ikutan ngoyak-ngoyak…..
”Mangkane dijak ngurus wingi-wingi ra gelem….yok diurusi saiki….”
”Halah, saiki wes jam loro luwih (waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 14.05-an), opo kantore sih bukak…” mangkel aku dengan pernyataan Pak Yatno yang sok…seperti gak tahu cara kerja birokrasi saja…..
”Dijajal gak ada ruginya, wong kantor pajeknya khan searah jalur aku pulang….nanti tak anter deh…sing penting fotokopi KTP, 5 menit pasti beres….”
Walau gak yakin dengan pernyataan sohibku yang satu ini, tapi janji mau nganter bener-bener bikin aku gak rugi buat mencobanya….enak sih diantar pakek mobil teriosnya yang baru and adem…..bikin gak capek….hingga akunya buru-buru segera memfotokopi KTP-ku yang kebetulan koq ya tak bawa….sayangnya, FC kantor ternyata lagi bermasalah ples kayaknya pekerjaannya banyak hingga bikin sang tukang FC mukanya semrawut ples bikin neg buat dilihat…..ya gak jadi aja…..mending FC di pinggir jalan saja…..

Sampai di kantor Pajek, waktu sudah 14.30…agak deg-degan juga ngelihat kantor yang sudah agak sepi…jangan-jangan sudah tutup lagi….tapi ngelihat langkah Pak Yatno yang matep, ya akunya ngikut aja…..dan Alhamdulillah banget ternyata belum tutup juga…. dan setelah ngecek namaku di list yang ada ola-laa….walau gak 5 menit tapi 10 menit NPWP-ku jadi…..!! Waduh bener-bener sesuatu yang mengejutkan saya…terutama dengan pelayanannya yang prima dan tanpa biaya sepeser pun (salut buat Kantor Pajak Jatingaleh Semarang deh….)

090602_154221

Coba kalo saya dari dulu-dulu akunya mbikin NPWP sendiri and gak ngenanti-nanti NPWP masal dari kantor, pasti akunya tidak gelagepan seperti ini…..Thanks juga buat Mr. Yatno deh….yang bikin mataku and pikiranku terbuka deh…bahwa merasa sebelum sempat mencoba itu bikin pandangan kita salah deh….dari sini akunya jadi tahu bahwa gak semua pelayanan aparat pemerintah itu birokratis and lamaa……

Sebenarnya sejak Januari kemaren saya sudah dioprak-oprak Mr. Yatno buat mbikin tuh NPWP….tapi berhubung waktu itu saya beranggapan bahwa itu butuh waktu padahal jadwal ngajarku juga lagi sibuk maka pekerjaan itu tak tunda-tunda terus…apalagi saat sayanya sempet ngelihat tuh kantor pajek selalu berjubel…kontan pikiran saya langsung bisa membayangkan sebuah antrian panjang and berdesakan seperti antrian nonton bioskop Kencana saat hari minggu di bioskop Kencana Kediri waktu jaman jadul. Hingga begitu si Muhlisin meminta akunya ngumpulin berkas buat pembuatan NPWP massal…. dengan senang hati aku penuhi sembari sempet ngece Mas Yatno bahwa tanpa capek-capek aku khan dapet nomor NPWP juga…..walau akhirnya terbukti akunya harus ngurus NPWP sendiri juga dan setelah 4 bulan dari waktu yang seharusnya aku sudah punya…. sekali lagi thank’s buat Mr. Yatno….semoga engkau selalu pertahankan prinsip PKS-mu…..(eh ini bukan nama sebuah parpol lho….)

090602_154250

Tinggalkan Balasan

