Membagi Kelompok Berdasar Warna Kesukaan

Ide awal metode ini sebenarnya adalah bagaimana cara membagi peserta agar jumlahnya tidak sama…kalo bisa sih bahkan ada yang jumlahnya terlalu banyak atau ada juga yang jumlahnya sedikit, bahkan hanya 1 orang. Metode ini saya perlukan khususnya dalam mata pelajaran team building dalam rangka meyakinkan peserta bahwa prinsip kelompok itu bukan hanya jumlah tetapi kerjasama. Bahkan kinerja kelompok tidak akan pernah bisa menyamai kinerja anggota terbaik, walau secara rata-rata memang kinerja kelompok selalu lebih baik daripada kinerja seseorang sendirian. Untuk itu biasanya saya akan menguji kemampuan masing-masing kelompok dengan permainan lainnya, seperti teka-teki atau model tulis sebanyak-banyaknya….

Refleksi
Ada beberapa kejadian yang ingin saya tanamkan dalam permainan ini. Pertama, saya hendak meyakinkan peserta bahwa kerja kelompok itu selalu lebih menyenangkan daripada kerja sendirian karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial yang butuh teman untuk sekedar ’talking’….Dalam hal ini saya akan menanyakan perasaan kelompok yang memiliki anggota sedikit misalnya tiga, dua orang atau bahkan sendirian….dan umumnya mereka akan menjawab kurang enak dan kurang pede….Walau saya akan selalu berusaha memberinya semangat buat mengalahkan kelompok yang lebih besar….karena bukan jumlah yang penting dalam sebuah kelompok tetapi kerjasama dan mengusai tujuan…..(yang biasanya akan saya coba memainkan permainan dengan tema yang sangat dikuasai kelompok yang lebih kecil buat membuktikan hal itu…..)

Slide1

Langkah Permainan
1. Beri ilustrasi bahwa setiap kehidupan pastilah penuh warna dan diantara warna-warni dunia tersebut pastilah ada yang sangat disukai….yang tercermin dari warna baju yang sering dipakai, tas, cat tembok rumah, warna meja, kursi, korden, topi….. dsb….dsb…..

2. Mintalah peserta untuk merenung selama 1 atau 2 menit dan menuliskan dalam bloknote mereka warna favorit masing-masing (harus ditulis agar peserta tidak ganti warna jika terbukti mereka kemudian sendirian……)

3. Setelah semua peserta menulis, mintalah mereka berdiri sambil membawa bloknote mereka diatas serta keluar dari lingkungan tempat duduk mereka masing-masing. Selanjutnya, mintalah para peserta membentuk kelompok dengan cara menemukan peserta lain yang memiliki warna favorit yang sama.

4. Mintalah mereka duduk berkelompok sesuai dengan warna favorit yang sama. Jangan lupa tanya perasaan mereka yang terpaksa hanya mempunyai kelompok dengan anggota yang sedikit, misalnya tiga orang, dua orang atau bahkan satu orang guna membuktikan bahwa dengan berkelompok akan membikin peserta fill better….

5. Kemudian, mintalah masing-masing kelompok warna itu mendiskusikan persamaan-persamaan lain disamping persamaan warna favorit….seperti hobi, kesukaan makan, kebiasaan-kebiasaan, sifat-sifat dasar, atau warna favoritnya sering dipakai buat apa….dsb….dsb…..

6. Setelah sekitar 15-20 menit, mintalah masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka. Saat presentasi, cari yang unik dari persamaan tersebut untuk kemudian fasilitator memberi tugas terkait denga hal itu. Misalnya, jika kelompok itu suka menyanyi maka beri tugas agar mereka menyanyikan sebuah lagu, atau minta memeragakan gaya renang jika mereka suka berenang, demikian juga jika mereka suka menari, senam, atau sekedar suka makanan pedes denga menirukan gaya saat mereka sedang kepedesan…..ekspresi saat nonton film horor….

7. Fasilitator dalam hal ini hanya memberikan tugas pada kelompok pertama saja (walau tugas-tugas ringan boleh juga diselipkan pada kelompok lain), sementara tugas kelompok lain akan diberikan pada kelompok yang telah maju pada giliran sebelumnya….hingga kelompok terakhir pasti gak kebagian memberi tugas…dan itulah yang akan mereka dapat jika gak mau maju-maju….

8. Saat peserta selesai menyelesaikan tugas dan hendak duduk, tampilkan beberapa sifat dari seseorang yang memiliki warna favorit tertentu…..utamanya sifat-sifat buruk agar mereka bisa tersenyum-senyum kecut……

Yang Bikin Menarik
Dari pengalaman saya selama ini, warna kesukaan merupakan ice breaking yang menarik, lucu, sekaligus bikin kelas menjadi rame terutama saat peserta saling memberikan tugas yang kadang bikin peserta emoh melaksanakan walau kelompok pemberi tugas akan mencoba memaksakannya….Secara tidak langsung disini akan terjadi saling persaingan antar kelompok hingga akan menarik jika kemudian diikuti dengan permainan yang bikin antar kelompok itu saling bersaing…..

Sifat Seseorang ditilik dari Warna Favorit
Berikut kami tampilkan beberapa sifat seseorang ditilik dari warna favorit yang saya dapatkan dari hasil searching……
1. Hitam : Orang yang menyukai warna hitam, terkenal kokoh dalam pendirian, anda orang yang mempunyai komitmen kuat terhadap janji, mempunyai kemauan yang keras, kadang keras kepala dan setia. Anda juga mempunyai kharisma yang kuat dan dapat mempengaruhi orang-orang di sekitar anda. Kepala anda penuh dengan ide-ide kreatif, dan terkadang nyeleneh. Anda adalah pribadi yang mudah mengakui kesalahan, dan tidak menimpakan kesalahan pada orang lain.Sedikit sinis dan kurang demokratis adalah salah satu kelemahan anda

2. Putih : Anda adalah orang yang terbuka, optimis, realistis dan mampu mengendalikan emosi. Karena rasa percaya diri yang tinggi, anda lebih suka bekerja sendiri daripada bekerja dalam tim. Anda lebih berpikir rasional, menyukai hal yang pasti dan tidak suka berkhayal. Anda juga orang yang setia dan hemat, tapi sekaligus cenderung pelit.

3. Abu-Abu : Anda tidak suka menjadi pusat perhatian, cenderung menarik diri dari keramaian, anda lebih suka berada dibalik layar dari pada tampil di depan. Anda cenderung ingin bersikap netral, dan tidak fanatik terhadap apapun. Anda mempunyai sifat yang sering ragu-ragu dalam memutuskan sesuatu. Mempunyai terlalu banyak pertimbangan sehingga keputusan baru bisa diambil di saat last minute.

4. Coklat : Anda mempunyai sifat yang lebih membumi dan tidak dibuat-buat, anda bukan orang yang pandai bersandiwara. Loyal terhadap teman, dan menganggap rumah dan keluarga merupakan hal yang terpenting dalam hidup. Sifat negatif dari anda adalah kurang toleran dan pesimis terhadap kebahagiaan masa depan.

5. Ungu : Anda adalah seorang negosiator ulung, anda mempunyai keinginan besar untuk menyenangkan diri dan orang lain. Anda mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Anda cenderung introvert, tidak mudah bersikap terbuka terhadap orang lain. Lebih menyukai kesendirian yang sedikit misterius. Anda mempunyai sex appeal yang tinggi. Kelemahan anda adalah kurang teliti dan sering terburu-buru.

6. Orange : Anda mempunyai kepribadian terbuka dan dinamis, anda juga merupakan orang yang menyenangkan sebagai teman. Anda seperti bunglon yang bisa tampil beda tanpa mengalami kesulitan. Anda sangat menyukai kepraktisan, serba cepat, tidak bisa diam, kreatif, tapi jarang fokus terhadap sesuatu, semuanya ingin anda kuasai. Kekurangan anda adalah tidak sabaran, sering curiga berlebihan, pendendam dan pengkhayal. Punya jiwa petualangan dan pemuji yang handal, dan jarang mau mengalah.

7. Merah : Anda sangat menikmati kesenangan hidup, moto anda adalah hidup untuk hari ini, hari esok, ya gimana nanti saja. Semangat hidup anda sangat tinggi, anda tidak akan surut menggapai sesuatu hanya karena rintangan kecil. Anda mengerjakan sesuatu dengan cepat dan tidak suka menunda-nunda. Anda tipe pembosan dan sangat menyukai hal-hal baru.

8. Pink : Anda mempunyai kepribadian manis, lembut, dan feminim. Anda Suka bersifat jenaka, ramah dan menggemaskan. Anda sangat mempedulikan nasib sesama. Dan sifat yang paling menonjol dari diri anda adalah sifat romantis anda. Anda sangat sensitif dan mudah tersentuh. Hati-hati sifat cengeng dan welas asih Anda karena kadang menyebabkan mudah tertipu dg penampilan memelas seseorang

9. Hijau : Anda mempunyai kemauan kuat, tabah dan keras hati. Jika anda menginginkan sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi anda. Anda mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, senang dipuji dan memuji, serta suka memberikan nasihat pada orang lain, selain itu anda merupakan pribadi yang susah ditebak karena anda pandai menyimpan rahasia, anda bukan orang yang mudah percaya pada orang lain, dan sangat cocok untuk menjadi seorang pemimpin atau motivator.Hati-hati jangan sampai ambisi membakar Anda dg menghalalkan segala cara

Slide10

10. Biru : Anda adalah orang yang tenang dan teratur, dan dapat dipercaya. Anda sangat menghargai kehidupan, dan tidak suka menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna. Anda loyal kepada teman, pasangan dan pekerjaan. Sikapmu yg pemurung seringkali mendatangkan kesulitan dalam pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena kamu pintar menyembunyikan perasaan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Orang yang menyukai biru langit yang cerah merupakan orang yang menyukai kesenangan dan hidup santai. Sedangkan biru gelap merupakan pribadi yang serius dan konservatif, dan bukan orang yang mudah berpindah-pindah kepribadian.

11. Kuning : Anda adalah orang yang periang, ceria, humoris dan optimis. Anda mempunyai daya pikir yang kuat dan tangguh menghadapi cobaan. Anda juga easy going dan menikmati hidup dengan santai. Anda orang yang spontan dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Tapi kadang-kadang anda plin-plan, dan suka menunda-nunda pekerjaan. Sikap positif dari anda adalah mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Slide8

Iklan

4 responses to “Membagi Kelompok Berdasar Warna Kesukaan

  1. Teknik yang bagus, boleh saya coba mas….?

  2. pas saatnya saya prajabatan bulan Juli besok saya akan ketemu dengan prmainan ini ga pak?

  3. Boleh ya mas ikutan baca dan mungkin di praktekkan suatu saat nanti..

    Blog nya menginspirasi saya untuk menulis nih…

    Makasih sudah menjadi salah satu inspirasi saya krena saya juga mungkin tertarik untuk menjadi widyaiswara…

    dari: vina..
    Badan Pendidikan dan Pelatihan Kota Lubuklinggau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s