Tips Sukses Melakukan Presentasi Lisan

Presentasi, khususnya presentasi lisan merupakan bagian komunikasi dimana dalam proses komunikasi ini ada inti yang dikomunikasikan (content), ada proses komunikasi (metoda) dan ada media penyajian (alat bantu). Kesemua komponen ini saling terkait dalam menciptakan dalam suatu presentasi lisan yang optimal dan efektif. Apa sebenarnya konsep presentasi lisan ? Presentasi Lisan dapat disimpulkaan sebagai komunikasi antara penyaji (presenter) dengan sekelompok pendengar (audience) dalam situasi teknis, saintifik atau profesional untuk satu tujuan tertentu dengan menggunakan teknik sajian dan media presentasi yang terencana.

Seiring orang mendapat pertanyaan bagaimana melakukan presentasi yang baik, banyak pula orang sukses tampil di iklan, penyiar yang tampil bagus didepan kamera tapi merasa gagal begitu mereka harus berbicara di depan umum. Di kampus, para mahasiswa juga mengeluh. Banyak dosen yang pintar untuk diri mereka sendiri, sementara ilmunya tidak mengalir. Kita semua memang memiliki masalah yang sama ketika harus berbicara di hadapan publik.

Berikut ini adalah tips bagaimana melakukan presentasi yang baik :
1. Jangan membiasakan diri tergantung pada teks. Teks dapat membunuh bakat, merusak flow, dan menciptakan jarak. Ketika membaca sebuah teks yang panjang, mata anda tertuju pada teks, bukan pada audience. Lama-lama anda akan kehilangan kepekaan membaca audience, mulai dari gairah mereka memahami presentasi anda sampai kejenuhan mereka. Mereka jenuh tetapi anda terus saja membaca. Anda tidak tahu berapa yang mulai tertidur, atau perlahan-lahan meninggalkan ruangan. Anda bahkan tidak tahu bahwa anda sudah ditinggalkan sendirian di ruangan itu. Maka gunakan teks hanya sebagai alat bantu, yaitu untuk hal-hal yang dapat membuat anda lupa kalau tidak dicatat, atau untuk dokumen resmi saja. Dalam presentasi modern anda dapat menggunakan power point, yang menyajikan poin-poin penting saja

2. Ukur secara sungguh-sungguh ”dalamnya sungai”. Pelajari dulu siapa audience anda, latar belakang, jalan pikiraan, pendidikan, dan jabatan mereka. Jangan asal ”tembak”

3. Jangan bicarakan dua hal ini : Yang sudah mereka ketahui, atau yang tak ingin mereka dengar. Selalu sajikan hal-hal yang orisinal, jangan merusak mood audience dengan pernyataan yang tidak mereka sukai.

4. Jangan biarkan audience jenuh. Jaga volume suara dan jaga nada agar tidak monoton. Begitu mereka mulai jenuh, ajaklah berdialog, lontarkan sedikit humor.

5. Humor tidak boleh berlebihan. Ia hanya boleh digunakan untuk membangkitkan daya pikir. Jika berlebihan ia akan kehilangan substansi.

6. Periksa ruangan dan fasilitas presentasi termasuk mikrofon sebelum presentasi dimulai. Ruangan yang langit-langitnya rendah akan membuat anda cepat letih. Cahaya yang masuk dari kaca jendela dapat mengganggu konsentrasi. Ruangan yang terlalu sempit dapat membatasi gerakan tubuh anda. Tetapi ruangan yang terlalu lebar dapat membuat presentasi tidak terfokus. Mikrofon dan sound system yang buruk juga dapat mengganggu konsentrasi.

7. Biasakan interaktif. Jangan asyik bicara sendiri. Berikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan contoh, jawaban, melakukan aktifitas tertentu (game, teka-teki, atau melakukan sesauatu), tertawa, atau bahkan mendengarkan musik.

8. Be specific. Selalu berikan contoh dan ilustrasi. Sesekali berikan cerita.

9. Jangan merendahkan mutu, misalnya dengan mengatakan ”Maaf” saya sebenarnya tidak siap”, ”Maaf bahasa Inggris saya payah”, ”Ini bukan bidang saya”, ”Anda pasti lebih tahu dari saya”, ”Saya baru belajar”, dan seterusanya. Manusia adalah mahluk yang malas yang hanya mau mendengarkan orang yang layak ia dengar, ia anggap lebih tahu.

10. Latihan yang cukup. Selalu mintalah umpan balik. Bila perlu rekam, putar kembali, minta pendapat dari orang dekat. Juga jangan khawatir dengan kegagalan presentasi pertama Anda….ini semua hanyalah masalah waktu dan jam terbang…

11. Perhatikan bahasa tubuh. Jangan melakukan gerakan yang merusak penampilan.

12. Berpakaianlah agak cerah, agar anda menciptakan kesegaran di dalam ruangan.

13. Jangan bicara seperti sedang ngobrol dengan seseorang, kombinasikan. Ingatlah anda berbicara di hadapan puluhan orang, kombinasikan bahasa resmi dengan bahasa percakapan yang layak

9 responses to “Tips Sukses Melakukan Presentasi Lisan

  1. Aslm. Salam kenal pak. thanks tipsnya ya pak lutfi. ini berdasr pengalaman sbg widyaiswara ya pak? Sukses slalu deh…

  2. Terima Kasih atas informasinya…!

  3. bagus pak, terimakasih, besok saya ada diskusi..
    doakan saya semoga berhasil..
    amin

  4. Luar Biasa. Matur Suwun Pak.

  5. makasih pak…..mantap sekali masukan nya. Saya calon widyaiswara jadi ilmu ini baik untuk sy adopt.

  6. tks vey much SIR ,this informations give me many knowlegde for me to prepare my presentation in this week.thanks a lot.

  7. Assalamualaikum bapak…
    alhamdulillah info dari bapak sangat membantu syamempersiapkan presentasi… yg ingin sya tanyakan, apakah ada contoh teks dalam bahasa inggris ya Pak ?
    trimakasih…
    Wassalamualaikum…

  8. Asskum…..saya memamg lagi kebingungan…..soalnya di MLM yg skrg sy jalani ini…..posisi saya Up Line…..tgl 14 januari ini akan adakan acara….dan saya di mintakan utk memandu acara…..padahal seumur hidup hal ini blm pernah sy lakukan,…bingung…pdhal itu adalah salah satu tanggung jawab saya selaku Up Line….gimana ya….please bantu lagi saya…..makasih ..makasih…makasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s