Pupuklah Karir Anda sebagai PNS…..

Di dalam dunia bisnis, semua orang dibayar dengan 2 koin. Uang tunai dan pengalaman. Pilih pengalaman dulu dan uang tunai akan dating kemudian. (Harold Green)

Bagaimana dengan kehidupan sebagai PNS….?! Mirip-miriplah…lebih bahkan…. mengingat PNS itu kata orang duitnya kecil…jadi daripada sibuk berebut duit yang nggak seberapa, mending Anda sibukkan diri untuk memupuk karier agar semakin baik dari hari ke hari…hingga secara tak sadar, walau gak bisa sekaya para swastanisasi, tiba-tiba Anda tidak merasa kekurangan uang…mirip hidup yang pas-pasan lah….pas pengen beli TV pas ada duit…pas pengen beli Laptop, duit juga pas ada…pas pengen beli mobil, lha koq duitnya pas ada juga…pas pengen beli rumah, pas ada Bank yang bersedia ngutangi….pas pengen punya bini muda, pas…..

Dalam berbagai kesempatan, saya pun sering menekankan pada tunas-tunas muda PNS agar dalam mengarungi kehidupan kerja PNS jangan sekedar nyari duit saja…tapi nyarilah karier…!! Kalo cuman nyari duit maka yang didapat ya cumin duit saja….tapi kalo nyari karier maka duit pun akan ngikut….Emang sih ada sementara kalangan yang berprinsip “pangkat kopral rejeki jendral…” Gak salah juga sih…tapi hati-hati dengan prinsip itukarena akan membuat Anda selamanya Anda akan tetap sebagai kopral alias kacung melulu…!! Padahal jelas kebutuhan manusia akan selalu mengikuti garis Maslow juga…yakni apabila kebutuhan fisik telah terpenuhi maka manusia akan mencari kebutuhan lain yang kualitasnya di atas hal tersebut seperti kebutuhan, akan penghargaan atau aktualisasi diri…..so…jika PNS masih saja berprinsip kerja adalah nyari duit saja maka cepat atau lambat mereka akan mengalami pension dini…alias tiap bulan sih masih gajian tapi kalo masalah kerja malesnya minta ampun…kalo mau kerja paling ya…. asal….

Bagaimana memupuk karier sebagai seorang PNS….?! Salah satu rumusnya adalah jika ada kesempatan maka ambil dan jangan ragu-ragu….Hanya saja saya selalu menyarankan jangan hanya ambil kesempatan yang enak-enak saja….Kalo kesempatan itu berupa, misalnya : kesempatan sekolah S2, kesempatan ke sekolah berstandar internasional, kesempatan pindah ke Dipenda….walah kalo yang itu semuanya pasti maul ah….Tapi coba jika kesempatannya berupa misalnya : pindah ke sekolah yang baru berdiri dan berada di pelosok kampung…. Atau misalkan pindah ke dinas yang ‘kering’….?! Pertanyaannya siapa yang mau atau cepat-cepat tunjuk jari….?!

Saat mengajar Diklat Pim IV minggu kemaren, saya bertemu dengan dr. Murtono….dan dengan bangga dia mengatakan bahwa dia adalah salah satu peserta Diklat Prajabatan yang pernah saya fasilitasi di Teluk Awur Kabupaten Jepara sekitar Agustus 2007….!! Bayangin aja….belum genap dua tahun dia ikut Prajabatan dia sudah menjadi Pejabat structural eselon IV….!! Apa dia begitu hebat….?! Kita semua juga gak tahu….tapi yang jelas saat ini dr. Murtono bertugas di Kecamatan Karimun Jawa, kawasan kepulauan di utara Kabupaten Jepara….dengan wilayah yang meliputi 5 buah pulau dengan penduduk sekitar 8000 orang….Hanya ada satu Puskesmas di situ, dengan dr. Murtono sebagai satu-satunya dokter dan dengan dibantu 2 orang perawat.

Apa pendapat Anda…?! Yang jelas dr. Murtono termasuk salah seorang PNS yang memilih koin kedua (pengalaman) daripada sekedar uang….Meski masih mungkin juga keberangkatannya kesana karena semata-mata tuas dari atasan….tapi minimal mau menerima tugas ke pelosok merupakan keputusan yang hebat….!! Walau mendapat tunjangan kemahalan, dr.Murtono mengaku tak bisa buka praktek di sore hari layaknya dokter-dokter yang ada di kota-kota besar….dia juga harus mengalami pengorbanan jauh dari keluarganya (untung saja dia belum beristri…apalagi beranak….) serta jauh dari hiburan yang ada di pusat kota Jepara ….bahkan saat mengundang mampir ke tempatnya yang ada di kepulauan Karimun itu, dia menyarankan untuk kesana setelah Maret…mengingat gelombang besar masih kerap menghadang di sekitar kepulauan tersebut…. Bagaimana…. !? Tertarik mengikuti jejak dr.Murtono….?! Kalau saya sih sangat tertarik mengikuti pengalaman karier selanjutnya dari dr. Murtono tersebut….

3 responses to “Pupuklah Karir Anda sebagai PNS…..

  1. Saya butuh informasi Lowongan Pekerjaan, Bisnis, Dan Info Terlengkap Dan Terbaru

    salam
    Lowongan Kerja Dan Bisnis

  2. dr Murtono seorang yg berdedikasi tinggi thd pekerjaannya.
    Setelah “mengorbankan diri” selama 2 tahun di karimun jawa, saat ini beliau menjabat sbg kepala puskesmas batealit.
    Motivasi yg kuat tampak dari kinerjanya, tidak hanya sekedar menjalankan tugas rutinitas sebagai PNS namun ada niat pembaharuan yang dibalut kesantunan.
    Sy yakin suatu saat beliau akan menjadi orang yg sukses dalam karirnya.

  3. Ping-balik: Pupuklah Karir Anda sebagai PNS….. « ernirahayupk1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s